Keluarga, Motivasi

8 Fondasi Pernikahan Agar Rumah Tangga Bahagia

8-fondasi-pernikahan-agar-rumah-tangga-bahagia

Sebelum memulai berumah tangga harusnya para calon memiliki sebuah fondasi pernikahan supaya badai kehidupan tidak mampu menggoyahkannya. Karena membina sebuah hubungan yang baru harus disertai dengan keinginan dan kemauan memiliki masa depan cerah yang dirancang bersama.

Berikut 8 fondasi pernikahan yang tidak boleh Anda abaikan.

1.Fondasi kejujuran

Anda dan pasangan wajib meletakkan batu penjuru pernikahan di atas kejujuran, ini adalah awal yang harus dilakukan demi kebahagiaan pernikahan Anda ke depannya. Untuk itu, pupuklah selalu bibit kejujuran jauh-jauh hari sebelum Anda berdua memutuskan menikah, bahkan jika perlu ketika Anda berdua masih berpacaran.

2. Fondasi keimanan

Melalui keimanan yang baik seseorang tidak akan mudah tergoda melakukan hal-hal negatif yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Keimanan yang baik juga akan membuat seseorang memiliki rasa kasih dan kepedulian terhadap setiap hal. Selain itu, dengan meletakkan pernikahan Anda di atas fondasi keimanan, maka ketika pernikahan Anda sedang goyah Anda sudah tahu harus ke mana untuk meminta pertolongan.

3. Fondasi saling percaya

Kecurigaan, prasangka buruk dan kecemburuan adalah musuh utama bagi setiap pasangan menikah. Untuk itu, dengan selalu meletakkan pernikahan Anda di atas fondasi saling percaya, maka segala bentuk pikiran negatif tidak akan pernah memiliki kekuatan untuk mempersulit kehidupan Anda.

4. Fondasi cinta, kasih serta ketulusan

Ketika Anda menerima seseorang sebagai pasangan hidup, maka Anda harus bersedia mencintainya dengan penuh kasih serta ketulusan, ini adalah fondasi penting karena tanpanya mustahil kehidupan pernikahan Anda akan bahagia.

5. Fondasi kesabaran, pengorbanan dan kemurahan hati

Salah satu tujuan pernikahan adalah supaya Anda dan pasangan mampu saling membantu hingga masa tua nanti. Ini tentunya tidak mudah, bahwa Anda harus menghabiskan sisa hidup bersama orang lain. Akan tetapi, ketika Anda meletakkan pernikahan di atas fondasi kesabaran, pengorbanan dan kemurahan hati, maka Anda akan mampu melihat kelemahan pasangan sebagai sebuah kelebihan dan Anda bisa belajar untuk semakin mencintainya.

6. Fondasi rasa syukur

Sejatinya bahagia itu sangat sederhana, tetapi banyak orang tidak menyadari. Bayangkan setiap rejeki yang Anda peroleh, kesehatan yang Anda miliki, anak-anak yang tumbuh sehat dan ceria, pasangan yang sangat mengasihi Anda atau sahabat yang sangat mendukung Anda. Jadi intinya, jadilah penuh rasa syukur dan janganlah berusaha hidup melebihi kemampuan Anda, niscaya dengan melakukan hal-hal ini kehidupan pernikahan Anda akan senantiasa bahagia.

7. Fondasi komunikasi

Kesalahpahaman seringkali terjadi karena komunikasi yang buruk, padahal komunikasi adalah jembatan utama penghubung untuk menyatukan dua pribadi yang berbeda. Fondasi komunikasi yang dibangun sejak awal dengan baik dapat menjauhkan Anda berdua dari kesulitan-kesulitan yang mampu mengoyahkan keharmonisan pernikahan.

8. Fondasi ekonomi

Terakhir dan tak kalah pentingnya adalah fondasi ekonomi. Kita ketahui bahwa ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi dalam kehidupan rumah tangga. Untuk itu, Anda berdua harus betul-betul memastikan apakah kehidupan ekonomi Anda sudah baik sebelum memutuskan untuk menikah. Melalui fondasi ekonomi yang kuat, maka akan membuat seluruh anggota keluarga hidup dalam kesejahteraan.