Parenting

Cara Mengajarkan Anak Menabung

Share Yuk!

cara-mengajarkan-anak-menabungMengajarkan anak menabung bisa dimulai sejak sang anak masih di usia balita atau sebelum sang anak memasuki masa sekolah. Kenapa mengajarkan anak menabung harus sejak dini atau masih kecil? Hal tersebut agar sang anak menjadi anak yang lebih menghargai uang dan supaya sang anak kelak tidak mengamburkan uang atau tidak boros. Memang hal tersebut biasanya jarang dilakukan oleh orang tua, namun jika anda mengingikan anak anda lebih cerdas dalam mengatur keuangan tidak ada salahnya mengajarkan sang anak menabung sejak kecil. Berikut ini adalah beberapa cara mengajarkan sang anak menabung.

1. Berikan Pemahaman Sederhana Tentang Uang

Memang bukan hal yang mudah memberikan penjelasan tentang uang pada anak kecil. Mulailah beri penjelasan dari jenis, jumlah, dan manfaat dari uang itu sendiri. Memberikannya informasi seputar uang dan penggunaannya secara perlahan akan membuatnya paham tentang uang.

2. Berikan Penjelasan Tentang Manfaat Menabung

Berikan penjelasan sederhana pada anak bahwa jika sang anak dengan menabung dapat membeli sesuatu yang di inginkan tanpa meminta kepada orangtua. Dengan begitu juga sang anak akan lebih menghargai barang yang ia beli sendiri dengan uang tabungannya. Tidak hanya itu saja sang anak juga akan lebih mengahargai uang, seperti halnya bahwa mendapatkan uang itu tidaklah mudah.

3. Berikan Celengan

Supaya sang anak semangat dalam menabung berikan celengan. Anda juga bisa memberikan celengan berupa bentuk karakter dari kesukaan anak anda, misalnya saja dengan karakter superhero sang anak, tau bisa juga dengan hewan yang lucu  jika anak perempuan biasanya dengan barbie, rumah – rumahan dan sebagainya

4. Sisihkan Uang Jajan Anak

Ketika sang anak sudah memasuki usia sekolah dan ia mendapatkan uang saku dari anda, pastikan beri pengertian bahwa sebagian uang sakunya bisa digunakan untuk menabung. Dengan menabung dari sebagian uang sakunya ia bisa membeli perlengkapan sekolah seperti pulpen, pensil, buku tanpa meminta orang tuanya. Bukan berarti orangtua tidak mau membelikan namun alangkah lebih baiknya jika ia bisa membeli peralatan sekolah dengan hasil uang tabungannya.

BACA JUGA:  7 Cara Melatih Otak Kanan Anak

5. Berikan Contoh Kepada Sang Anak

Sang anak biasanya akan mencontoh kebiasaan dari orangtuanya. Berikan contoh kepada sang anak mengenai menabung dengan menyisihkan uang belanja di celengan Anda sendiri, tentu saja dengan sepengetahuan anak Anda agar ia bisa meniru perilaku baik Anda tersebut.

6. Beramal Kepada Orang Yang Membutuhkan

Selagi mengenalkan uang dan mengajari menabung Anda juga bisa menyelipkan pelajaran mengenai beramal. Katakan pada anak bahwa uang tidak hanya berguna untuk membeli barang yang diinginkan, melainkan juga membantu orang lain. Contohnya, uang yang dikumpulkan sebagian bisa diberikan kepada panti asuhan atau orang yang membutuhkan bantuan kita.

 

Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Sprei Waterproof Import 120 x 200

Sprei Waterproof Import 120 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif merupakan pembalut yang dirancang khusus untuk wanita yang aktif di ....
Puzzle Huruf Hijaiyah, Permainan Puzzle untuk Anak

Puzzle Huruf Hijaiyah, Permainan Puzzle untuk Anak

Puzzle Huruf Hijaiyah merupakan mainan edukatif menyusun huruf-huruf hijaiyah yang bermanfaat untuk pembelajaran Al Qur’an ....