mengatasi sakit maagSakit maag bisa sangat mengganggu aktifitas anda sehari-hari. Penyakit ini bisa saja timbul dikala anda telat makan atau karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas atau minum kopi sebelum makan terlebih dahulu. Ada beragam gejala sakit maag yang bisa saja kita alami pada saat kita beraktifitas.

Penyakit maag disebabkan lambung memproduksi terlalu banyak asam dan ini menyebabkan iritasi pada lambung karena anda tidak memberi asupan makanan kepada lambung anda. Pada kondisi normal, asam dalam lambung kita dipergunakan untuk melumat makanan atau lebih tepatnya mengolah makanan tersebut dalam pencernaan.

Cara mengatasi sakit maag :

1.  Memperbaiki pola makan. Beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari adalah :

a. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, antara lain sayuran tertentu (sawi, kol), buah-buahan tertentu (nangka, pisang ambon), makanan berserat tertentu (kedondong, buah yang dikeringkan), minuman yang mengandung gas (seperti minuman bersoda).

b. Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain : kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih, sari buah sitrus, susu.

c. Makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat   menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak, kue tart, coklat dan keju.

d.  Makanan yang secara langsung merusak dinding lambung yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas, merica dan bumbu yang merangsang.

e.  Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan antara lain alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, gorengan.

Kegiatan yang meningkatkan gas didalam lambung juga harus dihindarkan antara lain makan permen khususnya permen karet serta merokok.

2.  Makan nasi hangat 4-5x sehari semalam yaitu jam 7, 11, 15, 19, 22 dengan porsi yang lebih kecil. ( tiap kali makan nasi cukup setengah piring aja )

3.  Sehabis makan nasi jangan lupa minum air putih 1,5- 2 gelas, ini akan bermanfaat untuk menetralkan dan mengeluarkan asam lambung yang berlebihan pada saat buang air kecil.

4.  Minum susu pada saat siang hari terutama yang berkadar lemak rendah.

5.  Jangan banyak pikiran yang berakibat stress.

Secara garis besar ada 4 kelompok obat untuk mengatasi permasalahan di lambung yaitu :

• Antasida (obat penetral asam lambung) seperti : Ca karbonat, Al (OH)3, Mg (OH)3, Hydrotalcid

• Obat penekan produksi asam lambung seperti : ranitidine, simetidine, famotidine, nizatidine obat-obat ini mempunyai kerja sedang untuk menekan asam lambung

• Obat penekan asam lambung kuat seperti omeprazole, rabeprazole, lansoprazole, pantoprazole, esomeprazole.

• Kelompok obat maag lain yang juga sering digunakan yaitu obat pelindung dinding dalam lambung (mukoprotektor) seperti sukralfat, misoprostol, rebamipid, teprenon) dan

• Obat memperbaiki pergerakan lambung (prokinetik) seperti metoklorpropamid, domperidone, cisaprid.

Sumber gambar : http://herbal-tradisional.obat-alami.biz/wp-content/uploads/2012/06/sakit-maag1.jpg