Smart Shopping

Smart ShoppingUntuk urusan belanja, sebagian besar kaum perempuan adalah makhluk yang sering kalap mata. Mungkin, sebelum masuk suatu supermarket untuk berbelanja, sebenarnya saat di rumah, telah didata barang apa saja yang masuk daftar list untuk dibeli. Namun kenyataannya setelah masuk kebanyakan dari mereka banyak yang membelanjakan sesuatu yang sebenarnya tidak ada dalam daftar list tadi. Yah, beginilah kaum ibu-ibu. Tapi hal ini tidaklah menjadi soal jika barang yang dibeli memang dibutuhkan untuk keperluan di rumah.
Belanja seharusnya tidak hanya sekedar membeli barang yang dibutuhkan, tapi juga mencermati barang yang sudah atau akan dibeli. Cermat dalam arti nilai barang yang dibeli sesuai dengan standar kualitas juga harga. Membuat daftar belanjaan yang disesuaikan dengan kebutuhan ataupun menu yang telah dibuat dapat menghemat uang dan waktu berbelanja, sehingga tenaga kita pun tidak terbuang secara percuma.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berbelanja, baik itu di pasar tradisional ataupun di supermarket. Apa saja sih, ayo kita intip satu persatu.

  1. Jika Anda ingin membeli buah-buahan dan sayuran, belilah buah dan sayuran sesuai musim. karena selain harganya lebih murah, rasanya pun tentu lebih segar.
  2. Jangan terlalu rakus! Hanya karena harga yang sedang murah ataupun diskon, Anda membeli bahan  makanan segar dalam jumlah yang terlalu banyak. Batasi pembelian bahan makanan segar sesuai kebutuhan. Karena bahan makanan segar lebih cepat rusak apalagi jika terlalu lama disimpan.
  3. Kadang di beberapa supermarket memang menjual atau menyediakan sayuran dalam bentuk paket seperti sayur asem, sayur sop, capcay, oseng-osengan, bahkan juga soto lengkap dengan daging rebusnya. Tidak ada salahnya Anda sesekali membelinya karena selain lebih murah, Anda juga tak perlu repot-repot memotong lagi.
  4. Berhati-hatilah dengan produk makanan kaleng. Lihat tanggal kadaluarsa yang tertera pada kaleng atau bungkusnya dan juga bentuk kaleng. Ada supermarket yang sengaja ataupun tidak memiliki barang-barang yang telah kadaluarsa. Usahakan mengambil di bagian atas atau bawah rak atau  di bagian belakang. Biasanya makanan kaleng dengan tanggal kadaluarsa yang masih baru tidak diletakkan di rak depan.
  5. Belilah telur dalam bentuk kiloan, bukan dalam wadah siap beli. Tanyakan pada pelayan apakah telur tersebut baru datang atau sudah lama. Pilihlah sendiri telur berdasarkan tingkat kesegarannya.
  6. Jika berbelanja daging, belilah daging dalam kemasan porsi. Anda bisa mengambil beberapa porsi untuk disimpan dalam lemari pembeku. Jangan lupa untuk mengambil daging yang berada di bagian belakang atau atas karena biasanya jauh lebih segar dibandingkan dengan daging yang terletak di bagian depan pada lemari display.
  7. Jangan pernah membeli makanan jadi seperti roti, cake atupun muffin yang dipajang di atas meja tanpa penutup. Ada beberapa supermarket yang menggunakan desinfektan terlalu banyak untuk menghalau tikus dan serangga, sehingga aromanya terserap oleh bahan makanan diatas. Sebaiknya pilihlah yang baru keluar dari oven.

Bijaksanalah dalam memilih suatu bahan makanan. Bahan makanan yang masih baik dan segar tentulah akan menghasilkan makanan yang sehat dengan kualitas gizi yang baik.

hmmm ibu-ibu selamat berbelanja…

Sumber Gambar : http://www.pcguia.pt/uploads/2014/04/Phone-01.jpg

Komentar