Kesehatan

Pentingnya Detoksifikasi Bagi Tubuh

detok tubuhDetoksifikasi adalah proses pengeluaran racun atau zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh. Organ vital yang menjadi target dalam program pembersihan racun yang efektif adalah usus besar (pengeluaran) dan liver (detoksifikasi). Pembersihan dan detoksifikasi meningkatkan proses alamiah pengeluaran toksin dari dalam tubuh kita.

Hampir semua penyakit degeneratif dapat dihubungkan dengan kondisi keracunan dalam saluran usus. Hal ini terjadi karena setiap jaringan dalam tubuh mendapatkan makanan dari darah, dan darah mendapatkannya dari usus. Setiap zat yang masuk ke dalam tubuh kita akan terserap ke dalam darah melalui dinding-dinding usus. Artinya, toksin yang berada dalam usus juga akan ikut beredar bersama aliran darah sampai ke sel-sel di seluruh tubuh kita. Toksin-toksin inilah yang menyumbangkan terjadinya berbagai kondisi penyakit kronis, akut, dan degeneratif serta menurunnya tingkat energi dan penuaan dini.

Mengapa perlu detoksifikasi?

sel darahSalah satu penyebab terbesar terjadinya keracunan pada usus adalah kebiasaan mengkonsumsi makanan yang dimasak atau diproses secara berlebihan. Artinya makanan tersebut karena terlalu lama dalam proses penyajiannya, enzim dan berbagai kanduan nutrisi yang ada didalamnya menjadi berkurang. Selain itu salah satu penyebab terbesar terjadinya keracunan pada usus yaitu kebiasaan mengkonsumsi makanan pembentuk asam, protein (hewani), pati, dan lemak. Terlalu banyak konsumsi makanan pembentuk asam mengakibatkan tubuh mengalami asidosis, yakni kondisi keasaman darah dan jaringan tubuh yang berlebihan.

Asidosis dapat menimbulkan peradangan pada berbagai jaringan dalam tubuh, menyebabkan butir-butir darah melekat satu sama lain, atau terbentuknya jejaring serabut-serabut halus (fibrin) dalam darah. Jejaring serabut-serabut ini yang memberi kesan seolah-olah darah menjadi pekat. Serabut-serabut ini mengakibatkan peredaran sel-sel darah terganggu, sehingga pasokan zat makan dan oksigen ke sel-sel jaringan tubuh lainnya terhambat.

BACA JUGA:  Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Tidak semua orang mengalami dan merasakan detoksifikasi, karena setiap orang mempunyai metabolisme yang berbeda, maka tanda yang muncul dalam proses detoksifikasi setiap orang juga berbeda. Perbedaan ini sangat tergantung pada banyaknya racun dalam tubuh dan kepekaan (derajat sensitifitas) tubuh pada perubahan. Orang yang memiliki tubuh yang sehat tentu saja proses detoksifikasi tidak akan begitu terasa tidak seperti orang yang keadaannya tidak sehat, detoksifikasi akan menimbulkan beberapa gejala tertentu pada tubuh mereka.

Gejala Detoksifikasi

  • Pusing
  • Mual
  • Gejala Flu
  • Sembelit
  • Mulas
  • Diare
  • Gatal-gatal

Detoksifikasi perlu untuk:

  1. Mencegah penyakit
  2. Mengistirahatkan anggota tubuh
  3. Membersihkan bagian dalam tubuh
  4. Membersihkan jerawat
  5. Memperlambat proses penuaan
  6. Meningkatkan fleksibilitas tubuh
  7. Meningkatkan fertilitas (kesuburan)

Banyak manfaat yang didapatkan tubuh dari proses detoksifikasi yang bisa diperoleh dari makanan dan obat-obatan. Setelah detoksifikasi, kita akan merasa lebih kreatif, semangat, produktif, rileks, dan nyaman.

Sumber gambar :
1. https://aws-dist.brta.in/2013-04/1c9b3066dd6212e9951cc318932771b5.jpg
2. http://sukabaca.com/uploads/2013/01/wpid-99081475.jpg