Keluarga, Tumbuh Kembang Anak

Tips Mendidik Anak Untuk Belajar Makan Sendiri

belajar makan sendiri

belajar makan sendiri

Salah satu kebutuhan penting setiap manusia adalah makan. Sejak masih dalam kandungan pun, janin sudah mulai membutuhkan asupan makanan yang bergizi melalui perantara sang ibu. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian ASI setelah bayi lahir dan diperkenalkan dengan berbagai macam variasi makanan mulai dari yang masih lunak hingga padat.

Ketika buah hati Anda masih bayi, kegiatan menyuapi anak merupakan hal yang sangat wajar. Tapi pada waktunya nanti, seorang anak harus dituntut untuk dapat makan sendiri tanpa harus disuapi lagi oleh Anda selaku orang tua atau siapapun juga.

Mendidik anak untuk dapat belajar makan sendiri merupakan salah satu tahapan penting atau sejarah bagi seorang bayi dalam satu tahun pertamanya. Selain belajar berguling, duduk, kemudian berjalan dan berbicara, belajar untuk makan sendiri juga sangat berperan dalam mengembangkan kemandirian dan rasa percaya dirinya.

Oleh sebab itu, mendidik anak untuk belajar makan sendiri mulai sejak kecil sangatlah penting dan bukan proses yang mudah. Selain sabar dan telaten, Anda perlu beberapa tips untuk mendidik anak belajar makan sendiri. Berikut ini adalah Tips mendidik anak untuk belajar makan sendiri :

  1. Cuci bersih tangan dan semua perlengkapan makannya dengan sabun dan pastikan peralatan makan aman dan nyaman.
  2. Usahakan perlengkapan makan terbuat dari plastik yang aman dan kerkualitas dengan ujung yang bulat dan tidak tajam agar tidak dapat melukai buah hati Anda.
  3. Yakinkan bahwa buah hati merasa aman dan nyaman dengan kursi dan meja makannya.
  4. Lengkapi buah hati Anda dengan slabber bayi yang lucu, tisu, ataupun lap.
  5. Jika buah hati Anda belum terampil menggunakan sendok, biarkan ia menggunakan tangannya.
  6. Sambil ia belajar makan sendiri, tetaplah kita menyuapkan makanan yang telah disiapkan jika si anak males-malesan makan.
  7. Jangan memberikan makanan pada anak yang bertekstur keras dan susah dikunyah sehingga dapat menyebabkan tertelan secara utuh dan dapat menyumbat tenggorokan.
  8. Jangan lupa untuk memberikan hadiah tepuk tangan, pelukan atau kata-kata pujian apabila anak Anda sudah sanggup menghabiskan makanan yang disiapkan dan makan makanannya sendiri.

Perlu diingat agar tidak mengancam atau menakut-nakuti buah hati agar ia mau makan lebih banyak karena hal itu justru akan membuat anak merasa bahwa saat-saat makan merupakan waktu yang tidak menyenangkan. Janganlah ragu untuk mendidik anak makan sendiri. Biasakan memberinya makanan bergizi dan berikan Daharan Plus Herbal Suplemen, Kapsul Minyak Ikan Salmon atau Madu Syamil Dates Honey untuk menambah nafsu makan anak dan memenuhi kebutuhan gizi anak.

PENTING UNTUK ANDA

Sumber gambar : http://assets.kompas.com/data/photo/2012/08/09/1142117620X310.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Sale!
Daharan Plus Herbal Suplemen Makanan Untuk Memenuhi Kebutuhan Zat Gizi Badan

Daharan Plus Herbal Suplemen Makanan Untuk Memenuhi Kebutuhan Zat Gizi Badan

  Kapsul Daharan Plus herbal adalah suplemen makanan yang berfungsi untuk menambah vitamin  dan memenuhi ....
Kapsul Minyak Ikan Salmon

Kapsul Minyak Ikan Salmon

Kapsul Minyak Ikan Salmon Adalah Kapsul herbal Yang 100% terbuat dari minyak ikan salmon berguna ....