Trik Jitu Menyiasati Masalah Susah Makan Pada Balita

Ibu-ibu sering mengalami masalah tentang kurangnya nafsu makan anak Balitanya. Anak susah makan atau hanya mau makan makanan tertentu saja. Anak sering tidak mau dan tidak berselera makan.

Gizi dan Nutrisi Balita pun jadi kurang sehingga kekebalan tubuh Anak Balita jadi berkurang dan anak jadi mudah terserang penyakit.

Balita Susah makan bisa disebabkan oleh berbagai hal misalnya  ibu terlambat memperkenalkan makanan padat, jadwal makan yang tidak teratur,  Menu makanan yang itu-itu saja sehingga anak bosan dan lain-lain. Berikut ada beberapa trik jitu untuk Menyiasati Masalah Susah Makan Pada Balita:

a. Beri makanan dalam porsi kecil dan sering, terutama makanan yang baru dikenal atau tidak disukai.

b. Jadwal makan teratur, yaitu tiga kali makan utama dan dua kali makanan selingan di sela-sela makan utama.

c. Jangan terlambat mengenalkan makanan padat. Pemberiannya pun harus dilakukan secra bertahap, mulai dari tekstur yang halus / lumat ( contoh: bubur), lunak (makanan yang dire3bus atau dikukus), dan akhirnya ke bentuk makanan biasa. Ini dilakukan agar anak dapat belajar mengunyah.

d. Mengenalkan variasi bahan makanan mulai bayi (mulai 6 bulan) agar anak mengenal beraneka ragam bahan makanan dan rasa makanan.

e. Menu makanan harus bervariasi agar anak tidak bosan.

f. Penyajian makanan harus menarik, misalnya bentuk makanan dan alat makannya lucu.

g. Buatlah suasanan yang santai dan menyenangkan pada saat makan sekeluarga.

h. Ikut sertakan anak untuk menentukan menu makanan yang hendak dimakannya. Hal ini dimaksudkan agar anak tertarik untuk makan.

i. Sediakan makanan selingan atau camilan sehat yang sertara kandungan gizinya dengan makanan utamanya.

Permberian camilan ini dimaksudkan sebagai solusi jika anak menolak makanan utama. Dengan begitu, asupan gizi anak tetap terpenuhi.

Sumber: Buku Pintar Menu Balita Oleh Ayu Bulan Febry K.D, S.KM & dr. Zulfito Marendra

Sumber Gambar : http://ibuhandal.com/uploads/2015/02/81.-Atasi-Si-Kecil-yang-Susah-Makan-saat-MPASI3.jpg

6 thoughts on “Trik Jitu Menyiasati Masalah Susah Makan Pada Balita”

  1. Anak saya sebaliknya dari artikel ini, semua yang disodorkan selalu mau dia coba. Bukan hanya pemakan segalanya, tetapi minum susunya juga kuat. Saya jadi khawatir anak saya nanti kegemukan, sekarang sih masih normal karena terbantu dia agak lasak. Saya beri dia susu tanpa gula. Bagus gak tuh ya.

  2. anak yg rajin minum susu kita harus waspada jg loh bun soal susunya.. jgn sampe susu yg kita andelin buat nambahin nutrisinya malah jd penyakit..

  3. untungnya anakku rajin minum susunya..
    jadi gak terlalu susah deh ngasih minum susunya..
    lahap banget minum susunya.. :D

  4. Pilih camilan buat anak juga harus pilih2, jangan kasih anak camilan yg manis2, takutnya pola ini akan keterusan sampai dia dewasa, jadi suka konsumsi makanan yg manis2, bisa2 ntar anak jd obesitas.

  5. perlu bervariasi ya makanannya tp kadang saya suka bingung tp bila susah makan anakku maunya minum susu ….

Leave a Comment