Bayi & Anak, Kesehatan

Resiko Makanan Manis Bagi Perkembangan Anak

Perkembangan anak resiko makanan manis bagi anakadalah hal penting yang sangat diperhatikan oleh setiap orang tua, karena anak yang tumbuh sehat dan cerdas selalu menjadi dambaan setiap orang. Namun untuk mendapatkan semuanya itu tentunya tidak gampang. Ada beberapa macam aturan yang harus diterapkan kepada anak mulai sejak anak usia dini.

Salah satu hal penting yang perlu kita perhatikan dan awasi adalah berbagai bentuk dan jenis makanan yang dikonsumsi oleh anak sehari-hari. Masa anak-anak merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan anak dimana segala bentuk gizi dan nutrisinya harus orang tua penuhi dengan maksimal.

Makanan Manis Bagi Perkembangan Anak

Makanan manis adalah salah satu jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan baik bagi anak-anak, dewasa maupun orang tua, karena makanan manis bisa menimbulkan resiko bagi kesehatan dan perkembangan anak. Oleh sebab itulah anak-anak membutuhkan pengawasan yang benar-benar ekstra dari orang tua. Berikut ini adalah beberapa resiko makanan manis bagi perkembangan anak yang perlu kita ketahui.

1. Makanan manis menyebabkan kerusakan gigi

Anak-anak yang suka mengkonsumsi makanan manis seperti permen, es dan lain sebagainya perlu mendapatkan perhatian. Karena, makanan manis yang banyak mengandung gula bisa menyebabkan gangguan pada mulut terutama kerusakan gigi.

2. Makanan manis menyebabkan obesitas

Makanan manis yang banyak mengandung gula adalah faktor terbesar yang menyebabkan anak mengalami kelebihan berat badan. Hal itu disebabkan karena banyaknya timbunan lemak yang berasal dari makanan manis atau gula tidak terpakai dalam tubuh.

3. Makanan manis menyebabkan kebutuhan gizi anak buruk

Makanan yang mengandung gula memang bisa memberikan energi berupa kalori dalam jumlah tertentu, namun gula mempunyai nilai gizi yang rendah sehingga jika dikonsumsi terlalu banyak akan berpengaruh terhadap perkembangan anak.

4. Meningkatkan resiko diabetes sejak usia dini

Mengkonsumsi makanan manis berlebihan sejak anak usia dini sangat meningkatkan resiko terkena diabetes pada masa remaja karena kadar insulin dalam tubuh akan meningkat sedangkan tubuh tidak bisa menetralisir kadar gula yang ada di dalam tubuh.

5. Meningkatkan resiko serangan jantung

Mengkonsumsi makanan manis berlebihan sejak anak usia dini bisa meningkatkan resiko terkena serangan jantung. Hal itu disebabkan karena makanan manis bisa mempengaruhi kadar kolesterol.

6. Mendorong pertumbuhan sel kanker

Mengkonsumsi makanan manis berlebihan sejak anak usia dini akan cepat mengidap penyakit kanker. Hal ini dikarenakan makanan manis yang mengundang gula bisa membuat sel kanker berkembang dengan cepat.

Demikian informasi mengenai resiko mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan sejak anak usia dini bagi perkembangan anak. Semoga bisa bermanfaat dan menjadikan orang tua lebih berhati-hati dalam memberikan gizi anak.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://gaguj.wap.sh/permen_small.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Sendok Boon Squirt Perlengkapan Bayi yang Simple

Sendok Boon Squirt Perlengkapan Bayi yang Simple

Sendok boon squirt adalaha pelengkap bayi yang berberbentuk botol sekaligus sendok yang di gunakan bunda ....
Bedong Bayi Instan Dita, Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Bedong Bayi Instan Dita, Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Bedong instan Dita adalah salah satu bedong bayi yang pemakaiannya sangat mudah. Pertama buka bedong, ....