Pemberian Obat Penurun Panas Pada Anak-Anak

Seringkali ibu-ibu khususnya ibu-ibu muda merasa bingung dan mengalami kesulitan saat memberikan obat penurun panas pada anaknya. Karena hal ini sering terjadi pada anak-anak balita. Lalu, berapa dosis tepat yang harus diberikan pada anak?

Pemberian obat pada anak lebih tepat disesuaikan dengan berat badan anak dibandingkan dengan melihat usia anak. Mengapa? Karena bisa jadi anak yang berusia 3 tahun yang satu dengan yang lain memiliki berat badan yang berbeda. Mungkin si A tepat memiliki berat badan sesuai dengan umurnya namun si B bisa saja lebih berat di bandingkan dengan umurnya.pemberian obat anak

Obat penurun panas yang baik untuk anak adalah parasetamol atau nama lainnya adalah asetaminofen. Pemberian parasetamol ini adalah 10 mili gram per kilogram berat badan. Sebagai contohnya, anak mempunyai berat badan 12 kilogram maka anak diberikan 1 sendok obat (sendok biasa terdapat dalam kemasan obat)  yang berisi 5 mili liter atau 120 mili gram, sehingga anak yang memiliki berat badan 12 kilogram itu diberikan 5 mili liter atau satu sendok obat. Jika anak beratnya 6 kilogram maka diberikan setengan sendok obat saja.

Saat ini memang banyak iklan yang memberikan informasi mengenai obat penurun panas anak dengan kandungan selain parasetamol. Akan tetapi, obat penurun panas yang terbaik untuk anak saat ini adalah parasetamol.

Kemudian, saat ini juga telah tersedia bentuk takaran yang lebih mudah, yaitu dalam bentuk drop dimana dalam bentuk ini 1 mili liter berisi 100 mili gram parasetamol sehingga pada 1 mili liter tepat digunakan pada anak yang memiliki berat badan 10 kilogram. Jika anak memiliki berat 14 kilogram maka diberikan 1,4 mili liter untuk bentuk drop.

Jadi, penting sekali bunda ketahui bahwa pemberian obat khususnya parasetamol pada anak lebih tepat disesuaikan dengan berat badan dibandingkan dengan usia anak. Demikianlah tips mengenai pemberian obat penurun panas pada anak-anak yang tepat. Semoga dapat bermanfaat bagi para bunda dimanapun berada.

Profil Konsultan :

dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

sumber gambar : http://images.sodahead.com/polls/0/0/0/6/7/4/7/8/5/polls_cough_medicine_babies_0921_992384_poll.jpeg

1 Komentar

  1. assalamualaikum wr.wb
    alkhamdulilah saya mendapatkan pengetahuan tentang obat penurun panas.karena kemarin anak saya panasnya 38.tp sekarang sudah sembuh.terima kasih atas info kesehatan bagi anak.

Komentar