Bayi & Anak

Mengenal Pola BAB Pada Bayi

Share Yuk!

pola BAB bayiBayi baru lahir hingga bulan-bulan awal kelahirannya, mempunyai pola BAB yang berbeda dengan anak atau orang dewasa. Jika bayi BAB lebih dari sekali setiap hari atau bahkan tidak BAB seharian penuh, jangan langsung khawatir. Pola buang air besar pada bayi memang masih berubah-ubah. Lalu bagaimana mengetahui pola buang air besar pada bayi yang masih tergolong normal?

Umumnya Pola Buang Air Besar pada bayi tergantung dari usianya. Untuk bayi yang baru lahir, normalnya ia akan buang air besar sampai sebanyak 4 kali setiap hari. Hal ini akan berlangsung sampai ia berusia 7 hari. Jika bayi masih dalam periode ASI eksklusif, artinya belum memperoleh asupan selain ASI, maka masih tergolong normal jika ia tidak BAB hingga 1 minggu. Bahkan terkadang setelah 1 minggu pun fesesnya sama sekali tidak keras. Hal ini disebabkan oleh ASI yang masih sangat mudah dicerna oleh tubuh bayi yang berarti sebagian besar ASI diserap dengan baik oleh tubuhnya.

Bayi BAB setiap selesai meminum susu adalah hal yang biasa pada bayi yang baru lahir dan menyusu ASI.  Apabila bayi buang air besar hampir setiap kali dia menyusu selama beberapa minggu pertama, hal ini pertanda baik  berarti dia mendapatkan susu yang cukup banyak.

Kebiasaan BAB ini akan berkurang saat bayi berusia antara 3 dan 6 minggu, tetapi pada beberapa bayi pola BAB setiap setelah minum susu akan terus berlanjut. Tidak perlu terlalu khawatir jika melihat bayi yang sepertinya berjuang keras, bahkan terkadang sampai memerah ketika sedang BAB, padahal terkadang fesesnya encer dan tidak keras. Si kecil masih belajar, bahkan melakukan BAB pun adalah hal yang baru baginya. Jadi, reaksi-reaksi seperti ini masih tergolong normal.

Perlu diperhatikan bahwa tidak setiap anak memiliki pola yang persis sama. Namun perlu diwaspadai jika bayi atau anak tidak BAB hingga 2 minggu atau lebih, karena mungkin mengalami sembelit.

BACA JUGA:  Resiko Melakukan Induksi Saat Persalinan

Kapan saatnya menghubungi dokter? Jika bayi mengalami kondisi seperti berikut ini, maka segera konsultasi ke dokter:

1. Feses/kotoran yang keras
2. Demam
3. Terdapat darah pada kotorannya
4. Berat badannya sulit naik
5. Gagal BAB untuk pertama kalinya dalam 24 jam setelah kelahiran

MENARIK UNTUK DILIHAT :

sumber gambar : http://3.bp.blogspot.com/-9Emq6wRoVzk/UgomJVS2okI/AAAAAAAAAAs/guTOh6QQGHo/s1600/arti-warna-feses-pada-bayi.jpg
Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Hanaroo Nursing Cover, Apron Menyusui Yang Nyaman

Hanaroo Nursing Cover, Apron Menyusui Yang Nyaman

Nursing Cover Dark Grey merupakan salah satu perlengkapan bayi yang dapat membantu bunda pada saat menyusui ....
Hanaroo Fluffy Blanket, Selimut Bayi Lucu

Hanaroo Fluffy Blanket, Selimut Bayi Lucu

Hanaroo Fluffy Blanket adalah selimut bayi dengan motif berbulu yang praktis untuk di gunakan. Salah ....
Sprei Waterproof yang Anti Air dan Anti Kotor

Sprei Waterproof yang Anti Air dan Anti Kotor

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....