Kecantikan

Tubuh Juga Punya Alarm, Lho!!!

alarm dalam tubuhBegitu kerongkongan terasa sakit untuk menelan makanan kita langsung tahu kalau kita mau flu. Layaknya smoke detector yang memperingatkan kita kalau ada api atau asap, badanpun punya sistem yang hampir sama. Sayang tidak semua orang peduli dengan alarm peringatan tubuh tersebut dan malah lebih sering mengabaikannya. Padahal nih, kalau kita menyadarinya sedari awal, penyakit yang berbahaya sekalipun bisa lebih mudah penanganannya lho. Jadi sebelum terlambat kita haruslah tanggap saat dimana tubuh mengeluh. Mencegah lebih baik daripada mengobati kan?

1. Kesemutan

Biasanya kaki kesemutan kalau kita sudah kelamaan duduk atau berdiri. Kelihatannya suatu hal yang sepele namun ternyata hal tersebut merupakan reaksi dari adanya syaraf yang tersumbat. Gejala yang satu ini juga bisa menunjukan kalau badan kita sedang mengalami kekurangan vitamin B.
Tapi jika kesemutan sudah sering muncul itu pertanda bahwa ada syaraf yang kita yang terjepit. Kalau dibiarkan terus-menerus sampai lebih dari enam bulan bisa mengakibatkan radang syaraf lho. Nah, jika kondisi sudah separah ini bakal sulit untuk diobati!
Kalau kesemutan tidak terlalu sering, sih, cukup dengan rutin mengkonsumsi vitamin B1, B6 atau B12. Namun jika sudah tergolong cukup sering muncul harus dikonsultasikan ke dokter. Kalau memang ada syaraf yang tersumbat harus dilakukan fisioterapi.

2. Kuku Kusam

Kuku yang berwarna merah muda menunjukan kondisi tubuh kita yang sehat. Sebaliknya kuku yang kusam menandakan jantung tidak melakukan fungsinya sebagai pemompa darah yang maksimal. Apalagi kalau telapak tangan kita terasa dingin, ini berarti jantung kita kelewat malas untuk memompa darah yang kaya oksigen sampai ke ujung jari kita. Dan jika diikuti dengan tubuh kita yang gampang capek, gejala ini bisa menjadi pertanda adanya pembengkakan pada jantung!
Cara mengatasinya mulai rutinlah berolahraga, dengan begitu jantung kita akan terlatih. Jika ada kelainan cepat-cepat konsultasikan pada dokter.

BACA JUGA:  Mengatasi Rambut Rontok Dengan Masker Minyak Kelapa Dan Kuning Telur

3. Sakit Saat Buang Air Kecil

Penyebab utamanya biasanya karena kita kurang minum. Tapi bisa juga pertanda adanya infeksi pada saluran urin kita. Apalagi jika setiap kali ingin buang air kecil perut bagian bawah kita terasa sakit, bisa jadi itu merupakan gejala batu kandung kemih.
Perbanyaklah minum air putih hingga 18 gelas per hari, karena asupan air bisa membantu menghilangkanbakteri yang ada dalam saluran air seni.

4. Sakit Kepala dan Pusing

Yang satu ini agak sulit untuk dideteksi, pasalnya banyak hal yang bisa jadi penyebabnya. Bisa dari masalah pada mata, gigi, hidung, telinga, kelainan darah, bisa juga karena sifat hormonal.
Cobalah beristirahat atau tidur dahulu, namun jika pusing tidak juga hilang barulah minum obat sakit kepala. Jika dalam waktu sekitar 20jam belum juga reda segera periksalah diri ke dokter. Waspadai juga jika sakit kepala disertai dengan muntah, hal ini bisa berarti ada kanker di daerah otak atau di daerah lainnya.

5. Mimisan

Mimisan disebabkan karena pecahnya pembuluh darah di daerah hidung, namun bisa juga karena kelainan darah yang sifatnya bawaan dari lahir. Segera konsultasikan ke dokter, karena darah mimisan yang disertai dengan bau tidak sedap dari hidung bisa menandakan adanya tumor atau kanker pada hidung.
Untuk yang hanya sesekali mimisan, gangguan ini bisa dicegah dengan banyak mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan. Sayuran  dengan kaya kandungan zat besi merupakan pilihan bagus untuk mengatasi masalah mimisan.

6. Mudah Mengantuk

Hal ini satu hal yang sangat sepele, namun jika disertai dengan sering buang air kecil, luka sulit sembuh, nafsu makan yang besar tapi badan tetap lemas waspadailah karena ini salah satu tanda-tanda diabetes.
Diabetes memang tidak bisa sembuh secara total, namun hal tersebut bisa dihindari dengan memiliki pola makan dan pola hidup yang sehat. Jika ada yang memiliki faktor genetik diabetes, kita dapat mencegahnya dengan menjaga berat badan dan berolahraga secara teratur.

BACA JUGA:  Menurunkan Berat Badan Dengan Buah Rasa Asam

Sumber : citacinta

Sumber Gambar : http://1.bp.blogspot.com/-VYPQgQEcSI0/VEdrH28mNNI/AAAAAAAABs4/ka1u67pJAFk/s1600/news.jpg