Seks Pasca Melahirkan

Seks Pasca MelahirkanBanyak pasangan ingin tahu kapan mereka boleh kembali berhubungan seks setelah melahirkan. Miss V wanita yang baru melahirkan tentu juga mengalami trauma. Dalam kondisi yang sangat baikpun, Miss V masih sangat sensitif. Selain itu, bila Anda menyusui, mungkin terjadi vaginal atrophy – menipis serta mengeringnya jaringan Miss V akibat kurangnya estrogen dalam tubuh.

Adakalanya istri enggan atau takut melakukan hubungan intim setelah melahirkan. Lalu apa saja masalahnya sehingga istri takut untuk berhubungan intim? Dan, kapan waktu yang pas untuk berhubungan intim setelah melahirkan?

Sebetulnya, enam minggu pasca melahirkan biasanya ibu-ibu sudah bisa melakukan hubungan seksual lagi. Beberapa dokter menyebutkan, waktu empat minggu atau ketika cairan yang dikeluarkan dari liang senggama setelah melahirkan sudah berhenti dapat dilakukan hubungan seksual.

Alasan utama menghindari senggama pasca persalinan adalah untuk memberi peluang bagi jaringan genital wanita untuk sembuh, terutama jika mengalami episiotomi atau guntingan untuk memperlebar jalan lahir sehingga membantu memperlancar bayi keluar. Mencegah timbulnya infeksi merupakan alasan selanjutnya.

Perlu diketahui pula bahwa masa setelah melahirkan selama 6 minggu atau 40 hari, menurut hitungan awam, merupakan masa nifas yang penting untuk terus dipantau. Nifas merupakan masa pembersihan rahim, sama halnya seperti masa haid. Darah nifas mengandung trombosit, sel-sel degeneratif, sel-sel mati, dan sel-sel endometrium sisa.

Oleh sebab itu, pemeriksaan ulang pasca persalinan biasanya dilakukan setelah enam minggu, dan enam minggu adalah waktu dimana rahim telah kembali pada ukuran sebelum hamil. Pengecilan rahim adalah perubahan fisik utama pasca persalinan yang terakhir. Beberapa minggu dan bulan pasca persalinan, hasrat seorang perempuan untuk bersenggama mungkin berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali.

Sebuah penelitian di Australia mendapatkan bahwa enam minggu adalah waktu rata-rata bagi para perempuan pasca persalinan untuk mulai melakukan hubungan seks. Tetapi penelitian tersebut juga menemukan bahwa sekitar setengah dari mereka yang memiliki masalah sejak awal, terus mengalaminya selama tahun pertama pasca persalinan. Penelitian lain menemukan, 20 persen perempuan yang baru pertama kali melahirkan membutuhkan waktu 6 bulan untuk merasa nyaman secara fisik saat bersenggama, dengan waktu rata-rata sekitar 3 bulan.

Meskipun hubungan telah boleh dilakukan setelah minggu ke-6, adakalanya ibu-ibu tertentu mengeluh hubungan masih terasa sakit atau nyeri meskipun telah beberapa bulan proses persalinan. Gangguan seperti ini disebut dyspareunia atau rasa nyeri waktu sanggama. Pada kasus semacam ini ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab, yaitu :

  1. Terbentuknya jaringan baru pasca melahirkan karena proses penyembuhan luka guntingan jalan lahir masih sensitif sehingga kondisi alat reproduksi belum kembali seperti semula.
  2. Adanya infeksi, bisa disebabkan karena bakteri, virus, atau jamur.
  3. Adanya penyakit dalam kandungan (tumor, dll).
  4. Konsumsi jamu. Jamu-jamu ini mengandung zat-zat yang memiliki sifat astingents yang berakibat menghambat produksi cairan pelumas pada Miss V saat seorang wanita terangsang seksual.
  5. Faktor psikologis yaitu kecemasan yang berlebihan turut berperan, seperti :
  • Kurang siap secara mental untuk berhubungan seks (persepsi salah tentang seks, dll).
  • Adanya trauma masa lalu (fisik, seks).
  • Tipe kepribadian yang kurang fleksibel.
  • Komunikasi suami istri kurang baik sehingga biasanya istri “malas” melakukan hubungan seks. Kurangnya foreplay-nya sehingga belum terjadi lubrikasi saat penetrasi penis. Jika foreplay dan lubrikasi sudah cukup namun masih nyeri juga, coba datang ke klinik yang melayani kesehatan sex wanita atau datang saja ke dokter kandungan yang wanita.
Sumber Gambar : http://macampenyakit.com/uploads/2015/01/bayi-menggunakan-topi.jpg
PRODUK UNGGULAN:

[wpsc_products product_id=’25347′]

[wpsc_products product_id=’24578′]

[wpsc_products product_id=’23855′]

137 thoughts on “Seks Pasca Melahirkan”

  1. Dok temn sya baru aja habis melahirkan ..
    18’hari lalu dia sudah selesai nifas ..
    Kmudian melakukan hubungan paske 38 hari ya.
    Pas dia mrlakukan hbungan dgan suami ya keluar darah dan darah ya belum berhenti2 padahal sudah 1 minggu dok. Itu knpa ya penyebabnya. Apa harus beriksa ke dokter atau kebidang scara teliti

    Reply
  2. pagi dokter, saya melahirkan prematur saat uk.25mgu, 5hari kemudian anak sya meninggal krn paru2 blm matang. sya nifas slma 19hari, stlh 18hari sya mens slma 7hari,hari kedua dan ketiga darah yang kluar bny. apakah itu normal? kapan saya dan suami boleh berhubungan intim lg mengingat ini sdh 7mgu pasca melahirkan??

    Reply
    • dibolehkan berhubungan kembali bila darah nifas sudah benar2 hilang dan selesai masa haid…untuk darah yg keluar banyak saat haid bisa kemungkinan sisa darah saat nifas itu normal karena setiap wanita ukuran darah nifas berbeda-beda banyak CC nya.

  3. Maaaf dok..mau tanya,sy baru cesar 3 pekan yang lalu dan steril ikat langsung, kpn waktu yg tepat utk hub. Pasca steril?

    Reply
    • Selamat pagi bunda. Sterilisasi adalah metode kontrasepsi permanen yang hanya diperuntukkan bagi mereka yang memang tidak ingin atau boleh memiliki anak (karena alasan kesehatan). Disebut permanen karena metode kontrasepsi ini hampir tidak dapat dibatalkan (reversal) bila kemudian Anda ingin punya anak. Pembatalan masih mungkin dilakukan, tetapi membutuhkan operasi besar dan tidak selalu berhasil. Dalam hal berhubungan intim pasca persalinan, tidak ada perbedaan mendasar antara caesar dan normal. Secara medis, Anda dan suami disarankan untuk menunggu paling tidak 6 minggu (40 hari) pascapersalinan sebelum bisa berhubungan intim kembali. Saat itu, organ kelamin wanita sudah kembali normal dan rahim juga telah kembali pada ukuran sebelum hamil. Untuk penjelasan lebih jelasnya silahkan konsultasikan pada dokter. Semoga bermanfaat.

  4. Slmt pagi dok..
    Masa nifas saya bersih sekitar 30hr.. kmudian sy berhubungan dgn suami sy.. 2hr kmudian sy mengeluarkab darah spt menstruasi.
    Apakah itu menstruasi atau masa nifas sy berlanjut lagi atau ada masalah lain?
    Sebelum’a perut bagian kanan bawah saya aga nyeri sedikit kalau saya tidur menghadap ke kanan.
    Mohon bantuan informasinya ya dok..
    Terima kasih bnyk..

    Reply
    • Selamat siang. Kondisi wanita satu sama lainnya berbeda. Di antara mereka ada yang darahnya berhenti dalam selang waktu satu pekan pasca persalinan. Di antara mereka ada yang terhenti darahnya dalam selang waktu 25 hari. Bisa jadi di antara mereka ada yang terhenti darah nifasnya setelah 40 hari atau 60 hari. Jika setelah masa nifas Anda melakukan hubungan intim dan mengeluarkan darah seperti menstruasi, maka darah tersebut bisa jadi darah sisa yang belum sempat keluar saat masa nifas. Namun, jika bunda merasakan gejala lain seperti rasa nyeri pada perut kanan bagian bawah sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk mengetahui penyebabnya. Konsultasikan juga pada dokter, kapan waktu yang tepat melakukan hubungan intim setelah melahirkan. Terima kasih.

  5. Dok…sy mo tax sy bru melhrkn 3bln yg llu akhr2 ini kl sy berhubungan badan dgn suami it besok kluar flek2 tp bskx lg dh tp kl sy HB lg kluar flek lg…kr2 it knp y dok???tlng diblz dok

    Reply
    • Selamat pagi. Proses melahirkan melibatkan perubahan hormonal dalam tubuh wanita, hal ini menyebabkan organ intim wanita lebih kering dalam tiga bulan pertama masa nifas, sehingga kalaupun memaksakan diri melakukan hubungan intim, proses penetrasi akan lebih sulit. Keluarnya flek mungkin juga terjadi karena kurangnya lendir pada organ kewanitaan menyebabkan hubungan seksual menjadi nyeri dan dapat terjadi perdarahan. Namun, untuk lebih jelasnya sebaiknya konsultasikan pada dokter.

  6. Trima kasih ats infonya dokter…saya mau tanya lg saya ini punya riwayat turun berok.. Trus saya mlhirkan scra caesar..otomatis perut saya gak bisa diurut..nah kalo hbis operasi kapan sich dok.saya bisa dipijat perutnya

    Reply
    • Selamat pagi bunda. Sebelum melakukan pijatan atau aktivitas lainnya pasca operasi sebaiknya bunda konsultasikan terlebih dahulu pada dokter yang menangani bunda. Karena, bunda masih dalam masa penyembuhan yang membutuhkan perawatan dibawah pengawasan dokter. Usahakan untuk tidak melakukan pijatan yang dapat beresiko bagi kesehatan bunda. Terima kasih.

  7. Dokter…saya 6bulan yg lalu oprasi caesar perasaan saya diperut bgian bwah itu kaya ada yg berdenyut kebwah..apakah itu turun berok.

    Reply
    • Selamat pagi bunda. Untuk mengetahui apa yang terjadi pada bunda setelah operasi caesar seperti perut bagian bawah yang berdenyut sebaiknya konsultasikan pada dokter yang menangani bunda sewaktu melakukan operasi caesar. Karena mungkin saja keluhan tersebut adalah hal wajar yang disebabkan oleh bekas sayatan. Lakukan perawatan pasca operasi caesar dibawah pengawasan dokter. Terima kasih.

  8. Bu saya baru melahirkan anak prtma 40 hari yg lalu, 1 minggu setelah melahirkan darah sudah bersih selanjut nya kaya lendir gtu bnyak yg bilang itu darah putih. Stelah lewat 40 hari saya kmbali keluar flek darah bu. Pertanyaan nya itu darah haid apa memang nifas saya blm bersih atau ada kenapa2 yg terjadi ?!
    Saya khawatir . Mohon jawaban nya..
    Thnkz

    Reply
    • Selamat pagi bunda. Batasan minimal lamanya nifas tidak ada batasannya. Masing-masing ibu akan berbeda-beda, ada yang belum genap 40 hari sudah bersih namun ada juga yang baru bersih setelah 60 hari. Namun, jika bunda merasa khawatir dengan keluarnya flek setelah 40 hari melahirkan tersebut, silahkan periksakan pada dokter yang menangani bunda sebelumnya. Terima kasih.

  9. dok aqu mw tanya saya baru saja melahirkan 2bulan yg lalu dan saya berhubngn intim dengan suami tidak memakai alat kontrasepsi tetapi ngeluarin.a diluar dan saya mengeluarkan flek kecoklatan apakah itu saya haid dan bisa hamil atau ga ???
    Mohon jawaban.a dok bales.a ke email ajh
    makasihhh :)

    Reply

Leave a Comment