Kesehatan

Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Kacang-Kacangan

Share Yuk!

kacang-kacangan bagi kesehatan jantungJenis kacang-kacangan sangat bervariasi dan tidak asing lagi bagi masyarakat dan pastinya juga dengan mudah bisa dijumpai. Penting bagi kita untuk mengetahuinya bahwa kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik bagi kesehatan tubuh. Tubuh manusia membutuhkan asupan protein setiap harinya, jadi tidak ada salahnya untuk kita mengkonsumsi kacang-kacangan secara teratur namun jangan terlalu berlebihan.

Kacang-Kacangan Untuk Kesehatan Jantung

Kacang-kacangan dapat menurunkan LDL (low density lipoprotein) atau disebut juga dengan kolesterol buruk di dalam darah. Kadar LDL yang tinggi di dalam tubuh adalah salah satu penyebab utama dari penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi kacang-kacangan kita bisa mengurangi resiko terjadinya pembekuan darah yang disebabkan oleh serangan jantung. Selain itu kacang-kacangan juga membantu meningkatkan kesehatan dinding arteri.

Meskipun jenis kacang-kacangan bervariasi namun pada dasarnya kacang-kacangan mengandung setidaknya 6 nutrisi baik bagi kesehatan jantung, yaitu :

1. Lemak Tak Jenuh

Kandungan lemak tak jenuh yang terdapat dalam kacang-kacangan, baik lemak tak jenuh tunggal atau tak jenuh ganda semuanya dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

2. Asam Lemak Omega 3

Kacang-kacangan juga banyak mengandung asam lemak omega 3, dimana omega 3 merupakan asam lemak sehat yang bisa mencegah irama jantung tidak teratur yang bisa menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung.

Asam lemak omega 3 juga bisa ditemukan dalam berbagai macam jenis ikan. Meskipun demikian, kacang-kacangan adalah salah satu sumber nabati terbaik.

3. Serat

Hampir semua jenis kacang-kacangan banyak mengandung serat yang bisa membantu menurunkan kolesterol didalam tubuh. Serat juga dapat membuat Anda merasa kenyang sehingga pormi makan Anda dapat sedikit berkurang. Selain itu, serat juga dipercaya berperan baik untuk mencegah munculnya penyakit diabetes.

BACA JUGA:  4 Alergi Bayi

4. Vitamin E

Vitamin E bisa membantu tubuh dalam menghentikan pembentukan plak dalam pembuluh arteri. Timbunan plak di arteri biosa menyebabkan rasa nyeri di bagian dada, penyakit arteri koroner maupun serangan jantung.

5. Plant Sterol

Beberapa jenis kacang-kacangan mengandung plant sterol, yaitu suatu zat yang bisa membantu tubuh dalam menurunkan kolesterol. Plant sterol sering ditambahkan ke dalam berbagai jenis produk seperti jus jeruk dan margarin.

6. L-arginine

Kacang-kacangan juga banyak mengandung L-arginine yaitu suatu zat yang bisa membantu tubuh dalam meningkatkan kesehatan dinding arteri. Caranya, dengan membuat dinding arteri menjadi lebih elastis sehingga tidak rentan terhadap terjadinya penggumpalan darah.

Semoga informasi tersebut bisa memberikan banyak manfaat dan membantu kita dalam menjaga kesehatan jantung.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://loca.vn/thumb.php?src=http://loca.vn/uploads/2014/09/lac.jpg&w=620&h=400&zc=1
Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Frutablend, Menjaga Daya Tahan Tubuh Dan Kesehatan Jantung

Frutablend, Menjaga Daya Tahan Tubuh Dan Kesehatan Jantung

Deskripsi Produk : Frutablend adalah kapsul herbal yang diracik dari 22 macam jenis sayuran dan ....