Waktu Yang Tepat Untuk Berhubungan Seks Pasca Persalinan

bayiDalam hal berhubungan intim pasca persalinan tidak ada perbedaan yang mendasar antara melahirkan secara normal atau caesar. Secara medis, Anda dan suami disarankan untuk menunggu paling tidak 6 minggu (40 hari) pasca persalinan sebelum bisa berhubungan intim kembali. Karena saat itu, organ kelamin wanita sudah kembali normal dan rahim juga telah kembali pada ukuran sebelum hamil. Jika memaksa sebelum waktunya, justru akan membuat jaringan Miss V robek dan luka kecil. Akibatnya terjadi pendarahan dan rasa tidak nyaman di Miss V.

Berikut kami informasikan waktu yang tepat untuk berhubungan seks pasca persalinan.

Mendapatkan persetujuan dari dokter

Anda memerlukan persetujuan dari dokter sebelum melakukan seks pasca melahirkan, terutama jika melahirkan secara normal atau melalui Miss V. Hubungan seks sebelum 4 minggu masa persalinan, tidak hanya dapat merusak jahitan Miss V yang belum pulih total setelah melahirkan, tetapi juga membuat Anda rentan terhadap infeksi Miss V. Jika proses melahirkan melalui operasi caesar, tunggu hingga jahitan pada perut telah benar-benar sembuh. Melakukan hubungan seks ketika tubuh belum siap untuk seks akan membuat wanita merasakan rasa sakit, bukannya kepuasan.

Tunggu setelah masa nifas

Beberapa dokter menyebutkan, berkisar 4-6 minggu atau ketika cairan yang dikeluarkan dari liang senggama setelah melahirkan (perdarahan postpartum) sudah berhenti maka dapat dilakukan hubungan intim. Perdarahan ini berasal dari dalam rahim dan terjadi pada semua ibu, terlepas dari bagaimana cara mereka melahirkan, baik normal atau caesar. Inilah yang sering disebut masa nifas.

Nifas merupakan masa pembersihan rahim, dimana darah nifas tersebut merupakan campuran sisa darah, kelenjar dan jaringan dari dalam uterus mengandung trombosit, sel-sel degeneratif, sel-sel mati, dan sel-sel endometrium sisa. Inilah saat dimana tidak ada atau berkurangnya dorongan seksual istri.

Setelah proses pemulihan selesai

Alasan utama menghindari sanggama pasca persalinan adalah untuk mencegah infeksi sekaligus memberi peluang bagi jaringan genital wanita untuk sembuh. Bagi wanita yang melahirkan secara caesar harus berhati-hati. Jangan sampai jahitan bekas operasi membuka kembali dan menyebabkan infeksi. Sekali lagi, tunggulah berkisar 6 minggu, sampai dokter akan memastikan bahwa luka irisan bedah caesar mengalami penyembuhan dengan baik dan perdarahan postpartum Anda berhenti.

Setelah hilang nyeri saat berhubungan

Meskipun hubungan intim telah boleh dilakukan setelah minggu ke-6, sebagian ibu masih mengeluh sakit atau nyeri saat berhubungan, padahal telah lewat beberapa bulan pasca persalinan. Gangguan ini disebut dyspareunia atau rasa nyeri waktu senggama.

Ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab, yaitu:

1. Adanya infeksi, bisa disebabkan karena bakteri, virus, atau jamur.

2. Adanya penyakit dalam kandungan, misalnya tumor.

3. Konsumsi jamu. Jamu-jamu ini mengandung zat-zat yang memiliki sifat astingents yang berakibat menghambat produksi cairan pelumas pada Miss V saat seorang wanita terangsang seksual.

4. Faktor psikologis yaitu kecemasan yang berlebihan, seperti kurang siap secara mental untuk berhubungan intim, dan adanya trauma masa lalu.

Sumber gambar:
1.http://www.wykop.pl/ludzie/dreaper/
2.https://pondokibu.com/uploads/2012/03/gurah_rahim_1.jpg 

PRODUK PILIHAN :
[wpsc_products product_id=’6562′]
[wpsc_products product_id=’24153′]
[wpsc_products product_id=’25283′]

102 thoughts on “Waktu Yang Tepat Untuk Berhubungan Seks Pasca Persalinan”

  1. Pagi dok,saya sudah 2 bulan melahirkan normal,,tp masih takut berhubungan padahal jahitan sudah sembuh..semalam udah dicoba sm suami,,koq masih terasa nyeri ya..apakah gappa dok kalo diteruskan..

    Reply
  2. Mencoba berhubungan pasca keguguran, kalo pengalaman saya, sebulan setelah istri keguguran dan di-kuretase , kami mencoba berhubungan lagi, padahal dokter menyarnankan utk tunggu sekitar brp bulan 2 apa 3 gitu (lupa =)). dan selang dua bulan stlh keguguran tyt positif, cek ke dokter bener positif dan dokternya ngga marah tuh.. hehehe. dan bayi perempuan kami lahir dengan sehat wal afiat. alhamdulillah. Pasca kuret itu kondisi rahim biasanya adalah bagus2nya, sebulan cukup untuk pemulihan (pengalaman pribadi, tp bisa berbeda tergantung kondisi sang ibu), meski medis menyarankan lebih dari itu.

    Reply
  3. Malm dok..bleh tanya ngga.? Pda tgl 29-09-2016 sy melhirkn ank sy yg prtma dan sekrang pendarahn sda brhnti apa sy suda bisa berhubungn intim..? Trimakasi

    Reply
    • Pagi dok,saya mau tanya,istri saya melahirkan tgl 4/11/16,tp melahirkan di usia kandungan umur 7 bln krna anak kami menonggal,istri saya melahirkan secara normal dan tanpa ada jahitan,skrg udah ga kluar darah nifasnya,kira” kapan bisa melakukan hubungan suami istri lg,makasih sbelumnya atas jawabannya

  4. Slmt pagi dok, sya mau tanya. Sya melahirkan tgl 18 agustus 2016. Lewat sesar, tgl 7 oktober sya melakukan hubungan intim dgn suami saya, krna sbelumnya darah ga keluar lg.. tp stlah melakukan hubungan intim darah keluar lg, itu aman ga dok ? Atau ada msalah?

    Reply
  5. Malam dok saya mau tanya. Kalo habis kegugurang usia 3 bulan kapan boleh berhubungan intim lg? Soalnya takut nnt ada masalah.

    Reply
  6. Dok sy mau nanya nih. Sebelumnya usia sy msh 22th n jg blm mnikah apalagi mlhrkn. Tp sy mau nanya,sy kn prnh oprsi cngkok kornea mata knan n kiri pd thn 2014. Apa nanti sy blh mlhrkn scra normal?

    Reply
    • siang dok saya mau tanya saya melahirkan SC tgl 2 agustus dan masa nifas lewat 40 hari lebih dan tanggal 20 september saya menstruasi sampai sudah bersih. kemarin tanggal 5 daerah miss V keluar cairan flek warna coklat kemerahan gitu dok,itu flek karena apa ya dok? tgl 6 saya melakukan hubungan intim. apakah berbahaya kesuami melakukan hubungan intim sewaktu flek? terima kasih

    • asslm..dok sya mau tanx,sya melahirkan 13 agustus 2016 SC kemudian dok.langsung mrmasangkan kb spirL .
      skrg tgl 25 october 16 belum juga berhubungan intim, krna takut..
      saranx dok… trimakasih

  7. Dok saya mau tanya.saya lahiran tanggal 8agustus2016 kira kira saya brhbungan intim kpan ya dokk. Tapi saya sudah kb dan nifas saya sudah brhenti.. Tp saya tkt kallo saya brhbngan intim tkt sakit dok… Apakah jaitan saya suddah kering dokk saya melahirkan normal jahitan saya bnyak. Dan sedangkan ktika saya BAB trasa skt gmn ya dok

    Reply
    • Selamat Pagi Bu Ofi,
      sebaiknya perlu persetujuan dari dokter dulu bun untuk melakukan hubungan pasca melahirkan terutama jika melahirkan secara normal. Hubungan seks sebelum 4 minggu masa persalinan, tidak hanya dapat merusak jahitan Miss V yang belum pulih total setelah melahirkan, tetapi juga membuat bunda rentan terhadap infeksi Miss V. Jika proses melahirkan melalui operasi caesar, tunggu hingga jahitan pada perut telah benar-benar sembuh. Melakukan hubungan seks ketika tubuh belum siap untuk seks akan membuat wanita merasakan rasa sakit, bukannya kepuasan. Jadi tetap hati-hati ya bunda.

  8. Ass dok sayA mau bertanya klo berhub ml setelah melahirkan normal klo kita mau ml sebelum 40 hari boleh gk dok misalnya 1 minggu gtu dok.

    Reply
    • Selamat Pagi Bapak Sugiarto,
      Sebelum melakukan seks pasca melahirkan sebaiknya minta persetujuan oleh Dokter dulu pak, terutama jika melahirkan secara normal.
      Hubungan seks sebelum 4 minggu masa persalinan, tidak hanya dapat merusak jahitan Miss V yang belum pulih total setelah melahirkan, tetapi juga membuat Ibu rentan terhadap infeksi Miss V. Jika proses melahirkan melalui operasi caesar, tunggu hingga jahitan pada perut telah benar-benar sembuh. Melakukan hubungan seks ketika tubuh belum siap untuk seks akan membuat wanita merasakan rasa sakit, bukannya kepuasan.

  9. Mlm dok . saya mau tanya saya kan lahir sesar ? Pada tanggal 29 juni bulan kemarin
    Emang bener orang yang lahiran sesar untuk berhubungan suami istri harus nunggu 4 bulan dulu baru boleh berhubungan ??
    Mohon di jelaskan trims ??

    Reply
    • Selamat Sore Ibu Aminah,
      Secara medis, pasangan suami istri yang akan berhubungan kembali setelah melahirkan harus menunggu sekitar 6 minggu (40 hari) sebelum kembali berhubungan. Karena saat itu, organ kelamin wanita sudah kembali normal dan rahim juga telah kembali pada ukuran sebelum hamil. Jika memaksa sebelum waktunya, justru akan membuat jaringan Miss V robek dan luka kecil. Akibatnya terjadi pendarahan dan rasa tidak nyaman di Miss V.

      Interval terbaik untuk hamil kembali pasca operasi Caesar minimal 2 tahun. Dalam periode itu, kesehatan ibu dan bayi dapat dijaga. Misalnya saja, secara fisik kondisi ibu sudah benar-benar pulih, dan bayi sudah selesai masa disusui.

Leave a Comment