Pendidikan & Psikologi

8 Permainan Melatih Perkembangan Motorik Kasar Anak

Share Yuk!

 8-permainan-melatih-motorik-kasar-anak3

 

Pada masa kanak-kanak, perkembangan yang ada pada diri seorang anak mengalami perkembangan  motorik kasar anak yang sangat signifikan pada aspek bahasa, fisik motorik, kognitif, sosial emosional dan seni.

Unruk melatih gerak motorik anak, kegiatan bermain pada anak usia kanak-kanak mampu memberikan sumbangan dan pengaruh yang besar bagi perkembangannya, seluruh aktivitas saat bermain akan direkam dan disimpan dalam ingatan anak yang kemudian akan dimunculkan kembali sebagai pembelajaran yang memberikan makna dalam kehidupannya kelak.

Ketika anak tidak berada di sekolah, para orangtua dapat menciptakan ide permainan kreatif dan sederhana yang dapat memberikan stimulus secara efektif bagi perkembangan motorik kasar anak.

Berikut 8 contoh permainan sederhana yang dapat anda lakukan bersama guna melatih gerak motorik kasar anak anda ketika tidak berada di sekolah:

1. Bermain sepeda bersama

Ajaklah anak mengendarai sepeda bersama saat cuaca sedang mendukung untuk sekedar mengelilingi kompleks rumah anda atau pergi ke taman bermain dekat rumah. Buatlah sebuah permainan agar anak anda semangat mengikuti sepeda yang Anda kendarai, tugas anda hanya membuat rute atau manuver-manuver yang berbelok-belok agar diikuti oleh anak anda dari belakang. Katakan pada anak anda sesuatu yang dapat membuatnya benar-benar mengikuti anda misalnya untuk selalu mengikuti gerakan sepeda anda agar dapat sampai di taman.

2. Bermain bola

Apapun jenis permainan nya, bermain dengan bola sangat memberikan pengaruh yang baik bagi sensor motorik kasar anak anda.

3. Memanjat

Buatlah area memanjat sendiri di rumah anda dengan menggunakan meja dan kursi yang tidak terlalu tinggi. Gunakan bantal atau guling sebagai matras untuk menghindari ada yang terluka jika terjatuh.

BACA JUGA:  Mendidik Anak Suka Berderma

4. Berlari

Anda bisa memberikan improvisasi seperti membuat jalur dengan garis start dan finish ataupun rintangan-rintangan kecil sehingga memberikan semangat kepada anak anda seperti dalam perlombaan lari.

5. Memukul benda

Misalnya, permainan kasti, berikan tugas kepada anak anda untuk memukul bola plastik ataupun gumpalan kertas dengan menggunakan botol mineral bekas. Berikan dukungan anda ketika ia berhasil memukul dengan baik.

6. Berenang

Kegiatan ini paling banyak disukai oleh anak-anak. Sensasi yang diberikan membuat anak gembira ketika berada di kolam renang. Bawalah bola atau jika ada perahu karet dengan dayung atau pelampung yang dapat dipakai anak anda, lemparkan bola dan biarkan anak anda yang mengejar dengan berenang atau mendayung diatas pelampung yang anda sediakan.

7. Memecahkan gelembung

Katakan pada anak anda untuk memecahkan sebanyak-banyaknya gelembung yang akan anda tiup. Anak-anak biasanya senang melakukan hal ini tanpa diminta, gunakan produk yang tidak membuat pedih mata ketika diletuskan oleh anak anda.

8. Melempar sasaran

Gunakan beberapa botol air mineral bekas sebagai sasaran dan minta anak anda untuk menjatuhkan botol-botol itu dengan sebuah bola plastik dari jarak yang cukup jauh. Sesekali mintalah si anak yang mendirikan kembali botol yang sudah terjatuh atau mengambil bola yang sudah dilempar.

Jangan sia-siakan periode emas pertumbuhan anak anda, dengan memberikan perhatian serta waktu untuk bermain bersama, akan membuat perkembangan anak anda menjadi lebih efektif bagi pendidikan nya di masa yang akan datang.

 

Share Yuk!