Ramuan Untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan Pada Anak-Anak

Ramuan Untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan Pada Anak-AnakAnak-anak sering mengalami masalah pencernaan seperti sakit perut, maag, diare, sembelit, cacingan dll. Untuk mengatasi masalah-masalah pencernaan anak-anak tersebut kita bisa membikin ramuan sendiri, lebih alami dan bebas dari bahan kimia berbahaya. Ramuan ini terbuat dari bahan-bahan alami dan mudah didapat disekitar kita juga mudah cara pembuatannya.Berikut ini ramuan untuk mengatasi gangguan pencernaan pada anak-anak:

1.Ramuan sakit perut
Bahan:
– 3/4 sdm Gula pasir
– 3 tetes minyak kayu putih
Cara pembuatan:
Gula dan minyak kayu putih dicampur menjadi satu, kemudian di minum. akan lebih baik jika diminum disertai minum 1 gelas teh manis.
Dosis Pemakaian:
– Anak Usia 3-5 th : 1/2 sdm
– Anak Usia 5 th : 1 sdm

2. Larutan Gula-Garam
Bahan :
– 1 sdm Gula pasir
– 1/2 sdt garam
– 1 gelas air masak atau air teh
Cara pembuatan:
Campurkan semua bahan menjadi satu dan aduk sampai benar-benar larut
Cara pemakaian:
1 gelas larutan gula garam harus diminumkan setiap kali anak mencret

3. Rebusan Daun jambu Biji
Bahan :
– 10 lbr daun jambu biji ( nomor 4 dari pucuk)
– 1 jari rimpang kunyit
– 1 jari rimpang lempuyang
– 3 gelas air
Cara pembuatan:
Semua bahan di cuci dan diiris-iris tipis kemudian direbus sampai airnya tinggal 2 gelas, saring dan hasilnya diminum
Dosis Pemakaian:
– Bayi 2-6 bln : sehari 4 x 1 sdt
– Bayi 7-11 bln : Sehari 4 x 1 sdm
– Anak usia 1-3 th : Sehari 4 x 2 sdm
– Anak usia 4-6 th : Sehari 4 x 3 sdm
– anak usia 7-12 th : Sehari 4 x 6 sdm

4. Ramuan untuk Sembelit
Bahan :
– 1 jari rimpang temu lawajk
– 1 gelas air
– 5 sdm madu murni
Cara pembuatan:
Temu lawak diiris-iris, direbus hingga airnya tinggal 1/2 gelas. Air rebusan didinginkan, kemudian disaring memakai kain bersih. Air hasil saringan dicampur dengan madu.
Dosis pemakaian:
– Anak usia 5-7 th : Sehari 2 x 2 sdm
– Anak usia 8-10 th : Sehari 2 x 5 sdm
– Anak usia 11-13 th : Sehari 2 x 10 sdm
Catatan: Anak balita yang sering mengalami sembelit, sebaiknya serring di beri buah-buahan terutama pepaya.

5. Ramuan Obat maag
Bahan:
– 5 jari rimpang kencur
– 3 lembar daun jinten
– 5 biji ketumbar
– 2 gelas air
Cara pembuatan :
Semua bahan di cuci bersih. kencur dikupas dan diiris tipis. Selanjutnya, semua bahan direbus hingga diperoleh 1 gelas ramuan. Air rebusan di saring
Dosis pemakaian:
– Anak usia 5-7 th : Sehari 3 x 1/4 gelas
– Anak usia 8-10 th : Sehari 3 x 1/3 gelas
– Anak usia 11-13 th : Sehari 3 x 1/2 gelas

6. Ramuan Obat Cacing Kremi
Bahan:
– 5 potong wortel sepanjang 10 cm
– 10 sdm santan kental
– 6 sdm air masak
Cara pembuatan;
Wortel dikupas, di cuci bersih, lalu di parut. Wortel hasil parutan di tambah air masak, kemudian diperas dan diambil 8 sdm. Hasilnya dicampur dengan santan, diaduk secara merata. Ramuan diminum pada pagi hari sebelum makan.
Dosis pemakaian:
– Anak usia 2-3 th : Sehari 1 x 5 sdm
– Anak usia 4-6 th : Sehari 1 x 8 sdm

Sumber: Buku ” Mengatasi Penyakit Pada Anak dengan Ramuan Tradisional” Oleh dr. Lestari Handayani, M.Med (PH) & Dra. Herti Maryani

Sumber Gambar : http://www.espaciokot.com/blog/uploads/intestinal_party.png

21 Comments

  1. putra saya saat ini telah berusia 12th, sejak umur 2 tahun suka tahan BAB sehari dua hari seiring dengan umurnya maka saat ini pun bisa bertahan hingga sebulan, dia sih enjoi aja kitanya yang merasa tersiksa jangankan sebulan 2 minggu saja tinjanya sudah mengeras sehingga selalu dibantu obat dari mulut maupun dimasukkan kedubur, ketergantungan obat ini membuat kami khawatir. ketika mulai BAB yang kami istilahkan Harbeknas-nya (hari berak nasional) itu bisa berlangsung 2 atau 3 hari dan sehari bisa puluhan kali ke WC, adakah pembaca yang Budiman ini dapat berbagi pengetahuan pada kami? mohon bantuannya, kami sangat harapkan mengatasi masalah kami. terima kasih -haryadi

    • mungkin bisa dilakukan dengan langkah2 brkt bu:
      – perbanyak makan buah dan sayur
      – kurangi susu 0encerkan susunya
      – ajak anak 1-2 hari u kekamar mandi BAB
      – mencoba memberi pengertian baik dengan buku, video tentang apa yg terjadi pada pencernaan dan akibatnya jika racun2 kotoran yg tertahan akan terserap kembl ke dalam tubuh dan akan mengakibatkan sakit. spt kanker dll 9perlihatkan epadanya aneka jenis peristiwa penyakit kanker dan ambar2 penderita yg sangat menakutkan)

  2. Tradisional bgt nih, daripada minum obat2an bagus bgt nih buat jaga2.. siip.. thanks infonyaaa…

  3. wah, paling umum tuh bagian sembelit.. oke saya catet ah, lumayan ramuan herbal semoga bermanfaat!

  4. biasanya resep2 herbal gini lebih ampuh nih dari pada obt2an dokter udah lebih murah dan dari bahan2 alami jd kita ga usah worried..

  5. iya bun bisa jadi begitu, karena pengalaman anakku juga begitu, begitu aku ganti susunya langsung ga ada mslh sm sembelitnya..tp dicoba aja dulu ramuannya syp tau ampuh untuk mengatasi sembelit si kecil yahh???

  6. pass bgd tuh ada ramuan untuk sembelit, ga tau kenapa anakku tuh suka sembelit pdhal kalau dari mknannya udh cukup bergizi, dan berserat..apa mungkin dari susunya yah??

  7. resep ramuan dari leluhur ya bun?? aku juga pernah dikasih sama buyut aku tp sayangnya ga sengaja kebuang..tapi seneng juga nih karena nemuin resep ramuan baru, kelihatannya ampuh bgd ya bun..hrs dicoba nih kpn2..

  8. ini beneran yahhberhasil gitu bunda??? layak d coba yahhh dan sepertinya ga bahaya .. soalnya daro herbalkan… ada bunda yg udh pernah coba???

  9. artikelnya bgs nihh nambah pengetahuan .. hehhehe resep alami yahh ga pake bahan bahan kimia ya bunda boleh d coba nihhh

  10. wah artikelyang menarik juga tp mnr saya kl anak suka mengalami ganguan pencernaan karena faktor makanan juga

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.