sirih2

Adik kedua saya, sering sekali mimisan. Terutama saat ia masih SD-SMP dulu. Frekuensinya sangat sering sekali. Saya sampai ngeri melihat banyaknya darah yang keluar. Saya pernah juga mengalaminya, sih. Tapi, tidak sering dan itu sudah sangat lama sekali. Nah, kasus pada adik saya ini berulang kembali bulan lalu, saat kami sekeluarga terkena wabah demam secara tiba-tiba.

Sebetulnya, adik saya ini suhu tubuhnya tidak sepanas saya ketika sakit. Namun, ternyata hampir setiap malam dan pagi hari darah selalu keluar dari hidungnya. Dan begitu sulit dihentikan, sampai harus dibawa ke rumah sakit, karena kami khawatir dia akan kekurangan darah.

Apa sebetulnya penyebab mimisan?

Mimisan atau epistaksis dalam bahasa kedokterannya adalah hal yang biasa terjadi pada anak. Mimisan bukan berarti sebuah penyakit, tapi merupakan gejala dari sebuah penyakit. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Bisa jadi karena trauma akibat mengorek hidung terlalu keras, infeksi pada hidung, perubahan lingkungan, atau bisa juga karena adanya penyakit dari dalam (penyakit jantung, gangguan pembuluh darah, gangguan hormonal, kekurangan vitamin, leukemia, dsb).

Jika anak Anda mimisan, hal yang wajib Anda ingat adalah, Anda tidak boleh panik. Mengapa? Karena kepanikan Anda akan dirasakan oleh anak Anda, sehingga ia akan ikut panik dan semakin panik. Segalanya akan menjadi semakin kacau manakala Anda bersikap panik dan tergesa.

Pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan pada pendarahan yang ringan adalah dengan menekan cuping hidungnya bagian tengah selama beberapa menit. Untuk perdarahan yang hebat dan penghentian perdarahan dengan menekan cuping hidung gagal maka Anda perlu membawa anak Anda segera ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Kompres dengan es. Ketika adik saya mimisan hebat dan dibawa ke rumah sakit, ternyata mereka hanya memberikan es batu. Aliran darahnya menjadi cepat berhenti. Cara itu pun senantiasa dipakai ibu saya setiap ia mulai mimisan lagi.

Cara tradisional: daun sirih. Saya masih ingat betul, dulu ketika kecil dan saya mimisan, ibu selalu memberikan daun sirih yang digulung-gulung di hidung saya untuk menyumbat aliran darah. Ternyata, daun sirih memiliki zat antiseptik yang dapat menyembuhkan kaki yang luka karena mengandung styptic buat menahan pendarahan.

Karena penyebab mimisan ini sangat kompleks, sebaiknya segera periksakan anak jika mengalami mimisan yang hebat. Ini akan mempermudah dalam mendiagnosa dan mengobatinya.