Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Umur 0-3 Bulan

perkembangan anak usia 0-3 bulan

A. Kemampuan perkembangan yang harus dicapai anak sampai berumur 3 bulan:

  • Gerak Kasar :  Menggerakkan kedua tungkai dan lengan sama mudahnya ketika telentang.
  • Gerak Halus: Memberikan reaksi dengan melihat ke arah sumber cahaya (misalnya dari lampu senter yang digerakkan kekiri dan kekanan).
  • Bicara, Bahasa dan kecerdasan : Mengoceh dan memberikan reaksi terhadap suara
  • Bergaul dan Mandiri: Membalas senyuman

B. Stimulasi Perkembangan Yang Perlu Diberikan:

  • Pengungkapan rasa cinta, kasih sayang dan rasa aman, dengan berbicara lembut, bersenandung, dan lain-lain.
  • Menirukan ocehan, gerakan, dan mimik anak. Anak sering diajak bicara dan mendengarkan berbagai suara, misalnya suara burung, radio, kerincingan, ayam, dan lain-lain.
  • Melatih anak membalikkan badan dari telentang ke telungkup.Ketika telentang, anak dibuat agar memperhatikan benda yang menarik (berwarna menyolok/berbunyi). Benda itu kemudian digerakkan ke sisi badannya. anak akan mengikuti benda itu sambil memiringkan badan. benda digerakkan terus agar anak berlatih membalikkan badanya.
  • Melatih anak mengangkat kepala dan memperhatikan benda bergerak. Gerakkanlah benda yang menarik di hadapan anak, ketika ia telungkup. Angkatlah benda itu keatas, sehinga anak dilatih mengangkat kepalanya ketika memperhatikan benda itu.
  • Melatih anak menggenggam benda. Sentuhlah pensil atau benda yang serupa pada punggung atau ujung jari tangan anak. Anak akan berlatih menggenggam benda itu.
Sumber Gambar : http://2.bp.blogspot.com/_Uc5AdYLBO2A/S8IaqTSg-SI/AAAAAAAAAEw/Dej54_B4hSU/s1600/littlecutebaby_27a_1024x768.jpg

17 thoughts on “Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Umur 0-3 Bulan”

  1. Ank q hri ini pas 3blan umrnya,, skrg udh bsa ngngkat lher nya sndri wlaupun msih oleng2 dkit,,, udah mlai bsa ktwa ngakak, ngoceh apa lgi lw d ajk ngbrol, dah mlai bsa mrngkaibkta 2 hruf, sprti kata bu, mi, ma , lw d tngkurapkan kpla Blum bsa btul ngngkatnya,,tdur pulas bner klau mlam,, siang bnyak maen d bndingkan tdur,,,,

    Reply
  2. Anak saya 2 bulan bersuaranya eh doank dan tdrnya pules bgt dari pagi ampe magrib,paling nangis minta susu 2 sampe 3 kali, penglihatannya terkadang fokus terkadang enggak, dia enggak merespon klo kita senym, paling sering sih senyum2 sendiri, apa kah normal?

    Reply

Leave a Comment