Bayi & Anak, Kesehatan

Mengatasi Gangguan Kulit Bayi

Share Yuk!
Kulit bayi merupakan kulit yang masih sensitif, dan kita harus memperlakukan dengan hati – hati, terutama apabila terjadi gangguan pada kulit bayi. ┬áKadang – kadang kulit bayi akan berwana merah atau kadang seperti ada bentolan pada bayi. Jika bentolan tersebut muncul di bagian yang terlipat kulit hal tersebut berarti keringat sang anak tersekap diantara lipatan tersebut. Oleh karena itu lap dengan tisu atau kain lembut atau bisa juga dengan menggunakan kipas tangan. Gangguan kulit bayi lainnya yaitu :

Mengatasi Kulit Bayi yang mengelupas

Jika bayi anda mengalami iritasi kulit yang parah hingga mengelupas, jangan terlalu cemas. Bayi dan balita memang sangat rentan dengan berbagai iritasi kulit dan bahkan penyakit lainnya, untuk itu anda sangat disarankan untuk melakukan beberapa langkah pencegahan agar kulit bayi anda tetap sehat dan terhindar dari iritasi atau bahkan mengelupas.
Namun apabila kulit bayi anda suda terlanjur mengelupas, lakukan beberapa langkah untuk mengurangi efek perih dan panas yang membuat bayi anda merasa tidak nyaman dan gerah.
Pertama sebaiknya bersihkan kulit-kulit yang terkelupas ketika mandi, tapi jangan lakukan gosokan yang terlalu keras yang dapat menimbulkan goresan atau luka halus.
Setelah anda bersihkan, taburkan bedak tipis saja agar tidak timbul kerak atau gumpalan yang justru akan membuat kulit bayi anda menjadi lembab. Pemakaian pakaian yang lembut dan tidak menimbulkan efek gerah cukup membantu untuk mengurangi keringat dan juga kelembapan.
Dan usahakan tidak memakainkan kain atau pakaian yang berlebihan yang dapat membuat ruam semakin parah dan meluas.
Pemberian bedak bayi yang tepat juga dapat membantu mengatasi kulit bayi yang terkelupas, namun terkadang ada bayi yang tidak cocok sehingga anda perlu untuk melakukan konsultasi ke dokter anak atau ahli medis mengenai pemilihan jenis bedak yang tepat untuk jenis kulit bayi anda.
Jika ruam dan kulit yang mengelupas tidak berkurang setelah anda melakukan langkah-langkah di atas, maka ada baiknya anda membawa bayi anda ke doker anak untuk mendapatkan pertolongan yang tepat dan cepat sehingga dapat mencegah kedaan yang semakin buruk.
Pada saat anda membawa bayi anda ke dokter anak, ada baiknya anda tanyakan cara-cara untuk mencegah agar kejadian serupa tidak terjadi kembali di kemudian hari
Share Yuk!
BACA JUGA:  Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Bayi

Produk Menarik untuk Anda:

Vitabumin – Madu Penambah Berat Badan Anak

Vitabumin – Madu Penambah Berat Badan Anak

Vitabumin adalah madu herbal yang diformulasikan khusus untuk menambah nafsu makan, menambah berat badan anak ....
Madu Herbal Syamilah For Kids

Madu Herbal Syamilah For Kids

Madu Herbal Syamilah For Kids merupakan komposisi nutrisi alami yang di formulasikan dari bahan-bahan alam, ....