Kehamilan & Kelahiran

Buah Yang Baik Dikonsumsi Saat Hamil

nutrisi ibu hamilSaat hamil Anda tentu akan mengkonsumsi nutrisi terbaik demi kesehatan Anda dan janin Anda. Nutrisi terbaik bisa Anda dapatkan dari beberapa makanan dan minuman. Salah satu konsumsi nutrisi yang baik selama hamil salah satunya yaitu buah-buahan. Buah merupakan salah satu camilan sehat yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan nutrisinya lengkap sehingga baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Kandungan vitamin dan mineralnya bisa langsung Anda dapatkan secara alami.

Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan dalam menu Anda sehari-hari. Anda bisa selalu menyediakan buah-buahan dalam rumah atau tas Anda. Tidak hanya enak tetapi juga menyehatkan tubuh dan janin yang dikandungnya. Buah apa saja yang bagus dikonsumsi saat hamil? Berikut kami informasikan buah yang baik dikonsumsi saat hamil antara lain:

Mangga

Buah dengan rasa segar ini banyak menjadi favorit banyak orang. Buah ini kaya akan kandungan vitamin A dan C sehingga sangat baik untuk memperlancar pencernaan. Ibu hamil sering mengalami sulit buang air besar bisa mengkonsumsi buah ini secara teratur.

Alpukat

Alpukat merupakan buah yang lezat baik dikonsumsi secara utuh ataupun diolah menjadi makanan atau minuman. Buah dengan kandungan lemak tak jenuh tinggi ini merupakan buah yang kaya akan asam folat. Asam folat sangat dibutuhkan bagi wanita hamil untuk perkembangan otak janin agar janin tidak terlahir cacat dan terhindar dari kerusakan otak dan sumsum tulang belakang.

Pisang

Konsumsi pisang bisa mengurangi resiko anemia pada ibu hamil. Anda bisa mengkonsumsinya dua kali sehari. Asam folat pada pisang juga cukup tinggi yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin. Selain itu, pisang juga bisa mengatasi rasa mual dan gejala kram kaki yang terjadi saat hamil.

Jeruk

Jeruk baik untuk dikonsumsi ibu hami karena kandungan oksidannya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi ibu hamil sehingga jeruk merupakan salah satu buah yang dapat mencegah cacat lahir pada bayi.

Semangka

Buah dengan rasa manis dan segar ini tidak hanya memberikan kesegaran, tetapi juga mempunyai manfaat yang besar untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Lemonanggur

Lemon sering dimanfaatkan oleh wanita untuk membantu masalah pencernaan, menyingkirkan rasa mual dan kebiasaan di pagi hari “morning sick” selama kehamilan. Buah berkulit kuning ini membantu Anda membersihkan racun dari dalam tubuh. Anda bisa mencampurnya dengan air putih hangat dan meminumnya saat mual.

Anggur

Banyak wanita beranggapan bahwa buah anggur tidak aman untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Namun, ternyata anggapan itu tidak semuanya benar, buah berwarna hitam pekat dan hijau ini kaya akan vitamin A yang membantu menstabilkan metabolisme Anda. Anggur juga mengandung folat, kalium, fosfor, magnesium, dan natrium yang baik dikonsumsi selama masa kehamilan.

Beberapa buah di atas bisa Anda konsumsi setiap hari secara bergantian. Selain membantu mengurangi keluhan Anda selama hamil juga bisa memberikan nutrisi bagi Anda dan janin yang Anda kandung. Selamat mencoba!

sumber gambar:
1. http://www.femina.co.id/images/article/01/005/005/85/400/P
2. http://wallpaperpassion.com/upload_puzzle_thumb/27343/red-grapes-wallpaper.jpg