Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Umur 2 – 3 Tahun

Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Umur  2 - 3 Tahun
Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Umur 2 – 3 Tahun


A. Kemampuan perkembangan yang harus dicapaianak sesaat sebelum berumur 3 tahun :

  1. Gerakan kasar : Berdiri dengan satu kaki tanpa berpegangan selama paling sedikit 2 hitungan.
  2. Gerakan halus : Meniru membuat garis lurus
  3. Bicara, bahasa dan kecerdasan : Menyatakan keinginan paling sedikit dengan 2 kata.
  4. Bergaul dan mandiri : Menyatakan keinginan buang air besar dan buang air kecil

B. Stimulasi perkembangan yang perlu diberikan :

1. Melatih anak melompat jauh.
Letakkan kertas ukuran folio di lantai. ajarilah anak untuk melompati kertas tersebut dengan kedua kaki diankat bersamaan. latihlah agar lompatan anak semakin jauh

2. Mengajak anak bermain dengan balok.
Ajaklah anak menyusun dan menumpuk balok mainan untuk membuat rumah-rumahan, jembatan, menara dan lain-lain.

3. Melatih anak memilih dan mengelompokkan benda menurut jenisnya.
Sediakanlah macam-macam benda (misalnya : kancing, uang, logam biji-bijian). tunjukkan kepada anak cara mengelompokkan benda-benda tersebut menurut jenisnya, jelaskan pula sifat, warna, dan bentuknya. Mulailah dengan 2 jenis benda, kemudian tambahkanlah sejenisnya.

4. Melatih anak menghitung jumlah benda.
Ketika melatih anak mengelompokkan benda menurut jenisnya, ajarilah untuk menghitung jumlah setiap jenis benda. buatlah kelompok dengan jumlah satu, dua, tiga, dan seterusnya.

5. Melatih anak mencocokkan gambar benda yang sesungguhnya.
Sediakanlah macam-macam gambar (dapat diambil dari majalah, buku, koran, dan sebagainya). Mintalah anak mencocokkan gambar-gambar tersebut dengan benda-benda disekelilingnya. bicarakan pula bentuk dan sifat enda-benda itu.

6. Melatih anak untuk menyebutkan namanya.
Sebutkan nama anak dengan perlahan-lahan, kemudian mintalah ia mengulanginya.

7. Melatih anak menyebut nama benda dan mengenal sifat/keadaan benda.
Sebutkan nama benda yang ada disekeliling anak. mintalah ia untuk mengambil benda itu sambil menyebutkan nama dan sifat/keadaan benda tersebut. Misalnya: “Mobil-mobilan itu berwarna merah dan terletak dibawah kursi”

8. Melatih anak mencuci tangan dan kaki, serta mengeringkannya sendiri.
Ajarkan kepada anak cara mencuci tangan dan kakinya, serta mengelap bagian yang basah agar menjadi kering.

9. Memberi kesempatan kepada anak untuk berpakaian dan memilih sendiri pakaian yang akan dikenakannya.
Ajarkan kepada anak cara berpakaian sendiri dan usahakanlah agar ia mau memilih sendiri pakaian yang akan dikenakannya.

Sumber Gambar : http://blog.melindacare.com/uploads/2013/08/Perlengkapan-Bayi-Tahapan-Bayi-Berjalan1.gif

26 Komentar

  1. anak saya 2 thn 6 bln,smua kegiatan diatas sdh bisa dia lakukan.tapi saya tidak tahu cara menangani dia klo sdh marah,saya di pukul abis-abisan sama dia.tolong yaaa…

    Balas
    • Bunda Oshin, jika anak memukul ketika marah, merupakan salah satu ciri anak tantrum bun.. Biarkan ia marah dengan tetap diawasi. Ketika merahnya telah selesai, ajak bicara dan beri pengertian bun.
      Sekedar sharing,
      Smg membantu.
      Syali Sari, M.Psi., Psikolog

  2. anakku tgl 5 kmrn berumur 2 thn.alhamdulilah semua yg diatas dia bsa memahami dan dri umur 1 thn tdk prnh pipis/bab dicelana psti selalu ditoilet,walau kdng lg sya ajak jalan n dia pake pampes jg tetep ngmng mau pipis n mnta ke toilet. Cma dia kalau ada papa dirmh manjanya minta ampun

    Balas
  3. Putriku bulan ini pas tgl 5juli 2thn 1bln.susah banget klo disuruh BAK ke kamar mandi,apalagi klo udah BAB selalu sembunyi dibelakang kursi atau ditempat sepi.gimana sih caranya biar putriku bisa bilang pipis atau BAB sendiri?udah 2minggu tanpa dipakein diapers

    Balas
    • @richard ; u melatih pot training memang beda2 tiap anak. Ada yg cepat ada yg mudah. Dan tdk jrg. Membthkan waktu yg ckp lama. Bs smp 1-2bln. Dg proses tg cp berat uinggu2 Pertama dg bbgi masalahnya. Hanya perlu waktu sji bu u mulai membiasakan dia kl dia pipis ke belakang. Ada wkt2 yg kita bs membiasakan ananda ke km mis kok bangun n mkn tidur. Peluk dan cium dia lalu ajak ke kamar mandi n buka pakaian dalamnya danny katakan pipis yuk..letakkan dia di toilet. Kita jg sdh b mengajarkannya doa keluar masuk krm mandi. Sgt jg kl akan tidur.lkkn. Tiap hari anak akan terbiasa. Jgn kaget kl prosesnya bs smpi berbulan2. Dan jangan menyerah

  4. Anak saya umur 2th 9bl,kosakata banyak tapi masih cadel belom paham warna tapi bisa berhitung sampai 10 dan mengelompokkan sesuai warna/bentuk. Yang paling sering membuat frustasi orang dewasa disekitarnya adalah tidak mau bilang kalau mau BAK tapi dengan ditatur teratur jadi tidak mengompol tapi tetap saja kalau tidak ditatur akan kebobolan, yang lebih sulit lagi soal BAB sama sekali tidak mau bilang padahal sudah sampai lengket di celana, bagaimana ya ini?

    Balas
  5. anak saya umur 2thn 1bln , hampir semua kegiatan diatas pernah dilakukakannya, hanya aja ada yang belum terlalu terlatih yaitu : menyatakan buang air kecil ke kamar mandi. dia selalu bilang saat sudah terjadi pipis baru bilang. Yang saya mau tanyakan bagaimana cara untuk melatih anak saya bisa ke kamar mandi dan pipis sendiri ? Apa yang harus saya lakukan.

    Balas
  6. mba.. Anakku juga mengalami hal keterlambatan berbicara, usianya 2tahun 2bulankalau saya mengajari perlahan2 dia malah marah dan lari. Saya ajak bersosialisasi dengan teman2nya dia malah asik main sendiri,diajak main sama2 dia tetap cuek,,bahasanya msh ga jelas,kosakatanya sedikit,itupun kdang mengucap ujungnya saja.. tapi dia ngerti kalau disuruh yg msh sederhana,,saya tidak melihat tanda2 ‘aneh’,hanya itu saja yg mmbuat cemas,,ayahnya menegur saya karna anak belum bisa bicara jg,padahal sampai berbusa tiap hari saya ajak berbicara,. Tolong ksh masukan, dr ibu2 lain jg ndak apa2 deh..hehe,trims

    Balas
  7. anak saya umur 16 bulan. Aktif sekali tapi belum bisa bicara walaupun cuma bilang ayah atau ibu. Bisanya ngomong yang tdk jelas. Kalau diajak bercanda bisa tertawa atau menanggapi. Tapi kalau dipanggil namanya kadang cuek atau misal disuruh atau diarahkan seperti acuh. Kadang kepikiran apakah autis? tapi kok masih bisa berinteraksi. Nonton film dan mujsik yg disenangi juga bisa tertawa. ditakut takuti juga kadang takut juga. Kira2 normal tidak anak saya? Batas usia berapa anak harus bisa bicara?

    Balas
  8. Jagoan sy bln ini sdh 2 thn tp sampe skr susah skl mengajarkan dia menyikat gigi n skr gigix kuning n sdh banyak yg rusak pdhal umurx br 2 thn.

    Balas

Tinggalkan komentar