Persiapan Nutrisi Sebelum Masa Kehamilan

nutrisi ibu hamil

Kehamilan merupakan suatu masa yang sangat dinantikan oleh setiap kaum wanita terutama yang baru menikah. Membutuhkan sebuah persiapan yang matang sejak jauh-jauh hari, sehingga proses kehamilan dapat berjalan baik dan berakhir dengan persalinan secara normal serta disusul oleh hadirnya seorang buah hati yang sehat tanpa kurang suatu apapun.

Ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum merencanakan program kehamilan yaitu dari faktor nutrisi dan juga kebugaran. Banyak orang yang menganggap bahwa pemenuhan nutrisi yang baik harus dilakukan sejak awal masa kehamilan. Padahal anggapan seperti itu kurang tepat, pemenuhan nutrisi sebaiknya dipersiapkan oleh wanita sebelum kehamilan.

Persiapan Menjelang Kehamilan

Persiapan nutrisi sebelum kehamilan sangatlah penting dilakukan demi menunjang kesehatan ibu hamil dan menyiapkan rahim yang akan digunakan untuk mengandung janin. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan agar kondisi ibu benar-benar siap memulai masa kehamilan.

Asam Folat

Asam folat adalah salah satu jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan pada masa kehamilan karena berguna untuk membantu perkembangan janin serta dapat mencegah terjadinya cacat pada janin. Asam folat bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan seperti telur, kacang-kacangan, sayuran hijau dan buah-buahan. Untuk mempersiapkan kehamilan dibutuhkan asupan asam folat sebesar 400 mikrogram untuk setiap harinya. Selain bermanfaat untuk mencegah bayi lahir cacat, karena itulah asupan asam folat yang mencukupi sebelum masa kehamilan sangat berguna untuk bisa membantu dalam proses metabolisme pada proses pembuahan.

Zat Besi

Persiapan nutrisi untuk masa kehamilan lainnya adalah mencukupi kebutuhan asupan zat besi. Sumber makanan yang mengandung zat besi sangat dibutuhkan oleh para ibu hamil untuk mencegah terjadinya anemia. Kekurangan zat besi ketika masa kehamilan akan menyebabkan kelelahan dan berakibat buruk bagi kondisi kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Oleh sebab itu, bagi Anda yang sedang menantikan kehamilan, alangkah baiknya jika Anda menjaga asupan makanan yang banyak mengandung zat besi.

Asupan Makanan Dengan Gizi Seimbang

Dalam mempersiapkan kehamilan, maka penting bagi Anda untuk memperhatikan asupan makanan serta menjaga pola makan sehat. Persiapan tersebut diantaranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang seperti makanan dengan kandungan zat besi, vitamin, kalsium, asam folat dan juga protein. Biasakan untuk mengkonsumsi sayuran, buah-buahan dan susu yang rendah lemak. Kemudian hindari mengkonsumsi makanan tidak bergizi seperti camilan keripik.

Menjaga Berat Badan

Berat badan yang ideal akan sangat membantu Anda agar lebih siap menjalani masa kehamilan. Mempunyai berat badan ideal dapat membantu Anda agar terjauh dari berbagai macam gangguan atau penyakit selama masa kehamilan yang dapat membahayakan kesehatan serta perkembangan janin. Untuk bisa memperoleh berat badan ideal untuk mempersiapkan kehamilan, Anda dapat mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang dan diimbangi dengan olahraga.

Menjauhi Gaya Hidup Tidak Sehat

Untuk memperoleh tubuh yang sehat demi kehamilan seperti yang diinginkan maka sebaiknya Anda menjauhi gaya hidup tidak sehat seperti mengkonsumsi minuman beralkohol, kafein dan merokok. Karena semuanya itu dapat mengganggu kesuburan Anda dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan pada masa kehamilan.

Semoga informasi diatas bisa menambah ilmu pengetahuan Anda sebelum kehamilan. Salam sehat selalu.

PENTING UNTUK ANDA

Sumber gambar : http://www.katalogibu.com/uploads/2014/03/gizi-ibu-hamil-1.jpg

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Pada awal masa kehamilan, seorang ibu hamil membutuhkan nutrisi yang seimbang untuk melengkapi dan membantu ....
Rp 55.000 Beli
Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....
Rp 70.000 Beli
Kurma Muda Kering Untuk Mengatasi Kemandulan, Menyuburkan Kandungan

Kurma Muda Kering Untuk Mengatasi Kemandulan, Menyuburkan Kandungan

Kurma muda kering adalah buah kurma yang di keringkan InsyaAllah Biidznillah bermanfaat untuk mengobati kemandulan, ....
Rp 85.000 Beli

Komentar