Ramuan Untuk Mengatasi Batuk Khusus Balita

Kita yang masih memiliki anak balita sering kali merasa kerepotan jika anak kita mulai sakit batuk. Anak jadi rewel dan tidak bisa ditinggal, juga tidak mau bermain. Tetapi untuk memberi obat-obatan yang dijual bebas diluar kita kadang-kadang takut akan efek bahan kimia yang terkandung dalam obat.

Untuk itu untuk mengatasi masalah batuk kita bisa membuatkan ramuan sendiri dari bahan-bahan alami yang ada disekitar kita. Ada tiga ramuan obat batuk yang bisa kita bikin sendiri dirumah. Ramuan obat batuk 1- 3, berfungsi sebagai pengencer dahak ( ekspektoran) sehingga dapat memudahkan keluarnya dahak dan meringankan gejala batuk. Khusus ramuan obat batuk ke 3 dapat mengurangi rasa serak di tenggorokan yang menyertai gejala selesma. Selama sakit sebaiknya penderita tidak makan gorengan, minum es, dan makan yang manis seperti permen, coklat dan lain-lain.

1. Ramuan Obat Batuk  1

Bahan :
– 1 1/2 sdm air jeruk nipis
– 4 sdm madu murni
– 5 sdm air masak yang dingin
Cara pembuatan:
Semua bahan dicampur jadi satu dan diaduk secara merata, kemudian dikukus.
Dosis Pemakaian :
– Bayi usia 1-6 bln : Sehari 4 x 1/2 sdt
– Bayi usia 7-11 bln : Sehari 4 x 1 sdt
– Anak usia 1-2 th : Sehari 4 x 1 sdm
– Anak usia 2-5 th : Sehari 4 x 1 1/2 sdm

2. Ramuan Obat Batuk 2

Bahan:
– 1 genggam bunga belimbing wuluh segar
– 1 siung bawang merah
– 1/4 bagian buah pala
– 1 sdm gula batu
– 1/2 gelas air

Cara Pembuatan :
Bawang merah diiris menjadi 4 bagian. Buah pala dipukul menjadi bagian yang kecil-kecil. semua bahan dicampur, dimasukkan ke dalam mangkok kecil, ditutup, kemudian dikukus selama 1 jam. Air rebusan disaring, air saringan ini yang di minum.

Cara Pemakaian :
– Bayi usia 7-11 bln : Sehari 4 x 1 sdt
– Anak usia 1-2 th : Sehari 4 x 1 sdm
– Anak usia 3-5 th : Sehari 4 x 1 1/2 sdm

3. Ramuan Obat batuk 3

Bahan ;
– 3 jari kencur
– garam sedikit
– 3/4 cangkir air matang

Cara Pembuatan :
Kencur dikupas, dicuci bersih, kemudian diparut. Parutnya dialasi daun pisang atau plastik supaya kencur tidak menempel diparutan dan mudah diambil. Setelah itu, ditambahkan air matang dan garam, lalu disaring memakai kain bersih atau saringan teh.

Cara pemakaian :
– Bayi usia 7-11 bln : Sehari 4 x 1 sdt
– Anak usia 1-2 th : Sehari 4 x 1 sdm
– Anak usia 3-5 th : Sehari 4 x 1 1/2 sdm

Sumber: Buku ” Mengatasi Penyakit Pada Anak dengan Ramuan Tradisional” Oleh dr. Lestari Handayani, M.Med (PH) & Dra. Herti Maryani

Sumber Gambar : http://www.hemocord.com.br/magazine/uploads/2014/06/shutterstock_109784702.jpg

49 thoughts on “Ramuan Untuk Mengatasi Batuk Khusus Balita”

  1. Asss,,,ibu anak sy umur 6 blan sring skili btuk&plek bgaimana ibu cra mngatasix,ramuan\obat apa yg ccok buat anak sy ini,pdahal sdah ke dokter anak tdak knjung smbuh btuk pilekx,terimah kasih ibu,mhon pnjelasanx.terimah kasih.iggos bima ntb.

    Reply
    • Waalaikumsalam bunda. Anak usia 6 bulan sering mengalami batuk dan pilek mengingat sistem kekebalan balita belum optimal. Batuk pilek yang sering terjadi tersebut umumnya disebabkan karena alergi. Penyebab alergi yang menimbulkan batuk bisa dikarenakan lingkungan seperti debu, asap, suhu ruangan dan bulu binatang. Untuk lebih jelasnya bunda bisa membaca mengatasi batuk anak yang tidak kunjung sembuh atau bisa membawa balita Anda ke dokter anak lainnya sebagai perbandingan. Terima kasih.

  2. Selamat siang,,anak saya umur 4bulan ,skarang batuk berdahak .gimana cara mengatasinya supaya batuknya hilang?kasian anak saya,stiap batuk mau muntahin dahaknya gak bisa ,gak mau keluar dahaknya.

    Reply
    • Selamat Siang Bunda. Bayi memang masih sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit tanpa terkecuali batuk berdahak. Untuk mengencerkan atau mengeluarkan dahak pada bayi yang mengganggu saluran pernapasan dan juga tenggorokan, bunda bisa melakukan beberapa cara diantaranya : menjemur bayi pada pagi hari kurang lebih 10 menit, memberikan ASI yang cukup atau memberikan air putih hangat, mengoleskan minyak kayu putih ke bagian puggung dan juga dadanya serta bisa juga menyedot dahak dengan bantuan alat khusus. Jika cara-cara tersebut belum berhasil maka bunda bisa mengkonsultasikannya pada dokter anak. Terima kasih.

  3. Bu bagaimana cara agar batuk berdahak anak saya disertai setiap batuk keluar muntah hilang. Anak saya berumur 3 bulan. Demikian

    Reply
    • Selamat pagi Bunda Putri.
      Pada anak dengan gejala batuk, dalam paru-paru akan memproduksi lendir yang berlebih. Lendir itu kemudian akan masuk kedalam saluran cerna dan bisa dikeluarkan melalui muntah maupun terbuang melalui BAB. Untuk lebih jelasnya silahkan membaca mengatasi batuk disertai muntah pada anak.

  4. anak saya umur 2,5 th kalau habis minum susu formula langsung batuk,gmn cara mengatasi anak spy tdk alergi susu formula dan hrs diganti susu formula apa ya?

    Reply
    • Selamat pagi.
      Respon batuk pada anak yang terjadi setelah minum susu formula bisa jadi dikarenakan oleh alergi susu formula, mungkin juga karena ketidakcocokan terhadap kandungan pada susu formula tersebut. Untuk informasi lebih jelasnya silahkan baca mengatasi alergi susu formula pada anak.

    • Selamat sore bunda dian.
      Batuk adalah mekanisme pertahanan tubuh dimana refleks batuk bisa membantu mengeluarkan suatu benda yang ada dalam saluran nafas dengan cepat. Jika anak mengalami batuk yang tidak sembuh-sembuh, ada kemungkinan anak mengalami alergi. Untuk lebih jelasnya bunda dapat membaca mengatasi batuk anak yang tidak kunjung sembuh. Terima kasih

  5. maaf,mau tanya..resepnya itu sekali minum atau sisanya boleh diberikan kembali?kalau boleh,disimpan dimana ramuannya?

    Reply
    • @ yuni: cb zaitun, atau habbatussauda oil, atau salep guci mbak. Bisa hub 081328873888 umtuk menanyakan ketrsediaanproduk lebih jauh…

  6. askum …bagaimana cara mengatasi ruam karena asi dengan obat tradisional, tapi anak saya masih 1 bulan uasianya.terima kasih wass..

    Reply
  7. ass.ikum.. saya mau tanya anak saya umur 8 bulann dia sekarang sedang batuk berdahak tp dahak nya susah keluar sehingga dia kalau tdur susah nyenyakk.. bagaimana mengatasinya agar dahak bisa keluarr karena saran dokter tidak boleh di sedot melalui hidungg apa benarr.. terima kasihh

    Reply

Leave a Comment