Keluarga, Tumbuh Kembang Anak

Perilaku Yang Bisa Digunakan Untuk Melatih Kemandirian Anak

kemandirian anakJika Anda ingin memilki anak yang mandiri, harus Anda lakukan sejak dini. Anda bisa mulai dari hal-hal yang terkecil yang tentunya disesuaikan dengan tingkat usia anak, karena kemandirian anak memang berbeda-beda tergantung tingkat usianya.

Anak-anak yang kurang mandiri dan manja, adalah anak-anak yang tidak mengembangkan otonominya. Anda perlu tahu bahwa pada satu tahap perkembangan anak, mereka mempunyai sebuah tahap dimana mereka ingin otonomi lebih besar. Ini dimulai ketika mereka berusia 2 atau 3 tahun. Dia ingin melakukan sesuatu saat itu. Tetapi biasanya kita orang tua terkadang terlalu melindungi anak.

Kita harus melatih anak dan memberikan kesempatan pada mereka seluas-luasnya untuk mengembangkan diri dengan mengerjakan banyak hal kecil-kecil yang sangat berguna bagi perkembangan karakternya.

Pastikan Anda memberikan suatu kesempatan pada anak Anda untuk melakukan apa-apa yang dia telah mampu lakukan. Itulah kunci untuk membantu seorang anak memiliki karakter mandiri, percaya diri dan mampu mengerjakan segala sesuatu dengan tanggung jawab penuh.

Berikut ini adalah perilaku yang bisa digunakan untuk melatih kemandirian anak :

1. Mintalah merapikan kamar tidur sendiri

Anda bisa meminta anak Anda untuk merapikan kamar tidurnya sendiri sekurang-kurangnya 10 menit setiap pagi. Ajarkan pada anak untuk melipat selimut dengan baik, demikian pula bantal dan guling. Buku dan alat tulis di meja ditata rapi.

2. Mempersiapkan diri sebelum ke sekolah

Ajarkan pada anak untuk menyediakan perlengkapan sekolahnya sendiri seperti memasukkan buku-buku pelajarannya atau baju gantinya. Hal ini bisa Anda lakukan setiap malam sebelum anak beranjak tidur, agar anak tidak kalang kabut pada pagi harinya.

3. Meletakkan barang/mainan pada tempatnya

Anda bisa mengajari anak Anda disiplin mulai dari sekarang, salah satunya bisa dengan cara mengajari anak meletakkan barang/mainannya pada tempatnya. Anda bisa meletakkan rak barang-barang di sudut kamar tidur, ruang tamu dan dapur supaya anak tidak kesulitan meletakkan barang miliknya. Dengan cara seperti itu, anak mudah mengambil kembali barang itu bila diperlukan.

4. Menyiapkan makanan di meja makan

Ketika anda menyiapkan makanan di meja makan, mintalah anak ikut membantu. Pastikan barang-barang yang dipegang anak tidak mudah pecah. Sehabis makan, mintalah anak membawa piring ke tempat cuci piring sekaligus mencucinya sendiri.

5. Mintalah meletakkan pakaian kotor pada tempatnya

Mintalah anak memasukkan pakaian kotor pada tempatnya. Ingatkan, bila sembarangan meletakkan pakaian kotor, pakaiannya tidak akan dicuci. Sediakan tempat pakaian kotor, dan pastikan anak memasukkan pakaian kotor setiap hari.

6. Ajari ambil makan sendiri

Dalam masa tumbuh kembangnya, anak-anak memang suka makan. Hal tersebut memang baik untuk anak Anda, sehingga Anda sebagai orangtua jangan lupa untuk selalu menyiapkan makanan serta camilan buat anak. Dan yang paling penting, ajarkan anak untuk mengambil makanan mereka sendiri.

7. Bersih bersih bersama di hari libur

Pada hari minggu atau saat liburan sekolah, Anda bisa mengajari anak Anda untuk bersih-bersih seluruh rumah bersama anggota keluarga yang lain. Anda bisa memilih pekerjaan ringan dan cocok sesuai usianya.

Sumber gambar : http://4.bp.blogspot.com/_7984-F9wvPs/TS5vxwrqeXI/AAAAAAAAAAw/73KyfF7I92s/s1600/jp3.jpg