Mengapa Wanita Usia 30 Tahun Lebih Sulit Hamil

wanita usia 30 sulit hamilPara ilmuwan akhirnya menemukan jawaban mengapa perempuan di usia 30-an cenderung sulit hamil. Menurut tim peneliti dari Univeristy of St Andrews dan Edinburgh University, perempuan telah menghabiskan 90 persen sel telur cadangannya ketika mereka memasuki usia 30.

Meski perempuan masih bisa memproduksi sel telur sepanjang usia 30 hingga 40 tahun, namun cadangan sel telur tersebut terus menyusut dengan cepat. Banyak perempuan yang berfikir mereka masih bisa memproduksi dan menjaga tingkat kesuburannya.

Hasil penelitian ini menemukan adanya penurunan sel telur yang signifikan dengan cepat. Tubuh perempuan memilih telur yang terbaik dari cadangannya. Namun kualitas sel telur akan semakin memburuk saat usia perempuan bertambah dan akan meningkatkan resiko bayi terlahir dalam keadaan tidak sehat.

Dari hasil penelitian diketahui, rata-rata perempuan dilahirkan dengan 300.000 sel telur berpotensi. Tapi, jumlah ini menurun pada tingkat yang jauh lebih cepat dibanding dugaan awal. Pada usia 30 tahun perempuan hanya memiliki cadangan sel telur 12 persen dan 3 persen pada usia 40 tahun.

Penelitian dilakukan dengan melihat data 325 perempuan di Inggris, AS dan Eropa dari berbagai usia untuk menilai potensi cadangan sel telurnya. Data tersebut kemudian dibuat grafik mengenai penurunan rata-rata potensi cadangan ovarium sepanjang hidup perempuan.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa 95 persen perempuan pada usia 30 tahun hanya mempunyai maksimal 12 persen cadangan ovarium dan pada usia 40 tahun hanya tiga persen yang tersisa,” ujar sang peneliti, Dr Hamish Wallace.

Lebih lanjut, hasil penelitian juga menunjukkan adanya perbedaan besar jumlah sel telur diantara perempuan. Beberapa perempuan ada yang memiliki sel telur lebih dari 2 juta sel telur, dan sebagian ada juga yang hanya memiliki sedikitnya 35.000 sel telur.

Dr Hamish, yang berpraktik di Rumah Sakit Royal Edinburgh mengatakan penelitian ini bisa membantu memprediksi masa menopause dini perempuan dan pembekuan sel telur terhadap penderita kanker ovarium.

Lewat penelitian ini, perempuan juga diingatkan agar tidak terlambat atau bahkan menunda rencana kehamilan, karena kesuburan perempuan menurun secara substansial setelah usia pertengahan tiga puluhan.

Ada beberapa masalah yang sering ditemukan dokter pada wanita hamil dengan usia diatas 35 tahun, seperti diabetes gestational (diabetes yang muncul pada saat kehamilan), tekanan darah tinggi dan juga masalah-masalah pada janin. Wanita hamil dengan usia yang lebih tua juga akan lebih sering mengalami masalah pada kandung kemih dibandingkan wanita hamil dengan usia yang lebih muda. Resiko-resiko lainnya adalah resiko keguguran lebih besar, lebih banyak yang melahirkan melalui operasi Caesar karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk melahirkan secara normal, dan juga memiliki resiko lebih tinggi melahirkan bayi cacat.

Saat berusia akhir 30-an, wanita cenderung mengalami kondisi-kondisi medis berkaitan dengan sistem reproduksi, seperti fibroid uterine dan tumor otot. Fibroid uterine adalah pertumbuhan sel otot atau jaringan lain di dinding uterus, membentuk tumor. Fibroid uterine dan tumor otot bisa menimbulkan rasa nyeri atau perdarahan vagina saat kehamilan berkembang. Jika wanita tersebut hamil di atas usia 40 tahun, tingkat keparahannya bahkan lebih berat lagi. Problem-problem tadi bisa bertambah dengan adanya hemoroid (wasir), inkontinensi (kesulitan menahan keluarnya urin), varises, problem-problem pembuluh darah, nyeri otot, nyeri punggung, dan juga proses melahirkan yang lebih sulit dan lebih panjang.

Selain resiko melahirkan bayi dengan Sindroma Down, resiko keguguran dan melahirkan dengan operasi Caesar, wanita hamil berusia di atas 35 tahunan juga memiliki resiko bayi meninggal saat dalam rahim atau saat proses melahirkan. Walaupun resiko ini ada di setiap usia kehamilan, namun pada wanita dengan usia 35 tahun ke atas, resiko ini lebih besar, yaitu 7 dari 1000 kehamilan.

sumber gambar : http://4.bp.blogspot.com/-RimTV09oazg/VG1yc8DdeXI/AAAAAAAABl4/MNOZkR1dEg4/s1600/test%2Bpack.jpg

Komentar