Tumbuh Kembang Anak

Perkembangan Otak Anak

Share Yuk!
perkembangan otak anak

perkembangan otak anak

Perkembangan kecerdasan kreatif dan perilaku anak sangat tergantung kualitas dan fungsi otak. Zat-zat nutrisi memiliki peranan penting untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak

Otak bayi mulai terbentuk 17 hari setelah pembuahan. Berbagai nutrisi berperan pada pembentukan dan perkembangan otak janin. Misalnya folat di awal pembentukan tabung otak dan sum-sum tulang belakang. Gangliosida termasuk nutrisi yang terlihat berperan sejak awal perkembangan sel-sel otak.
Gangliosida terdapat di area abu-abu otak dalam jumlah yang tinggi, dibanding pada bagian tubuh lainnya. Gangliosida terdapat di bagian otak yang berperan untuk membentuk daya ingat dan meningkatkan fungsi kognitif. Gangliosida berperan penting dalam mengatur pematangan sel syaraf. Gangliosida juga berperan dalam proses myelinisasi dan dalam menjaga integritas akson dan myelin.

Sementara folat, menurunkan risiko terjadinya NTD pada janin. Berbagai bukti telah menunjukan menurunnya risiko NTD dengan pemberian folat sejak sebelum masa kehamilan. Sebuah studi besar di Cina, menunjukan pemberian sebanyak 400 mcg setiap harinya atau 680 mcg/hari DFE, efektif untuk menurunkan risiko terrjadinya NTD.

Studi mengenai transfer gangliosida melalui plasenta manusia menunjukkan bahwa gangliosida dapat ditransfer melalui plasenta manusia.

Gangliosida pun terlihat sudah berperan sejak awal proses migrasi sel-sel otak. Model plasenta yang diteliti oleh Prof. Murray Mitchell dkk, menunjukkan bahwa Gangliosida dari kompartemen maternal ke kompartemen janin secara signifikan dapat ditransfer dalam waktu 1 jam.

Gangliosida terkonsentrasi pada otak dan berperan penting pada perkembangan daya ingat, sel syaraf, dan pembentukan sinapsis. Tingginya konsentrasi gangliosida dalam ASI pada masa menyusui dan otak bayi yang diberi ASI, menyimpulkan bahwa gangliosida berperan pada perkembangan bayi, dan asupannya dapat meningkatkan nilai gangliosida pada jaringan tubuh.

BACA JUGA:  4 Kunci Perkembangan Otak Anak

perempuan.com

Sumber Gambar : http://logopedie-sdk.be/uploads/2013/08/Neurogene-stoornissen-Logopedie.gif

Share Yuk!