Cara Mendidik Anak Patuh Pada Orang Tua

patuh pada orang tuaMendidik anak untuk patuh pada orang tua, bagaimana caranya? Terkadang orang tua merasa bingung untuk mendidik anak supaya patuh terhadap aturan yang mereka buat. Dulu tidak sedikit dari orang tua yang mendidik anaknya dengan cara kekerasan, padahal cara tersebut justru tidak efektif.

Mendidik anak dengan kekerasan tidak akan membuat anak menjadi patuh pada orang tua, namun justru sebaliknya anak akan melawan dan tumbuh menjadi seorang anak pemberontak. Maka dari itu sudah semestinya orang tua mendidik anak dengan cara yang benar, tujuannya agar anak mau patuh pada aturan yang diharapkan orang tua demi kebaikannya.

Kepatuhan pada anak sebaiknya muncul dari kesadaran dalam diri anak tersebut, bukan karena paksaan ataupun kekerasan. Yang harus dilakukan adalah membuat anak menyadari bahwa patuh kepada orang tua adalah suatu perbuatan yang baik dan positif. Tapi hal itu tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan, mendidik anak untuk menjadi lebih baik membutuhkan usaha yang ekstra dan penuh kesabaran.

Berikut adalah cara mendidik anak agar patuh pada orang tua :

Mendidik anak dengan cara konsisten pada peraturan yang telah Anda buat

Bila Anda melarang anak untuk tidak menonton TV terlaru larut malam melebihi jam sembilan malam, maka terapkan peraturan tersebut dengan tegas. Jangan sampai anak mencari celah untuk melanggar peraturan yang telah Anda buat meskipun itu hanya sebuah peraturan kecil.

Cara mendidik anak patuh dengan bersikap lembut terhadap tingkah anak

Tegas bukan berarti harus galak. Dengan kita bersikap lembut maka anak justru akan lebih cenderung mendengarkan dan mematuhi segala sesuatu yang Anda katakan. Tetapi sikap lembut bukan berarti Anda menghilangkan sikap tegas, Anda harus tetap tegas pada anak jika Ia mulai berlaku seenaknya.

Cara mendidik anak dengan memberikan contoh yang baik pada mereka

Bagi seorang anak, orang tua adalah contoh atau panutan yang akan diikutinya. Maka jangan sampai Anda berbuat tidak baik dihadapan anak, karena dapat mempengaruhi perkembangan mentalnya.

Cara mendidik anak dengan memberi pujian pada mereka

Pujian yang sangat sederhana saja sudah mampu membuat anak merasa dihargai atas segala usahanya. Jadi tidak ada salahnya Anda membesarkan hati anak jika mereka benar-benar melakukan hal yang baik. Tapi jangan terlalu sering juga memberinya pujian, beri pujian pada anak ketika mencapai sesuatu yang sifatnya membutuhkan kerja keras dan perjuangan.

Cara mendidik anak dengan memperkuat hubungan orang tua dengan anak

Anak tidak akan patuh pada Anda selaku orang tuanya jika Anda sendiri tidak dekat dengannya. Perkuat hubungan Anda dengan anak, perhatikan mereka dengan penuh kasih sayang dan perhatian. Luangkan waktu untuk bersama-sama dengan mereka. Dengan begitu maka anak akan menghormati Anda selaku orang tuanya.

Itulah beberapa cara mendidik anak patuh pada orang tua. Mulailah untuk menerapkannya pada kehidupan Anda sehari–hari. Dan jadilah orang tua yang lebih bijaksana. Sampai disini dulu ya Bunda, semoga dapat bermanfaat bagi Anda semuanya.

 

1 Komentar

  1. Sngat masukan Чªήğ berguna bwt sy khususnya sbg ibu baru,trimakasih untuk infonya yah!

Komentar