Mengatasi Demam Pada Anak Secara Alami

mengatasi demam pada anakMengatasi demam pada anak bisa dikatakan gampang gampang susah, terlebih lagi bagi ibu-ibu muda yang baru saja memiliki seorang anak. Tentu saja demam pada anak akan membuat orang tua panik dan kebingungan. Padahal saat anak terserang demam usahakan orang tua tetap tenang dalam melakukan segala tindakan.

Demam pada anak atau panas sebenarnya bukan merupakan sebuah penyakit melainkan suatu gejala dimana daya tahan tubuh anak sedang tidak fit atau melemah. Seorang anak dapat dikatakan mengalami demam jika suhu tubuhnya diatas 37 derajat celcius. Demam pada anak biasanya akan disertai dengan tubuh menggigil. Meskipun bukan suatu penyakit namun demam tetap harus segera diatasi agar tidak bertambah buruk dan menimbulkan sesuatu yang mengganggu kesehatan anak.

Berikut ini adalah cara mengatasi demam pada anak secara alami yang harus diperhatikan oleh orang tua.

1. Istirahat

Saat demam menyerang buah hati Anda, usahakan anak memiliki waktu istirahat untuk mengembalikan imunitas tubuh anak kembali normal. Jika anak terlalu banyak aktivitas maka demam pada anak akan lambat sembuhnya dan berpengaruh pada kesehatan anak.

2. Banyak minum air putih

Mengatasi demam pada anak secara alami yang kedua adalah dengan banyak minum air putih, tujuannya agar tubuh tidak mengalami dehidrasi dan cairan pada tubuh yang hilang dapat terganti.

3. Kompres

Kompres adalah salah satu cara mudah yang dapat dilakukan orang tua untuk mengatasi demam pada anak. Usahakan untuk mengompres anak dengan menggunakan air hangat karena jika Anda mengompres dengan air es atau air dingin tidak akan membuat suhu tubuh turun tetapi justru akan membuat semakin naik.

4. Makan makanan bergizi

Mengkonsumsi makanan bergizi pada saat demam akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Sehingga tubuh menjadi lebih kuat dalam melawan virus penyebab demam dan demam pada anak akan cepat turun. Meskipun pada saat demam nafsu makan  hilang, namun jangan sampai anak tidak makan jalan menuju sembuh adalah asupan makanan bergizi.

5. Minum teh lemon madu

Ketika anak terserang demam berilah teh lemon dan madu untuk menurunkan demam anak. Kombinasi ketiga bahan alami tersebut kaya akan anti-oksidan yang siap mengusir demam dari tubuh anak.

6. Mandi dengan air hangat

Mandikan anak dengan menggunakan air hangat, cara ini bertujuan untuk melegakan tubuh, melancarkan pernafasan saat demam dan juga mampu untuk menghentikan demam.

7. Banyak makan buah

Buah juga dapat dijadikan sebagai cara untuk menurunkan demam pada anak. Pilihlah buah yang mengandung air seperti melon, apel, jeruk, pir, belimbing dan lain sebagainya. Buah kaya akan vitamin dan gizi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak sehingga kesehatan anak tetap terjaga.

Itulah beberapa cara alami mengatasi demam anak yang dapat Anda lakukan saat buah hati Anda mengalami demam. Semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda dan buah hati. Jika panas anak tidak kunjung turun juga, bawalah anak ke dokter untuk mendapatkan perawatan.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.bugaga.ru/uploads/posts/2012-11/1354128060_puti-evolyucii-1.jpg
Madu Syamil Family, Madu Kesehatan untuk Keluarga

Madu Syamil Family, Madu Kesehatan untuk Keluarga

Madu Syamil Familly merupakan madu alami yang terbuat dari dari bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....
Rp 35.000 Beli
Obat Batuk Herbal Sirup Gurah Sangat Cocok Mengobati Influensa, Batuk, Demam

Obat Batuk Herbal Sirup Gurah Sangat Cocok Mengobati Influensa, Batuk, Demam

Sirup Gurah merupakan Obat  Batuk herbal perpaduan herbal alami indonesia dengan Thibbun Nabawi . Sirup ....
Rp 55.000 Beli
Madu Herbal Syifa Kids Turun Panas Efektif Untuk Menurunkan Panas, Atasi Mual dan Muntah

Madu Herbal Syifa Kids Turun Panas Efektif Untuk Menurunkan Panas, Atasi Mual dan Muntah

Madu Syifa Kids merupakan nutrisi 100% alami tanpa bahan kimia yang memadukan madu murni, habbatussauda ....
Rp 45.000 Beli

Komentar