Pendidikan & Psikologi

Cara Cepat Memperkaya Kosa Kata

Share Yuk!

Cara Cepat Memperkaya Kosa KataAda suatu kasus seorang anak dibesarkan dibawah asuhan pembantu karena Ayah dan Ibu nya sibuk bekerja. Pembantu tersebut mempunyai cacat bicara atau bisu. Ayah dan Ibu nya juga jarang merangsang anak untuk berbicara, alhasil sampai usia 5 tahun anak tersebut belum pandai bicara. Karena itulah, jangan pernah lelah mengajak anak bicara. Anak belajar bercakap-cakap, mengenal bahasa dan menambah kosa kata hanya dengan satu cara yaitu mendengarkan orang berbicara di sekitarnya. Semakin kaya dan semakin banyak percakapan yang didengarnya setiap harinya, semakin baik pula perkembangan kosa kata bahasanya.

Baca dengan Suara Keras
Cari buku yang menarik, penuh gambar dan ilustrasi. Baca dengan suara keras dan jelas. Jelaskan dan carikan persamaan arti kata-kata tersebut dengan contoh yang mudah dicerna anak.

Perlihatkan dan Ceritakan
Kemana pun kita pergi, minta anak mengingat apa yang dibaca, dilihat dan didengarkan. Ketika dirumah, minta ia menceritakan kembali apa yang telah dilihatnya atau didengarnya. Tak perlu pergi ke tempat mewah dan mahal karena yang terpenting adalah informasi dan pengalaman. Tambahkan dan betulkan semua kesalahan dan kekurangannya tanpa harus menggurui anak. Sampaikan lewat cerita yang santai.

Ajak Bicara

Jangan pernah berpikir untuk mengabaikan dan tidak memperdulikan si kecil atau tidak mengajaknya ngobrol. Topik apa saja bisa dijadikan bahan perbincangan dan semua ini berguna bagi pengembangan kosa katanya.

Sebutkan Nama, Nama, Nama

Beri dan jelaskan pada anak kosa kata sebanyak-banyaknya, semampu kita. Percayalah, anak akan lebih mudah mengingat kata-kata sukaryang mempunyai makna dibanding kata-kata abstrak seperti “kemarin, dulu, lusa”. Buktinya, tak sedikit kan, anak-anak yang bisa menyebutkan jenis-jenis dinosaurus dengan tepat dan benar. Padahal, orang dewasa belum tentu mapu melakukannya. Yakinlah, otak mereka dapat berkembang dengan cepat dan pesat lewat pengarahan yang baik.

BACA JUGA:  Penyebab Iri Pada Anak

Kata Baru
Gunakan berbagai macam kata untuk menyatakan sesuatu. Jangan hanya selalu mengulang-ulang kata “baik” atau “bagus”. Cari kata-kata baru dan ciptakan kata-kata berdasar pengalaman kita untuk mencari kesempatan mengenalkan kata-kata baru pada si kecil. Misalnya, ajak anak saat kitamembeli tanaman dan perkenalkan kata baru seperti nama bunga, alat-alat untuk berkebun dan lainnya.
Hal sama bisa dilakukan saat mengajak si kecil ke dapur. Minta dia mengambilkan garam, buncis, telur dan sebagainya sambil menunjuk ke benda yang dimaksud. Lama-lama si kecil akan tahu dan itu berarti menambah kosa katanya.

Sumber : nova

Sumber Gambar : http://pmnguyensinh.com/uploads/2014/10/be-tu-0-1-tuoi-phat-trien-nhu-the-nao-8.jpg

Share Yuk!