Apa Itu Hypnobirthing?Apa Saja Keuntungannya?

Apa Itu HypnobirthingMelahirkan memang suatu proses yang alami dan menimbulkan rasa sakit. Namun banyak wanita yang merasakan sakit tersebut lebih parah dari seharusnya karena banyak dipengaruhi oleh rasa panik dan stress. Hal ini disebut fear-tension-pain concept (takut-tegang-sakit), dimana rasa takut menimbulkan ketegangan atau kepanikan yang menyebabkan otot-otot menjadi kaku dan akhirnya menyebabkan rasa sakit.

Bayangkan sebuah proses melahirkan dengan rasa sakit yang minimal atau bahkan tidak dirasakan sama sekali. Hal itu bukanlah sesuatu yang tidak mungkin jika kita telah berlatih relaksasi Hypnobirthing. Relaksasi Hypnobirthing merupakan metode alamiah yang dipergunakan untuk menghilangkan rasa takut, panik, tegang dan tekanan-tekanan lain yang menghantui ibu dalam proses persalinan.

Relaksasi kehamilan akan membantu ibu hamil untuk mencapai kondisi yang senantiasa rileks dan tenang, dimana efek dari kondisi ini akan berpengaruh pada ibu hamil dan lingkungannya hingga proses persalinan. Dengan kondisi rileks, gelombang otak akan menjadi lebih tenang sehingga dapat menerima masukan baru yang kemudian akan menimbulkan reaksi positif pada tubuh, dan sangat memungkinkan jika tubuh ibu akan mengikuti masukan baru yang diniatkan. Jadi jika ibu hamil telah melakukan relaksasi dan meniatkan kelahirannya agar lancar, tidak sakit, sehat, dan sebagainya, sangatlah mungkin jika proses kelahirannya akan sesuai dengan niat tersebut.

Hypnobirthing bukan berarti ibu hamil akan tertidur atau tidak sadarkan dirinya saat praktek. Namun hipnosis yang digunakan adalah metode penanaman sugesti saat otak telah berada dalam kondisi rileks. HypnoBirthing merupakan salah satu trademark yang paling dikenal saat ini, berada dibawah naungan HypnoBirthing Institute, USA. Pelopornya adalah salah satu tokoh yang menyebar-luaskan metode relaksasi kehamilan, yaitu seorang ahli hipnoterapi dari Amerika Serikat bernama Marie F.Mongan.

Di Indonesia, metode ini mulai disebar-luaskan pada tahun 2003 oleh Lanny Kuswandi, yang mempelajari metode HypnoBirthing Marie Mongan di Australia. Ia adalah seorang bidan yang kemudian mendalami ilmu hipnoterapi spesifik pada bidang kehamilan.

Melahirkan merupakan suatu proses yang sangat kompleks, perlu kesiapan mental dan semangat yang besar, ketenangan dan keyakinan yang kuat untuk dapat melahirkan bayi secara alami disamping syarat-syarat untuk proses persalinan normal secara medis sudah terpenuhi semua. Disinilah hypnobirthing berperan besar, membantu memberikan kesiapan mental dan keyakinan untuk melahirkan secara alami dengan rasa sakit yang minimal.

Keuntungan Hypnobirthing

Rasa sakit dapat timbul dan menjadi lebih parah karena rasa takut dan panik dimana kadang ibu hamil tidak menyadari perasaan tersebut. Relaksasi HypnoBirthing merupakan cara efektif untuk menghilangkan seluruh perasaan itu. HypnoBirthing merupakan pengobatan holistik dimana ibu hamil akan dibantu untuk rileks, fokus, tenang dan dalam keadaan sadar sepenuhnya.

Keuntungan yang didapat oleh ibu hamil :

  • Mengurangi rasa sakit dengan kadar yang sangat besar hingga kadang tak terasa seperti sakit melahirkan
  • Mengurangi kemungkinan adanya komplikasi kehamilan yang dipengaruhi faktor stress dan depresi
  • Proses persalinan akan berjalan nyaman, lancar dan relatif lebih cepat
  • Mengurangi kemungkinan diambilnya tindakan episiotomy
  • Ibu akan lebih merasakan ikatan batin dan emosi terhadap janin
  • Ibu akan merasakan ketenangan dan kenyamanan saat proses melahirkan
  • Ibu akan lebih dapat mengontrol emosi dan perasaan
  • Mencegah kelelahan yang berlebih saat proses persalinan
  • Bayi yang lahir tidak akan kekurangan oksigen (asfiksia) sehingga menjadi lebih sehat

Keuntungan yang didapat janin :

  • Getaran tenang dan damai akan dirasakan oleh janin dan merupakan dasar dari perkembangan jiwa (Spiritual Quotient)
  • Pertumbuhan janin lebih sehat karena keadaan tenang akan memberikan hormon – hormon yang seimbang ke janin melalui plasenta.

Keuntungan yang didapat suami :

  • Lebih tenang dalam mendampingi proses persalinan
  • Emosi istri akan menjadi lebih stabil dalam kehidupan sehari – harinya
  • Aura positif dan tenang yang dimiliki oleh istri akan mempengaruhi aura orang – orang di sekitarnya juga

Keuntungan yang didapat dokter atau bidan :

  • Dapat lebih fokus dan konsentrasi bekerja karena tidak perlu menghadapi emosi labil ibu yang hendak melahirkan
  • Kemungkinan timbulnya komplikasi dan masalah saat proses persalinan dan kelahiran, sangat kecil
  • Tidak perlu untuk menggunakan obat bius untuk ibu yang hendak melahirkan
  • Lebih mudah menangani ibu hamil karena tidak panik dan tetap tenang

Langkah- langkah relaksasi Hypnobirhting :

Langkah pertama:

Berbaringlah pada posisi yang paling nyaman menurut Ibu. Lemaskan kelopak mata dan pejamkanlah tanpa dipaksa.

Langkah kedua:

Relaksasi otot, berbaring santai lengan di kedua sisi tubuh. Telapak tangan hadapkan keatas. Lalu tegangkanlah kedua telapak kaki hingga merambat ke betis, paha, pinggul dan dada. Pundak ditarik keatas dan kedua telapak tangan dikepal kuat-kuat. Dahi dikerutkan dan lidah ditarik kearah langit-langit sehingga tubuh menjadi rileks.

Langkah ketiga:

Relaksasi pernapasan, dalam keadaan berbaring tarik napas panjang melewati hidung sambil hitung sampai 10. Kemudian hembuslah nafas perlahan-lahan lewat mulut, lakukan 10 kali.

Langkah keempat :

Relaksasi pikiran, setelah mata terpejam sejenak buka mata perlahan sambil memandang satu titik tepat di atas mata, makin lama kelopak mata makin rileks, berkedip dan hitungan kelima mata akan menutup. Ketika jiwa dan raga istirahat itulah masukkan program positif yang akan terekam dalam alam bawah sadar.

Program latihan dapat dimulai kapan saja, dan dapat dilakukan dengan rutin oleh ibu hamil.

(Dari beberapa sumber)

Sumber  Gambar : http://2.bp.blogspot.com/-g5rhQaiWxNw/UmN_UW0zzOI/AAAAAAAAADI/sraxdjaUZ7A/s1600/hypnobirthing_logo_combined_black_writing.jpg

Komentar