Tumbuhnya Benjolan Di Tubuh Bayi

bayiKesehatan seorang bayi pastilah menjadi prioritas utama bagi orangtuanya. Karena itu mereka begitu memperhatikan apa saja yang terjadi dengan perkembangan anaknya, misalnya terkait adanya perbedaan bentuk tubuh bayi seperti munculnya benjolan pada tempat-tempat tertentu terutama pada leher maupun belakang telinga.

Benjolan bisa berupa tumor (jinak dan ganas), bisa pula berupa pembesaran kelenjar getah bening. Kelenjar ini ada banyak sekali di tubuh kita. Antara lain di daerah leher, ketiak, dalam rongga dada dan perut, di sepanjang tulang belakang kiri dan kanan sampai mata kaki. Kelenjar getah bening berfungsi sebagai penyaring bila ada infeksi lokal yang disebabkan bakteri atau virus.  Jadi, fungsinya justru sebagai benteng pertahanan tubuh.

Membengkaknya kelenjar getah bening pada leher menandakan adanya serangan bakteri penyebab infeksi pada saluran nafas, kerongkongan, gigi dan mulut. Kelenjar pada leher membengkak untuk memproduksi lebih banyak getah bening yang memerangi bakteri tersebut.

Membengkaknya kelenjar getah bening pada belakang telinga hingga mirip benjolan pada belakang telinga, merupakan penanda bahwa terdapat infeksi seputar kulit kepala bayi. Hal ini akan berjalan dalam beberapa waktu hingga infeksi tersebut mereda dan imunitas bayi terhadap serangan infeksi meningkat. Serupa dengan pembengkakan pada leher dan belakang telinga, benjolan pada ketiak maupun selangkangan merupakan penanda adanya infeksi pada dua bagian tubuh tersebut.

Sedangkan pembesaran kelenjar yang ada dalam rongga dada dan perut sulit dideteksi karena tidak bisa dilihat, kecuali lewat pemeriksaan khusus. Alhasil, yang kerap terjadi, ketika dibawa ke dokter, sudah terjadi keganasan.  Perut anak sudah membuncit, lalu ada gejala muntah, ada gangguan saluran kemih dan ginjal, sehingga anak susah BAK ataupun BAB, dan lainnya. Hal ini terjadi karena ada semacam massa yang menekan organ lainnya. Pada penderita leukimia, dimana terjadi keganasan pada sel darahnya, biasanya juga menampakkan adanya pembesaran kelenjar getah bening. Nah, bila sudah sampai ke kelenjar getah bening, berarti penyakitnya sudah jauh menyebar. “Selain kelenjar yang membengkak, biasanya disertai pula dengan pucat, demam, tak nafsu makan, dsb.”

Ibu perlu khawatir apabila benjolan muncul pada beberapa tempat produksi kelenjar getah bening pada beberapa tempat dengan disertai demam dan turunnya berat badan. Hal ini menandakan tubuh tidak mampu melawan bakteri penyebab infeksi. Bila kondisi ini berlanjut hingga 3 minggu dan benjolan tidak mengempis segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat pertolongan medis.

sumber gambar : http://4suckhoe.com/uploads/2014/01/tre-so-sinh-bi-viem-phe-quan-phoi-4.jpg

18 pemikiran pada “Tumbuhnya Benjolan Di Tubuh Bayi”

  1. Dok anak saya ada benjolan di dada dan dibelakang telinga sebelah kiri tp klo dipegang gk ada respon apa2 dari anak saya…tp saya takut dok tp salama ini dri tumbuh kembangnya tidak ada mslh apa2 si…itu kira2 apa y???

    Balas
  2. Dok, anak saya umur 8 bulan.terdapat benjolan kecil di belakang kepala sebelah kiri dan juga dibelakang telinga..apa kira2 penyebab dan cara mencegahnya,.Tks

    Balas
  3. Dok dibetis kanan anak saya ada benjolan tidak sakit bila dipegang atau ditekan,, tp dia membesar dok..itu benjolan apa ya dok n berbahaya tidak?

    Balas
  4. Iya dok anak saya umur 7 bln terdapat benjolan di rongga perut dibawah ketiak sebela kiri kira kira knp ya….

    Balas
  5. dok anak saya baru lahir dua minggu ,ditemukan ada benjolan d bagian tenggorokan,itu kenapa yah dok,bahayakah ??

    Balas
  6. Tgl 22 desember 2017 lahir lalu masuk inkubator dan mendapatkan infus, namun esok nya timbul benjolan di bokong kiri bayi , lalu menghilang. Pada hari ke 7 benjolan itu muncul lagi, ketika sudah dibawa ke rumah. Memang sampai pada saat ini, benjolan lembek namun terlihat membesar tanpa ada mata seperti bisul, dan kondisi bayi tidak ada demam. Menurut dokter, gejala penyakit apakah pada anak bayi kami ??? Mohon penjelasan nya dokter ….

    Balas
  7. Dok, ank sy berusia 2 bulan lebih, ada benjolan di didada sbelah kanan, bru dua hri ini munculnya dok, itu bahaya apa gak ya dok? Apa hrus di cek k dkter

    Balas
  8. Dok anak saya usianya baru 2 minggu, kmrin waktu lahiran ad benjolan kecil di dekat dadanya seperti jerawat, kemudian beberapa hari dia mengecil. Trus sekarang kok saya rasa benjolannya agak gedean. Kalau boleh tau itu kenapa y dokter n ap solusinya.?

    Balas
    • Yaaa saya juga bgtu anak saya usia 1thn ada benjolan d atas dada awalnya seperti jerawat merah di biarkan jd tambah besar skrng warnanya ungu knp yaa???

  9. Dok anak saya usia 8 bulan di bagian perut atas anak saya ada benjolan sebesar guli,dia kelihatan ketika saya mengangkat kedua tangannya pada saat mandi,dan pada saat saya merabanya. Kira kira it apa yah dok,berbahaya tidak?

    Balas

Tinggalkan komentar