Ramuan Untuk Mengatasi Batuk Khusus Balita

Kita yang masih memiliki anak balita sering kali merasa kerepotan jika anak kita mulai sakit batuk. Anak jadi rewel dan tidak bisa ditinggal, juga tidak mau bermain. Tetapi untuk memberi obat-obatan yang dijual bebas diluar kita kadang-kadang takut akan efek bahan kimia yang terkandung dalam obat.

Untuk itu untuk mengatasi masalah batuk kita bisa membuatkan ramuan sendiri dari bahan-bahan alami yang ada disekitar kita. Ada tiga ramuan obat batuk yang bisa kita bikin sendiri dirumah. Ramuan obat batuk 1- 3, berfungsi sebagai pengencer dahak ( ekspektoran) sehingga dapat memudahkan keluarnya dahak dan meringankan gejala batuk. Khusus ramuan obat batuk ke 3 dapat mengurangi rasa serak di tenggorokan yang menyertai gejala selesma. Selama sakit sebaiknya penderita tidak makan gorengan, minum es, dan makan yang manis seperti permen, coklat dan lain-lain.

1. Ramuan Obat Batuk  1

Bahan :
– 1 1/2 sdm air jeruk nipis
– 4 sdm madu murni
– 5 sdm air masak yang dingin
Cara pembuatan:
Semua bahan dicampur jadi satu dan diaduk secara merata, kemudian dikukus.
Dosis Pemakaian :
– Bayi usia 1-6 bln : Sehari 4 x 1/2 sdt
– Bayi usia 7-11 bln : Sehari 4 x 1 sdt
– Anak usia 1-2 th : Sehari 4 x 1 sdm
– Anak usia 2-5 th : Sehari 4 x 1 1/2 sdm

2. Ramuan Obat Batuk 2

Bahan:
– 1 genggam bunga belimbing wuluh segar
– 1 siung bawang merah
– 1/4 bagian buah pala
– 1 sdm gula batu
– 1/2 gelas air

Cara Pembuatan :
Bawang merah diiris menjadi 4 bagian. Buah pala dipukul menjadi bagian yang kecil-kecil. semua bahan dicampur, dimasukkan ke dalam mangkok kecil, ditutup, kemudian dikukus selama 1 jam. Air rebusan disaring, air saringan ini yang di minum.

Cara Pemakaian :
– Bayi usia 7-11 bln : Sehari 4 x 1 sdt
– Anak usia 1-2 th : Sehari 4 x 1 sdm
– Anak usia 3-5 th : Sehari 4 x 1 1/2 sdm

3. Ramuan Obat batuk 3

Bahan ;
– 3 jari kencur
– garam sedikit
– 3/4 cangkir air matang

Cara Pembuatan :
Kencur dikupas, dicuci bersih, kemudian diparut. Parutnya dialasi daun pisang atau plastik supaya kencur tidak menempel diparutan dan mudah diambil. Setelah itu, ditambahkan air matang dan garam, lalu disaring memakai kain bersih atau saringan teh.

Cara pemakaian :
– Bayi usia 7-11 bln : Sehari 4 x 1 sdt
– Anak usia 1-2 th : Sehari 4 x 1 sdm
– Anak usia 3-5 th : Sehari 4 x 1 1/2 sdm

Sumber: Buku ” Mengatasi Penyakit Pada Anak dengan Ramuan Tradisional” Oleh dr. Lestari Handayani, M.Med (PH) & Dra. Herti Maryani

Sumber Gambar : http://www.hemocord.com.br/magazine/uploads/2014/06/shutterstock_109784702.jpg

49 thoughts on “Ramuan Untuk Mengatasi Batuk Khusus Balita”

  1. Salam kenal bu , anak saya umur 19 bulan udah 1 minggu ini , batuk pilek nya , nggak sembuh2 udah aku obat in tp ttp aja nggak ada perubahan , mohon solusinya ya bu , terima kasih ,

    Reply
  2. Anak saya berusia 6 bulan mengalami batuk kering, apakah bisa diobati pake cara alami dan apakah boleh blm 1th minum madu.trimakasih

    Reply
  3. Ass…
    Anak saya umur 3 bln dia batuk jga pilek, akibat batuk itu suara nya pn jadi serak,, kalo saya kasih baby cough bleh tdak ya..
    Trimah kasih

    Reply
  4. sore dok
    aku mau tanya anak ku usia 6 bulan dia batuk serta ada dahak nya
    gimana cara nya dok untuk mengeluarkan dahak
    aku sudah bawa ke dokter belum sembuh sembuh juga
    saya sudah binggung harus gimana lagi semua cara sudah aku lakukan
    dokter sudah berkali kali belum sembuh juga
    trims sebelum nya dok

    Reply
    • selamat siang,
      bunda vina, untuk membantu meringankan batuk baby apakah ramuan diatas sudah pernah dicoba?bila memang belum sembuh juga mintalah untuk tes flek paru2 atau tes alergi biasanya di suntikkan dan mintalah untuk di rongten untuk mengetahui apakah ada masalah dengan paru-parunya.
      demikian informasi yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat terimakasih

  5. Slam knal dok saya pnxa anak umur 16 blan tiap malem dia itu rwel gara” batuk nya saya smpai kshan dok tiap mlem dia rwel ktna btuk trus kira” obatx pa ya dok biar bisa cpet smbuh batuk nya?

    Reply
    • selamat pagi,
      untuk anak balita yang suka rewel karena batuk coba cara tradisional bun,setiap 2 jam balurkan dada dan punggung dengan parutan bawang merah+ minyak telon tetapi jangan terlalu banyak bawang merahnya dan setiap pojokan kamar berikan irisan bawang merah yang harus diganti setiap 3 hari sekali atau sampai terlihat sudah layu diganti, rebuskan air mendidih taruh di wadah gelas tuangkan beberapa tetes minyak telon,ganti lah setiap air tersebut sudah dingin.dengan cara tradisional ini semoga bisa meringankan batuknya dan lakukan sampai sembuh
      demikian informasi yang bisa kami berikan semoga bermanfaat terimakasih

  6. ANak saya tidak batuk tp serak suara nya ,dia juga sering nangis usia anak saya 8 bulan ,sebaiknya untuk ngilangi serak nya pake apa iya dok,,mohon di kasih solusinya
    Trimakasih ,,,,

    Reply
    • selamat siang bunda mia,bisa pakai kapsul gurah asyifa bund, untuk informasi dan pemesanan bisa menghubungi 0813.2887.3888, terimakasih

    • Selamat pagi bunda. Batuk berdahak memang bukan penyakit yang berbahaya, akan tetapi penyakit batuk berdahak pada anak juga tidak dapat diremehkan karena cukup mengganggu kesehatan anak. Hal itu berkaitan dengan masih rendahnya sistem kekebalan tubuh pada anak sehingga rawan terjadi komplikasi. Berikut ini adalah informasi mengenai obat tradisional untuk batuk berdahak pada anak. Bunda bisa terapkan pada buah hatinya yang sedang mengalami batuk berdahak, namun berikan sesuai dengan dosis yang telah ditentukan. Jika batuk tidak kunjung sembuh juga, sebaiknya periksakan anak ke dokter untuk mendapatkan perawatan secara tepat. Semoga lekas sembuh.

  7. Slamat pagi Mba..
    Mba, anak saya umur 2 thn 10 bln mengalami batuk, pilek & demam trus skrg seperti sesek nafasnya, apakah itu karna dahak yang susah keluar atau ada gejala penyakit lain ya Mba? Terima kasoh banyak sebelumnya mba.

    Reply
    • Selamat pagi bunda. Batuk adalah mekanisme pertahanan tubuh dimana refleks batuk bisa membantu mengeluarkan suatu benda yang ada dalam saluran nafas dengan cepat. Namun, pada beberapa anak terkadang batuk bisa menyebabkan sesak napas karena saluran pernapasan terhalang oleh dahak yang susah keluar. Untuk mengatasinya sebaiknya bunda membawa buah hatinya ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan agar dapat diketahui penyebab batuk, pilek, demam dan sesak napas sehingga buah hati bunda akan mendapatkan pengobatan secara tepat. Terima kasih.

Leave a Comment