Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Umur 2 – 3 Tahun

Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Umur  2 - 3 Tahun
Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Umur 2 – 3 Tahun


A. Kemampuan perkembangan yang harus dicapaianak sesaat sebelum berumur 3 tahun :

  1. Gerakan kasar : Berdiri dengan satu kaki tanpa berpegangan selama paling sedikit 2 hitungan.
  2. Gerakan halus : Meniru membuat garis lurus
  3. Bicara, bahasa dan kecerdasan : Menyatakan keinginan paling sedikit dengan 2 kata.
  4. Bergaul dan mandiri : Menyatakan keinginan buang air besar dan buang air kecil

B. Stimulasi perkembangan yang perlu diberikan :

1. Melatih anak melompat jauh.
Letakkan kertas ukuran folio di lantai. ajarilah anak untuk melompati kertas tersebut dengan kedua kaki diankat bersamaan. latihlah agar lompatan anak semakin jauh

2. Mengajak anak bermain dengan balok.
Ajaklah anak menyusun dan menumpuk balok mainan untuk membuat rumah-rumahan, jembatan, menara dan lain-lain.

3. Melatih anak memilih dan mengelompokkan benda menurut jenisnya.
Sediakanlah macam-macam benda (misalnya : kancing, uang, logam biji-bijian). tunjukkan kepada anak cara mengelompokkan benda-benda tersebut menurut jenisnya, jelaskan pula sifat, warna, dan bentuknya. Mulailah dengan 2 jenis benda, kemudian tambahkanlah sejenisnya.

4. Melatih anak menghitung jumlah benda.
Ketika melatih anak mengelompokkan benda menurut jenisnya, ajarilah untuk menghitung jumlah setiap jenis benda. buatlah kelompok dengan jumlah satu, dua, tiga, dan seterusnya.

5. Melatih anak mencocokkan gambar benda yang sesungguhnya.
Sediakanlah macam-macam gambar (dapat diambil dari majalah, buku, koran, dan sebagainya). Mintalah anak mencocokkan gambar-gambar tersebut dengan benda-benda disekelilingnya. bicarakan pula bentuk dan sifat enda-benda itu.

6. Melatih anak untuk menyebutkan namanya.
Sebutkan nama anak dengan perlahan-lahan, kemudian mintalah ia mengulanginya.

7. Melatih anak menyebut nama benda dan mengenal sifat/keadaan benda.
Sebutkan nama benda yang ada disekeliling anak. mintalah ia untuk mengambil benda itu sambil menyebutkan nama dan sifat/keadaan benda tersebut. Misalnya: “Mobil-mobilan itu berwarna merah dan terletak dibawah kursi”

8. Melatih anak mencuci tangan dan kaki, serta mengeringkannya sendiri.
Ajarkan kepada anak cara mencuci tangan dan kakinya, serta mengelap bagian yang basah agar menjadi kering.

9. Memberi kesempatan kepada anak untuk berpakaian dan memilih sendiri pakaian yang akan dikenakannya.
Ajarkan kepada anak cara berpakaian sendiri dan usahakanlah agar ia mau memilih sendiri pakaian yang akan dikenakannya.

Sumber Gambar : http://blog.melindacare.com/uploads/2013/08/Perlengkapan-Bayi-Tahapan-Bayi-Berjalan1.gif

26 Comments

  1. anak saya umur 2thn 2bln , hampir semua kegiatan diatas pernah dilakukakannya, hanya aja 1 yang belum terlalu terlatih yaitu : menyatakan buang air kecil ke kamar mandi. dia selalu bilang saat sudah terjadi pipis baru bilang. hehe (lucu tapi ngeselin). yang saya mau tanyakan bagaimana cara untuk melatih anak saya bisa ke kamar mandi dan pipis sendiri ? dan anehnya setaip kali ke kamar mandi pipis dia tidak mau keluar dari sana? apa yang harus saya lakukan.

  2. anakku usianya 2,9 tahun tapi belum bisa mengenal warna, padahal sudah sering dikenalkan warna2, gimana cara mengatasinya?

  3. @mbak yetti..saya bantu sharing ya..anak saya juga tadinya begitu..umur 2 tahun, tapi bicara belum jelas walau kosakatanya sudah banyak…saya sempat berencana mendaftarkan dia di kelas terapi wicara..tapi saya kok jadi merasa tertantang untuk bisa ngajarin dia bicara sendiri tanpa bantuan terapis..sblmnya saya sudah niat kalau dalam waktu 2 bulan ga ada perubahan saya nyerah utk anak saya di terapi..hal pertama yang saya lakuin kenali kenapa anak saya jadi lambat bicara..yup, saya temukan penyebabnya itupun via internet..anak saya kurang bersosialisasi dia lebih banyak nonton televisi di banding bermain dengan sepupunya…mulai saya kurangi jam nontonnya(ada banyak penyebab lainnya tp ga bs dijelasin disini ntar kepanjangan)..kedua stimulasi yang tepat…saya ajarkan anak saya mengenali benda2 di sekitarnya…saat menyebutkan dengan bahasa yang lantang dan jelas…kalau dia mau minta sesuatu kita sebutkan apa yang dia mau misal: dia menunjukan bahwa dia haus dan kita katakan ‘jihan mau minum’ lagi2 dengan suara yang jelas dan gerakan bibir di tunjukan ke dia..ajak juga dia untuk melihat2 buku2 bergambar dan sebutkan benda2 yang ada di dalamnya…alhamdulillah dengan stimulasi sederhana ini…anak saya sudah mulai lancar bicara…selamat mencoba mbak

  4. anak saya umur 2 tahun 2 bulan, perkembangan yang ditulis diatas hampir yang terjadi pada anak saya, tetapi bagaimana cara menghadapi anak bila dia salah, dia melimpakan kesalahan pada orang lain, misal kakaknya.

  5. sore….. anak saya berumur 23 bln, sangat bersyukur karena bicaranya sudah jelas dan sudah bisa menceritakan kembali apa yg dia alami… tp satu yg membuat saya bingung bagaimana cara memberitahu anak yang cepat marah dan mudah untuk memukul.. sedangkan dia mempunyai ASMA.. terima kasih

  6. anak sy bln ini bereumur 2thn, tp baru bbrp kata y bs d ucapkan, apakah y terganggu, apakah ada kelainan? terimaksih

  7. gimana y supaya anak ga ngompol terus??anak saya udah 2 tahun lebih, tapi dia masih sering ngompol kalo malam..saya liat temen2e ga ada tu yang ngompol kalo malam..

  8. minta info untuk menanggulangi anak yang tidak “bersahabat” dengan sepupunya punya perbedaan usia 7bln…

    • anak saya sabtu 29 April 2017 genap 2 tahun,. Puji Tuhan semua kegiatan di atas sudah dialami. Namun saya binggung kenapa dia ketika habis mandi, terus buang air kecil / besar susah sekali dikasi celana dan baju. Minta Tips nya dong…,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.