Tumbuh Kembang Anak

Tahap Perkembangan Bayi Usia 3-4 Bulan

tahap-perkembangan-bayi-usia-3-4-bulan

Tahap perkembangan bayi berbeda – beda, karena gerakan bayi umumnya didominasi oleh gerak refleks. Dengan berkembangnya sistem saraf, di usia 2 bulan gerakan refleksnya berkurang dan kemampuan kognitif serta sosial bayi berkembang dengan pesat. Bayi pada usia ini akan sudah bisa menatap anda, tersenyum dan juga sudah bisa mengeluarkan suara. 

Pada usia ini bayi akan mencoba untuk melatih gerak motorik kasarnya. Pada usia  1,5-2 bulan si kecil akan belajar tengkurap. Tengkurap terjadi ketika bayi berhasil bertumpu pada perutnya dan bertahan pada posisi tersebut beberapa saat. Anak tengkurap diawali dengan kemampuan memiringkan badannya ke kanan dan ke kiri, lalu ia belajar berguling.

Di usia 2 bulan bayi Anda mampu mengontrol gerakan leher dan kepalanya. Ia dapat mengangkat kepala membentuk sudut 45 derajat dengan cara bertopang pada kedua tangannya saat usiannya 3 bulan. Di usia 4 bulan, bayi bisa mengangkat kepalanya dengan sudut lebih besar yaitu 90º dalam posisi tengkurap. Kemampuan mengangkat kepalanya ini membantu melatih ketajaman penglihatannya. Ia pun mulai menengadahkan kepalanya untuk mencari Anda bila mendengar suara Anda.

Bayi belajar tengkurap pertama kali pada satu sisi, dilanjutkan di sisi lain, kemudian berbalik lagi. Ketika mencapai usia 3-4 bulan, saat otot lehernya semakin kuat  ia dapat berbaring telentang dengan memandang lurus ke depan. Lengan dan kakinya pun lebih bebas bergerak sejalan dengan kemampuannya menggerak-gerakkan kepalanya. Ia juga mulai berlatih berguling dan mengangkat kepalanya dalam posisi tengkurap. Baru di usia 5 bulan ia bisa tengkurap sendiri.

Tahap perkembangan bayi pada usia 4-5 bulan anak anda akan mencoba untuk mengekspresikan emosinya lewat letupan emosi yang tiba-tiba. Anda pernah bukan mendengar si kecil mengeluarkan suara dengan nada tinggi penuh kesenangan saat berhasil meraih benda yang diinginkan atau ketika ia merasa senang dengan kehadiran Anda?

BACA JUGA:  Al-quran Dapat Merangsang Tingkat Iq Anak

Umumnya tahapan perkembangan bayi pada awal hidupnya, suara-suara yang dikeluarkannya merupakan respons tubuhnya terhadap emosi saat itu.

Di usia 4–5 bulan, tahap perkembangan buah hati anda bertambah dari segi motoriknya. keduanya tangan anak semakin terampil.