Waspadai Infeksi Mata Pada Bayi

Mata Belekan pada bayi belum tentu merupakan hal yang serius, namun untuk amannya kita harus selalu waspada. Untuk belekan yang normal, umumnya terjadi pada waktu bangun tidur.  Hal ini wajar karena ‘belek’ memang adalah kotoran mata yang biasa dikeluarkan saat tidur, sehingga saat bangun terkumpul di ujung atau daerah bulu mata. Untuk mengatasi hal ini pada bayi cukup menggunakan kapas yang telah dibasahi air matang dan dibersihkan dari arah dalam ke luar (arah area mata yg dekat hidung ke arah area mata yg dekat pipi).

Namun belekan bisa saja menjadi abnormal apabila terjadi juga diluar dari waktu bangun tidur dan disertai gejala lain. Belekan abnormal pada bayi bisa disebabkan oleh penyumbatan saluran air mata.  Umumnya 90% bayi ketika lahir sudah mengalami pembukaan katub pada saluran air matanya. Namun 10% bayi masih mengalami katub yang masih menutup pada saluran air mata yang menghubungkan antara kantung air mata dan rongga hidung.

Seperti diketahui, air mata diproduksi oleh kelenjar air mata yang berada di sekitar kelopak mata bagian dalam. Namun karena adanya sumbatan ini, air mata tersebut tidak bisa dialirkan ke rongga hidung. Lama-kelamaan, genangan air mata pada saluran yang buntu ini dapat mengakibatkan terjadinya infeksi. Gejalanya adalah mata selalu berair dan banyak beleknya terutama pada pagi hari.

Karena itulah bayi dengan kelainan anatomis ini akan sering mengalami infeksi/peradangan yang pada akhirnya memunculkan belekan secara terus-menerus. Mata bayi juga akan selalu berair seperti sedang menangis.

Untuk mengatasi hal ini langkah yang harus dilakukan adalah :

1. Membersihkan belek sesering mungkin dengan kapas yang telah dibasahi dengan air matang dan dibersihkan dengan cara mengusap dengan kapas basah tersebut dari ujung mata yang dekat hidung ke ujung mata sebelah luar. Hal ini dilakukan sesering mungkin dengan berhati-hati.

2. Dilakukan massage atau pemijatan secara teratur (sekitar 3-4 kali sehari).

Pemijatan dilakukan dengan jari telunjuk ibu (pengasuh) di  daerah pinggir mata bagian dalam dekat hidung ke arah bawah. Dalam satu kali waktu pemijatan dilakukan sekitar 10-15 kali. Sebelumnya jari telunjuk pemijat dilumasi dengan baby oil dulu sehingga tidak kasar pada kulit bayi. Dengan dilakukan massage ini, diharapkan terjadi pembukaan katub atau saluran yang tersumbat.

Pemijatan ini disamping memberikan tekanan hidrostatik untuk membuka sumbatan juga berperan menjaga agar kantong air mata tetap dalam keadaan kosong sehingga memperkecil kesempatan berkembangnya kuman penyebab infeksi.

3. Apabila sudah terlanjur terjadi infeksi, yang ditandai dengan mata merah meradang dan ‘belekan’ yang berwarna kekuningan /kehijauan, maka segeralah untuk mencari pertolongan pada spesialis mata terdekat agar diberikan obat tetes antibiotika untuk membunuh kuman yang kemungkinan bersarang pada saluran air mata yang buntu.

Biasanya dengan berjalannya waktu dan rajin dimassage (serta pembersihan kotoran mata), maka saluran air mata ini akan terbuka dengan spontan pada saat anak menjelang usia 6 bulan.

Apabila sesudah usia 1 tahun saluran air mata masih belum bisa membuka secara spontan, maka dokter spesialis mata akan membantu melakukan tindakan untuk membuka saluran air mata tersebut.

Penyebab lain dari ‘belekan’ yang abnormal pada bayi ialah sebagai akibat infeksi selaput mata bayi baru lahir yang didapat saat bayi  keluar dari jalan lahir. Bayi akan menunjukkan gejala mata merah, bengkak dan banyak belekan. Penyebabnya dapat berupa iritasi kimia, bakteri, klamidia dan kadang-kadang virus herpes simplek. Hampir setiap bakteri patogen dapat menyebabkan peradangan ini.

Gejalanya dapat berupa kedua kelopak mata lengket, penuh belekan bahkan pada infeksi karena kuman tertentu sampai keluar nanah

Obat Mata Belekan:

Dalam kasus belekan abnormal pada neonatus (bayi baru lahir), pemberian antibiotika yang cocok oleh  dokter spesialis mata adalah satu-satunya upaya pengobatan. Disamping itu perawatan juga penting, seperti membersihkan belek sesering mungkin dan setiap sebelum memberikan obat tetes/salep mata.

Sumber gambar : http://bornangels.com/uploads/2010/09/clean-baby-eye.jpg

37 thoughts on “Waspadai Infeksi Mata Pada Bayi”

  1. Assalamu’alaikum

    Dok, apa tindakan yg tepat bila ank sakit mata, tp tidak di tandai mata merah, hanya sering berair dan mengeluarkan kotoran mata/belek, tindakan yg tepat gmn dok ??

    Jazakallah khairaan.

    Reply
  2. malam bokter adik saya berumur 1 tahun Di bagian daerah mata mengeluarkan darah itu kenapa ya DMohon infonya ya Dok terima kasih

    Reply
  3. anak sy baru 1 bulan…sjak lahir ud sakiit mata,belekan n berair…sudah di kasih salep tapi masih gito aja…apa itu infeksi ap gak…warna mata sii normal…cm sy merasa khawatir kl mata ny gak sembuh2…

    Reply
  4. assalammualaikum….saya mau tanya ni knapa ank sya yg bru br.umur 18 hri klo belekan kg smpek klwar dara …suda sya priksakan dan di kasi salep olh bidan tpi kg blum sembu jga mala mnular k.mata yg 1.nya …sya mintak solusi kpda anda yg ank.ny prna kna gejala yg sma sperti ank sya …apa langka slanjutnya biar ank sya bisa cpat sbuh …mhon infonya trimakasi,

    Reply
  5. asalamualaikum..
    dok saya mau tanya anak saya sudah 1bulan tpi mata nya masih belekan sma ber air sudah di kasih salep dari bidan tapi nlum sembuh jga.
    tlong kasih tau solusi nya ya dok.

    Reply
  6. ASSALAMUALAIKUM. ANAK SAYA BERUMUR 1MINGGU DAN SUDAH BEBERAPA HARI INI MATANYA SAKIT. TAPI SEKARANG MATANYA MENGELUARKAN AIR BERWARNA MERAH. APAKAH ITU GEJALA INFEKSI MATA ? YANG SAYA TAKUTKAN ANAK SAYA MENGALAMI KEBUTAAN. MOHON BANTUANNYA DAN INFONYA

    Reply
    • maaf mau tanya pak.. Wktu itu anak bapak gimana sembuhny.. Dibawa ke dokter mata atau apa pak?
      Minta tolong infony soalny anak sy jg begitu skrg.. Umur 1 tahun..
      Terimakasih..

  7. Selamat siang dok, saya mau tanya anak saya brumur 4 blan. Di mata kanan atas kelopak matanya ada kaya jendil gt wrna kuning. Itu kenapa ya? Dan car mengobatinya bagaimana? Terima kasih

    Reply
    • Anakku juga bgitu bun suka kucek matax smpe merah.kyak ada jendilx kcil warna kuning.dlu ndak prnah bgitu dok.anaku sudah umur 7bln. Sudah ada 1 minggu bayiku sakit matax

  8. asalam mualaikum bunda anak saya jga beleken mata sebelah kiri usianya sdah hampir mau dua tahun tp juga belum sembuh saya bingung sdah bawa ke sana sini tp hasilnya masih sama belekan sama berair matanya ,, ktanya jika sdah besar bisa sembuh sendri karna dri salutan hidungnya ,, harus gi mnh lagi yah bingung kasian anak saya

    Reply
  9. dok saya mau tax anak sy baru berusia 1 minggu tapi mata sebelah kananx biasa mngeluarkan darah dan belekan, dia tdk rewel darahx pun kluar walaupun dia tdk menangis, apa itu berbahaya dok?

    Reply

Leave a Comment