Mengenal Pola BAB Pada Bayi

pola BAB bayiBayi baru lahir hingga bulan-bulan awal kelahirannya, mempunyai pola BAB yang berbeda dengan anak atau orang dewasa. Jika bayi BAB lebih dari sekali setiap hari atau bahkan tidak BAB seharian penuh, jangan langsung khawatir. Pola buang air besar pada bayi memang masih berubah-ubah. Lalu bagaimana mengetahui pola buang air besar pada bayi yang masih tergolong normal?

Umumnya Pola Buang Air Besar pada bayi tergantung dari usianya. Untuk bayi yang baru lahir, normalnya ia akan buang air besar sampai sebanyak 4 kali setiap hari. Hal ini akan berlangsung sampai ia berusia 7 hari. Jika bayi masih dalam periode ASI eksklusif, artinya belum memperoleh asupan selain ASI, maka masih tergolong normal jika ia tidak BAB hingga 1 minggu. Bahkan terkadang setelah 1 minggu pun fesesnya sama sekali tidak keras. Hal ini disebabkan oleh ASI yang masih sangat mudah dicerna oleh tubuh bayi yang berarti sebagian besar ASI diserap dengan baik oleh tubuhnya.

Bayi BAB setiap selesai meminum susu adalah hal yang biasa pada bayi yang baru lahir dan menyusu ASI.  Apabila bayi buang air besar hampir setiap kali dia menyusu selama beberapa minggu pertama, hal ini pertanda baik  berarti dia mendapatkan susu yang cukup banyak.

Kebiasaan BAB ini akan berkurang saat bayi berusia antara 3 dan 6 minggu, tetapi pada beberapa bayi pola BAB setiap setelah minum susu akan terus berlanjut. Tidak perlu terlalu khawatir jika melihat bayi yang sepertinya berjuang keras, bahkan terkadang sampai memerah ketika sedang BAB, padahal terkadang fesesnya encer dan tidak keras. Si kecil masih belajar, bahkan melakukan BAB pun adalah hal yang baru baginya. Jadi, reaksi-reaksi seperti ini masih tergolong normal.

Perlu diperhatikan bahwa tidak setiap anak memiliki pola yang persis sama. Namun perlu diwaspadai jika bayi atau anak tidak BAB hingga 2 minggu atau lebih, karena mungkin mengalami sembelit.

Kapan saatnya menghubungi dokter? Jika bayi mengalami kondisi seperti berikut ini, maka segera konsultasi ke dokter:

1. Feses/kotoran yang keras
2. Demam
3. Terdapat darah pada kotorannya
4. Berat badannya sulit naik
5. Gagal BAB untuk pertama kalinya dalam 24 jam setelah kelahiran

MENARIK UNTUK DILIHAT :

[wpsc_products product_id=’28341′]

[wpsc_products product_id=’28345′]

[wpsc_products product_id=’28354′]

sumber gambar : http://3.bp.blogspot.com/-9Emq6wRoVzk/UgomJVS2okI/AAAAAAAAAAs/guTOh6QQGHo/s1600/arti-warna-feses-pada-bayi.jpg

89 thoughts on “Mengenal Pola BAB Pada Bayi”

  1. asalamualijum dok,saya mau tanya dok anak saya umur 4 bln minumnya asi saja tetapi ini sudah 2 minggu belum pup ,tetapi anak saya tidak rewel,dan badannya baik2 saja dok,bagaimana ya dok?sudah saya minum kan obat dari dokter spesialis anak juga tetapi belum mau pup juga lalu bagaimana ya dok baiknya ?terimakasih

    Reply
  2. Dok saya mau tanya anak saya umur 5bulan ini bab kok ada kaya serat hitam gitu yaa bahaya gak dok ?? Anak saya konsumsi asi juga sufor tp banyak ASI-nya cuman buat nyambung kalo ditinggal pergi. Paling sehari habis 2 botol yang 60 ml an itu?? Itu kenapa yaa dok? Apa itu darah ? :(

    Reply
  3. Selamat pagi dok
    nama saya bunda siska
    anak saya yang no 2 sekarang usianya 4 bulan 22 hari tepat pada hari ini
    Anak saya jarang BAB
    BAB nya tidak tentu
    terkadang 4 hari sekali, terkadang 1 minggu sekali
    apakah itu dikatakan normal dok

    Reply
  4. Dok, anak saya berusia 16bulan. Dia minum asi juga formula. Tapi masih sering formulanya. Setiap dia habiskan kurang lebih 140ml dia langsung BAB dan itu diulang terus menerus jika dia selesai minum sufor. Apakah normal atau bagaimana dok?

    Reply
  5. Pondok ibu keren, saya belum gabung baru baca coment2 yg ada, sya udah dpt jawaban.setiap pertanyaan bunda2 di jawab smua sm pondok ibu. Sukses slalu pondok ibu

    Reply
  6. dear admin…
    Mau tanya, anak saya umur 8 bulam, kebiasaan BAB kok 3 – 4 hari sekali, kadang klo mau BAB kyk sembelit sambil nangis, apakah itu wajar dan bahayakah?minumny susu formula dan makanan nasi bubur, sayur.trima kasih

    Reply
  7. ass. dok mau tanya , anak ku usia ny 6 bln 2 minggu , sdh 3 hri ni bab ny sehari bs 4 x , itu gimana ya dok bahaya tidak , bagaimana penyembuhan nya , terima kasih dok

    Reply
    • walaikumsalam,
      untuk BAB yang diluar kebiasaan baby,mohon bunda lebih cermat dari makanan dan minuman yang dia asup bisa jadi susu yang tidak cocok atau dia memang belum bisa konsumsi makanan yang dia makan sehingga mengakibatkan bab dalam sehari lebih dari kebiasaan. kebersihan lingkungan harus juga di perhatikan karena dari bakteri atau virus pun bisa menyebabkan anak bab berlebihan.
      untuk pengobatan sementara berilah setiap 2 jam olesan minyak telon ke bagian perut,punggung dan kaki, serta jaga kebersihan lingkungan sekitar.
      demikian informasi yang bisa kami sampaikan semoga dapat membantu terimakasih

  8. dokter, anak saya baru usia 6 hari. minuman asi dan juga formula. lebih banyak formula dalam sehari. karena kapasitas asi kurang. dan sering bab 4 sampai 6 x sehari. apakah ini wajar.

    terimakasih

    Reply
    • selamat pagi bun,
      kalau asi kurang,kami sarankan untuk bunda konsumsi banyak makan berserat baik sayuran atau buah dan dicoba trus puting untuk disedot dengan lidah bayi,bagaimanapun asi itu adalah susu terbaik buat baby,bila baby BAB 6x sehari tidak ada berair,berwarna atau berbau asam itu normal saja bun,bila terjadi berarir,berwarna dan berbau asam bisa kemungkinan tidak cocok dengan sufornya.
      semangat bun untuk asi saja, biar daya tahan tubuh baby bisa terbentuk dengan baik
      demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat terimakasih

  9. dok saya mau tanya anak saya usianya 14 bulan dia setial BAB itu 1 hari bisa nyampe 4x trZ BAB nya encer tapi berampas itu tergolong normal tidak dok

    Reply
    • selamat siang
      untuk bab nya berwarna apa ya?setiap harinya seperti itu atau gimana dalam sehari 4x nya?bila sdh berwarna hijau atau hitam bisa jadi infeksi saluran pencernaan atau ada salah dalam konsumsi makan.

Leave a Comment