Tumbuh Kembang Anak

Mengajari Anak Berbagi

Share Yuk!

Mengajari Anak BerbagiKepedulian, empati, juga sikap mengalah adalah hal yang seringkali belum dimiliki oleh anak-anak. Mereka belum memahami apa itu “berbagi” dan belum mengerti tentang arti kepemilikan. Mereka berpikir bahwa apa yang mereka inginkan, itulah milik mereka. Masih benar-benar egois. Dan itu wajar. Untuk itulah orangtua dituntut untuk mengajarkan nilai-nilai mendasar kepada mereka.

Anda mungkin pernah melihat si kecil berkata “ini punyaku” atau “nggak mau” saat Anda memintanya untuk membagi mainan atau makanan kepunyaannya kepada kawan atau saudaranya. Bahkan, saking keras kepalanya, mereka sering kali mengiringi penolakan itu dengan lari sambil merebut mainannya, dan benar-benar bersikeras tidak mau berbagi.

Ada beberapa hal yang harus Anda siapkan sebelum mengajarkan “pelajaran berbagi” ini kepada si kecil:

  1. kesabaran ekstra
  2. mainan atau barang yang dapat digunakan bersama
  3. penguatan positif/optimisme

Nah, setelah Anda memiliki ketiga hal pokok tadi, mari kita mulai pelajaran berbagi ini dengan si kecil.

1. Berikan contoh yang baik. Anda tidak mungkin memintanya untuk berbagi miliknya, jika Anda tidak memberikan contoh langsung kepadanya. Misalnya, Anda sedang makan sesuatu. Tawarkan padanya sebagian makanan yang Anda makan.

2. Hormati hak-hak kepemilikannya. Saat Anda memintanya untuk meminjamkan sesuatu kepada saudara atau kawannya, jangan paksakan jika ia belum mau. Bujuk ia pelan-pelan, “Hmm…Rosulullah itu paling suka berbagi lho…Siapa yang mau jadi temannya Rosulullah ya…”. Nah, jika dia sudah mau berbagi, jangan lupa ucapkan terimakasih atas kepeduliannya.Dan pastikan barang miliknya kembali dalam kondisi utuh (kecuali makanan).

3. Tunjukkan bahwa berbagi adalah hal yang menyenangkan. Misalnya, dengan mengajaknya bermain bersama-sama kawannya secara bergantian. Lalu, katakan padanya, “senang ya…bisa main bersama? Kalau sendirian, pasti nggak seru…”

BACA JUGA:  Saat Harus Berbagi

4. Jangan memaksa jika dia sedang tidak oke. Kalau moodnya sedang tidak bagus, pemaksaan justru akan menjadi bumerang bagi Anda. Bersabar sajalah, dan tunggu sampai moodnya normal.

Sumber Gambar : http://img1.nymag.com/imgs/daily/intelligencer/2014/10/20/20-baby-money.w1200.h630.jpg
Share Yuk!