Bayi & Anak

Susuilah Bayi Anda

Susuilah Bayi AndaBanyak orang mengatakan kepada anda bahwa menyusui bayi anda secara alami adalah pilihan paling tepat. Tetapi apa alasannya? Berikut ini adalah beberapa hal yang menunjukkan bahwa menyusui bayi secara alami adalah pilihan yang tepat.

1. ASI mengandung semua nutrisi yang diperlukan oleh bayi

ASI mengandung perbandingan yang ideal dari lemak, asam amino dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh bayi untuk perkembangan sistem otaknya. Nutrisi-nutrisi ini akan menyediakan dasar yang ideal bagi pembentukan ”jaringan” pada kecerdasan manusia.

Sebagai contoh, Taurine yang merupakan asam amino penting yang ditemukan dalam konsentrasi yang tinggi pada ASI – dan bahan ini tidak ditemukan pada susu sapi!-. Taurine mempunyai peranan penting dalam pembentukan jaringan otak, di samping materi lain. Tubuh bayi belum memungkinkan untuk membentuk taurine sendiri, sehingga dia tergantung secara total dari asupan luar.

Nutrisi lainnya dalam ASI yang penting adalah lemak. ASI mengandung lemak yang penting dalam jumlah besar, seperti DHA dan ARA. Bahan ini merupakan komponen penting bagi struktur otak. Penelitian menunjukkan bayi yang disusui dengan ASI memiliki lemak esensial ini dalam konsentrasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang disusui dengan susu formula.

Kolesterol merupakan bahan lain yang terdapat dalam ASI dalam jumlah tinggi. Nutrisi ini juga penting bagi pembentukan jaringan otak dan sistem syaraf. Bayi memerlukan nutrisi ini dalam 2 tahun pertama

Beberapa perusahaan pembuat susu formula menambahkan taurine dan DHA pada produk mereka, akan tetapi ternyata tetap tidak sesuai dengan yang didapatkan dari ASI. Sehingga para peneliti menyimpulkan bahwa ASI tidak bisa disamai oleh susu formula.

2.    ASI mengandung antibodi yang membantu bayi melawan infeksi

BACA JUGA:  Penyebab Dan Cara Mencegah Puting Lecet Saat Menyusui

3.    ASI mudah dicerna sehingga bayi terhindar dari diare dan gangguan perut lainnya

4.    Adapun bagi ibu, menyusui merupakan aktivitas yang sangat bermanfaat untuk membakar kalori tubuhnya.

Dalam aktivitas menyusui, seorang ibu dapat membakar sekitar 500 kalori perhari dalam tubuhnya

5. Menyusui juga dapat mengembalikan lagi posisi rahim ibu.

6. Menyusui dapat mengurangi resiko penyakit gula pada ibu.

Di antara hal yang tidak diragukan lagi adalah bahwa menyusui secara alami bermanfaat bagi ibu maupun bayi, hal ini tampak pada penelitian yang dimuat dalam majalah The Journal of The American Medical Association, yaitu semakin lama masa penyusuan maka semakin berkurang resiko terkena penyakit gula pada ibu.

Elison S, seorang peneliti di rumah sakit Boston mengisyaratkan bahwa setiap tahun penyusuan dapat mengurangi kadar gula dalam darah ibu yang menyusui.  Sebab itu jangan ragu-ragu lagi, kembalilah untuk menyusui bayi anda dengan ASI…

 

Sumber Gambar : http://dinkesklatenkab.com/asset/upload/cawas-2/image/slider/asi_thumb.png