Pendidikan Terpenting Tidak Hanya Di Sekolah

pendidikan-terpenting-tidak-hanya-di-sekolahPendidikan memang penting bagi anak, apalagi jika sang anak sudah memasuki usia sekolah. Namun pendidikan terpenting bukanlah yang di sekolah. Meskipun anak banyak menghabiskan waktu di sekolah namun hal tersebut bukan berarti anda sebagai orang tua lepas tangan tentang pendidikan anak di luar jam sekolah. Karena anak berada di sekolah hanya 6-8 jam saja, Sisanya adalah anak habiskan di rumah. Oleh karena itu pendidikan di dalam keluarga merupakan hal yang penting juga.

Porsi utama dalam pendidikan adalah tugas orang tua di rumah. Di rumah lah tempat orangtua memberikan teladan pada anak, budi pekerti, agama, menghormati orang yang lebih tua dan mencintai sesama makhluk hidup.  Pendidikan semacam itu diberikan sejak anak bangun tidur hingga bangun tidur lagi. Bekal pendidikan yang kuat di rumah dapat menjadi tameng bagi anak untuk menghadapi lingkungan pergaulan yang “buas” dan bebas.

Orangtua zaman sekarang banyak yang sibuk bekerja. Kedua orang tua sibuk bekerja, jadi mereka jarang memberikan pendidikan atau pengarahan kepada anak mereka. Akhirnya sang anak tidak mendapat didikan serta panutan dari kedua orang tuanya. Alih – alih ingin belajar dari temannya malah terjebak pada pergaulan yang bebas.

Sebaiknya sang ibu mengalah dan mendidik anak dirumah, selain itu mencari nafkah adalah kewajiban suami. Keutamaan seorang wanita adalah dirumah mengurus rumah tangganya. Berikan pendidikan pada anak tentang agama, ajak sang anak sholat berjamaah, mengaji dan bisa juga mengajak sang anak untuk lebih mencintai lingkungan.

Pendidikan anak di rumah sangatlah penting, karena keluarga lah yang membentuk karakter sang anak. Akan jadi apa kelak anak tersebut di masa mendatang. Jika pendidikan di keluarga dan lingkungan sekitar yang kurang mendukung maka bisa jadi hal tersebut memiliki dampak buruk terhadap perkembangan anak.

 

 

Leave a Comment