Meronce Geometri

Meronce GeometriSudahkah Anda mengenalkan bentuk-bentuk geometri pada si kecil? Segi tiga, lingkaran, segi empat, dan kawan-kawannya? Biasanya, pelajaran ini dikenalkan saat anak-anak duduk di TK. Itu pun bentuk yang paling sederhana, yaitu lingkaran, segi tiga dan segi empat.
Anda bisa memperkenalkannya lebih dini dan lebih banyak bentuk jika Anda mau. Dengan permainan atau keterampilan tentunya.
Anda bisa menunjukkan dengan gambar, namun akan lebih menarik jika Anda membantunya untuk membentuknya sendiri.


Ada satu cara yang cukup menarik untuk anak-anak, yakni dengan teknik meronce. Selain memiliki nilai seni, meronce juga bisa digunakan untuk melatih kemampuan motorik halus dan kasarnya, juga sekaligus memperkenalkan warna-warna.

Bahan-bahan :
– Kertas warna-warni
– Lem
– Benang wool
– Gunting
– Sedotan
Petunjuk :
1. Potonglah kertas warna menjadi bentuk-bentuk geometri berpasangan/setangkup. Pilihkan warna-warna yang berbeda. Misalnya, lingkaran dengan warna merah, segitiga dengan warna biru, dst.
2. Potong-potong sedotan menjadi ukuran kecil kira-kira 2cm.
3. Ambil benang, lalu tangkupkan kertas warna dengan bentuk geometri tadi di ujung benang. Rekatkan dengan lem. Masukkan potongan-potongan sedotan.
4. Selang-seling dengan kertas dan sedotan.
5. Jadilah roncean geometri Anda dan si kecil. Anda bisa menjadikannya sebagai hiasan di jendela kamarnya, atau di gantung di langit-langit kamarnya.

Sumber Gambar : http://www.nusaadv.com/imgupl/983_meronce%2025%20copy.jpg

3 Komentar

Komentar