Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Umur 3 – 4 Tahun

Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Umur 3 - 4 TahunA. Kemampuan perkembangan yang harus dicapai anak sesaat sebelum berumur 4 tahun.

1. Gerak kasar :   Berjalan jinjit
2. Gerak halus :   Meniru membuat gambar lingkaran.
3. Bicara, bahasa, dan kecerdasan:    Mengenal dan menyebutkan paling sedikit 1 warna.
4. Bergaul dan mandiri :  Mematuhi peraturan sederhana dalam permainan.
B. Stimulasi perkembangan yang perlu diberikan :

1. Melatih anak berjalan mengikuti garis lurus.
Latihlah anak berjalan mengikuti garis lurus, misalnya sepanjang garis pada lantai. tunjukkan bagaimana menggunakan kedua tangan untuk menjaga keseimbangan.

2. Membantu anak belajar melompat dengan satu kaki.
Ajarilah anak melompat dengan satu kaki seperti pada waktu main engklek. Mula-mula anak perlu dipegang tangannnya. Lama-kelamaan biarkan ia melakukannya sendiri.

3. Membantu anak belajar melempar benda kecil ke atas.
Ambillah benda kecil yang ringan, kemudian tunjukkan cara melemparkan benda tersebut ke atas dan cara menjatuhkan benda ke dalam kaleng.

4. Membantu anak belajar menggunting dan membuat buku cerita dengan gambar tempel. Tunjukkan kepada anak cara mengunting gambar dari majalah/koran/buku bekas. Ajarilah anak untuk menyusun dan menempelkan gambar tersebut pada kertas, sehingga membentuk suatu urutan cerita.

5. Melatih anak belajar “menjahit”
Tempelkan sebuah gambar pada karton. Lubangilah karton tersebut dengan sebuah paku disekeliling gambar tersebut. Ambillah tali sepatu/tali rafia yang salah satu ujungnya telah disimpulkan. MAsukkan ujung lainnya ke dalam lubang-lubang tersebut menyerupai gerakan menjahit. MIntalah anak untuk menirukannya.

6. Mintalah anak menggambar dan menulis.

Tunjukkan kepada anak cara membuat garis dan bulatan menjadi gambar rumah, tonggak, matahari, bulan dan sebagainya. Tunjukkan pula cara menulis huruf dan angka, serta menulis namanya. LAtihlah agar ia sedikit demi sedikit dapat menggambar dan menulis.

7. Melatih anak mengenal huruf dan angka
Untuk membantu anak mengenal huruf dan angka, buatlah potongan-potongan karton sebesar kartu. Tuliskan angka 1 – 10 dan huruf A, B, C dan seterusnya pada potongan-potongan karton tersebut satu persatu, dan ajarkan cara menyebutnya. Mintalah kepadanya untuk mencari dan menemukan tulisan yang sama di majalah/koran/buku. latihlah anak, sampai ia mengenal semua huruf dan angka dengan baik.

8.  Melatih anak mengenal bentuk dan warna

Sediakan kertas berwarna, karton, gunting, dan lem. guntinglah kertas berwarna menjadi bentuk, misalnya segitiga, segi empat, lingkaran dan sebagainya. BIcarakanlah dengan anak mengenai perbedaan bentuk dan warna, serta tunjukkan cara membuat gambar tempel. Mintalah anak menempelkan bentuk berwarna tersebut pada karton.

9.  Memberi  kesempatan kepada anak untuk menceritakan tentang dirinya, dan mengetahui urutan cerita.

Buatlah anak agar ia mau menceritakan kejadian yang dialaminya dan apa yang dilihatnya. Bantulah anak dengan lebih dahulu menceritakanya, kemudian mintalah ia melanjutkannya menurut urutanya.

10.  Melatih anak mengenal perbandingan.
Ajarkan kepada anak membandingkan sifat benda, misalnya lebih panjang, lebih pendek, lebih besar, lebih muda, dan sebagainya.

11.Mengajari anak mengenal lawan kata.
Sebutkan beberapa kata yang biasa dipakai dalam percakapan sehari-hari, misanya : panas, panjang, luas, dsb. Mintalah anak menyebutkan lawan katanya.

12. Membantu anak belajar mandi dan mengeringkan tubuhnya.

Ajari anak cara mandi sendiri dengan sabun, membilas tubuh, dan mengeringkan dengan handuk.

13. Mengajak anak mengikuti kegiatan memasak, dan memberi kesempatan untuk bertanya.
Ajaklah anak untuk membantu memasak di dapur. berilah ia pekerjaan yang mudah dan tidak berbahaya, seperti menimbang, mengaduk, membubuhkan gula, dsb. Bicarakanlah apa yang sedang dikerjakan bersama, dan beri kesempatan kepada anak untuk bertanya.

14.Melatih anak untuk bisa mengatasi kesedihan dan kekecewaan.
Bujuklah dan tenangkanlah anak ketika ia menangis atau kecewa dengan cara membelainya dan berbicara kepadanya dengan lembut mengenai apa yang dirasakannya.

15.Membantu anak mengenal sopan santun, berterimakasih, mencium tangan dansebagainya.
Ajarkanlah dan tunjukkanlah kepada anak sikap sopan santun, misalnya menghormati orang yang lebih tua, mengucapkan terimakasih, mencium tangan, berdoa, dan sebagainya.

Sumber Gambar : http://www.bbmundo.com/uploads/2014/10/Aprendiendo_caminar_zapatos.png

27 pemikiran pada “Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Umur 3 – 4 Tahun”

  1. alhamdulillah,anak sy Najmi Ahmad Alwani sdh bisa melaksanakan beberapa point diatas. Saat ini trus sy ajarkan point tersebut…trims bnyk ats info penting ini.

    Balas
  2. gandis ku berumur 3th 5bln, alhamdulillah sebagaian point d atas ananda sudah bisa, namun untuk bersopan santun ananda selalu moody, knp yaa??? dan selalu berkata dengan suara kerass.

    Balas
    • Biasax anak2 suka meniru perbuatan org disekitarnya. Bisa jadi perilakunya itu meniu dr org2 terdekatnya. Kita sbg ortu sll mjd pertama yg mmbr contoh dalam bprilaku. Dann berusaha mngrhkn ktk ada kekeliruan dlm nerprilaku ananda

  3. artikelnya bagus bu, alhamdulillah, kedua anak saya (3th7bln & 6th4bln) sdh menguasai sbagian besar dari yg ibu sampaikan sesuai dg usianya…
    kalo ibu pnya informasi tentang tukem anak 6 tahun ke atas, boleh di share ke saya bu, berhubung anak sulung saya sdh memasuki usia tersebut.
    terima kasihbanyak

    Balas
  4. begitu penting keshatan anak karena anak merupakan generasi penerus kita, sudah sepatutnyalah kita menjaga keshatan anak sedini mungkin

    Balas
  5. Anak sy berumur 4 th 5 bln,masuk Tk A..saat ini sudah bisa mengenal angka,huruf & termsk anak yg cerdas & berani..Tp akhir2 ini tingkah lakunya membingungkan sy, Sblm masuk kelas ,anak sy bermain dulu di tmpt bermain,namun klo sdh mulai masuk kelas, anak sy nangis..maunya bermain & tdk mau masuk kelas. Gimana dong cara penanganannya & apa yg menyebabkan anak sy begitu?

    Balas
  6. informasinya sangat bagus…..dr beberapa saran sudah saya terapkan tapi anak saya blm bisa menghafal warna usia anak saya sekarang 4th terimakasih….

    Balas
    • coba terus jangan menyerah bu Diah. coba terapkan 1 minggu, atau mungkin 2 minggu mengenal 1 jenis warna dulu
      sambil diberikan contoh2 benda yg berwarna merah dan minta anak untuk mengambilkan atau menyebutkan apa saja yang berwarna merah
      setelah faham baru ganti lagi dengan warna lain, dst.

  7. Anak saya sekarang sudah 4 tahun 6 bulan, sudah mulai masuk play group. dia sudah bisa kenal huruf dan angka, trus hafal doa dan lagu pendek. tapi akhir2 ini saya bingung karena dia cuek dan moody sekali. kalo lagi mau dia bisa menyerap apa yang diajarkan, tapi kalo lagi males trus gak bisa ya udah dia cuek aja, gimana dong?

    Balas
  8. Saya mempunyai seorang putri berumur 3,5th..
    Yang sedang saya ajarkan sekarang adalah mengajarkan berminta maaf bila melakukan kesalahan dg orang lain. Yg ingin saya tanyakan adalah “bgmn seorang anak agar bs memahami stlh berminta maaf tidak melakukan hal yang sama”..mohon bantuan nya,terima kasih sblm nya.

    Balas

Tinggalkan komentar