Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Penyebab Kelahiran Prematur Ketika Hamil Anak Kembar

Kelahiran bayi prematur dapat terjadi ketika masa kehamilan belum memasuki usia minggu ke 37 atau lebih dari 3 minggu kurangnya dari hari perkiraan kelahiran. Bayi lahir prematur diketahui sangat rentan terhadap berbagai masalah kesehatan yang lebih serius jika dibandingkan dengan bayi yang lahir sesuai dengan jadwal kelahirannya.

Sampai dengan sekarang ini ada beberapa kasus kelahiran prematur yang belum diketahui dengan jelas apa yang menjadi penyebabnya. Beberapa pakar kesehatan ibu dan anak berpendapat bahwa ada beberapa faktor dan masalah kesehatan yang bisa memicu bayi lahir prematur, terutama pada kehamilan anak kembar.

Penyebab Kelahiran Prematur Pada Anak Kembar

Mungkin banyak para bunda yang sering bertanya-tanya, kenapa pada kehamilan anak kembar selalu saja dihubung-hubungkan dengan kelahiran prematur? Berikut adalah beberapa faktor penyebab kelahiran prematur pada kelahiran anak kembar.

1. Sikap Dan Gaya Hidup Selama Masa Kehamilan

Sikap dan gaya hidup adalah salah satu faktor penyebab kelahiran prematur. Untuk menghindari terjadinya kelahiran prematur tersebut, Bunda harus menata sikap serta gaya hidupnya sehari-hari selama masa kehamilan. Makanlah makanan yang bergizi setiap hari, olahraga secara rutin dan istirahat dengan cukup agar kesehatan dan perkembangan janin dalam kandungan tumbuh dengan baik.

2. Rasa Khawatir

Bunda mungkin sering mendengar bahwa kehamilan anak kembar mempunyai resiko gangguan kehamilan yang lebih besar jika dibandingkan dengan kehamilan satu anak. Namun, meskipun demikian bunda tidak perlu khawatir mengenai hal ini. Tetaplah tenang dan jangan panik menjalani kehamilan anak kembar untuk menghindari terjadinya kelahiran prematur.

3. Berbagi Plasenta

Kehamilan bayi kembar dibagi menjadi dua jenis yaitu kehamilan yang mempunyai dua plasenta untuk masing-masing bayi dan kehamilan yang hanya mempunyai satu plasenta untuk dua bayi. Jika bunda mengalami kehamilan anak kembar yang masuk dalam jenis kedua yaitu hanya memiliki satu plasenta maka bunda harus memberikan perhatian yang lebih dan sangat ekstra selama masa kehamilan.

BACA JUGA:  Kacang Mete, Camilan Sehat Untuk Ibu Hamil

Kehamilan itulah yang menjadi salah satu faktor yang bisa menyebabkan bayi lahir prematur.

Semoga bermanfaat.

Sumber gambar : http://dc477.4shared.com/img/EL0ZGy7_/s7/12f093a2ff8/bayi-kembar

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Pada awal masa kehamilan, seorang ibu hamil membutuhkan nutrisi yang seimbang untuk melengkapi dan membantu ....
Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity pillow merupakan bantal ibu hamil dan ibu menyusui yang bisa memberikan sebuah kenyamanan pada ....