Mengajarkan Tanggung Jawab Pada Anak Sejak Dini

belajar tanggung jawabUntuk bisa mencapai potensi yang ada dalam diri anak, sejak dini orang tua harus mengajarkan tentang bagaimana mensyukuri nikmat yang Allah berikan padanya agar anak memiliki rasa tanggung jawab dan kesadaran. Dan wajib bagi orang tua untuk mengajarkan anaknya sikap tanggung jawab baik kepada Allah sebagai Sang Pencipta, kepada semua ciptaan Allah dan tentunya tanggung jawab pada dirinya sendiri.

Mengajarkan anak rasa tanggung jawab dapat dilakukan mulai sejak dini. Tumbuh kembang anak tergantung pada suatu hal yang diajarkan orang tua kepadanya. Maka dari itu, peran utama dalam tumbuh kembang anak adalah bagaimana cara orang tua dalam mendidik dan mengajarinya.

Mengajarkan nilai tanggung jawab pada anak sangatlah penting, karena akan sangat bermanfaat bagi anak saat mereka mulai beranjak dewasa. Hal ini tentulah tidak mudah, orang tua harus sabar dalam menghadapi sikap anak.

Untuk mengenalkan rasa tanggung jawab pada anak, Anda dapat memberinya tugas misalnya untuk mengerjakan pekerjaan rumah atau bisa juga memberinya binatang peliharaan untuk dipelihara. Berikut ada beberapa cara untuk mengajarkan tanggung jawab pada anak sejak dini.

Cara mengajarkan tanggung jawab pada anak

  1. mengajarkan anak tanggung jawab sejak diniMemberikan tugas yang membuat Anak bertanggung jawab. Mengajarkan anak bertanggung jawab dengan menanamkan kebiasaan berbagi pekerjaan pada anak.
  2. Mengajarkan anak melakukan pekerjaan rumah tangga yang ringan. Membiasakan anak melakukan pekerjaan rumah dari yang mudah seperti merapikan tempat tidurnya sendiri setiap bangun tidur.
  3. Sabar dan jangan putus asa. Mengajarkan anak untuk bertanggung jawab adalah hal yang tidak mudah, tapi pastikan bahwa anda tidak selalu memberikan bantuan pada anak. Sabar dan jangan mudah putus asa untuk mengajarkan anak bertanggung jawab karena itu demi kebaikannya.
  4. Jadi teladan bagi anak. Anda adalah sosok panutan bagi anak. Jadilah contoh dan teladan bagi anak anda. Anda harus menjadi seorang yang bertanggung jawab dahulu sebelum Anda mengajarkan pada anak.
  5. Berikan kepercayaan pada anak untuk  menyelesaikan tugasnya sesuai dengan kemampuannya.
  6. Jangan pernah menyebut bahwa anak Anda tidak bertanggung jawab karena jika Anda mengatakan hal itu pada anak maka ia akan merasa bahwa dirinya memang tidak bertanggung jawab.

Mengajarkan tanggung jawab pada anak sejak dini bisa membantu pembentukan karakter dan membuatnya menjadi anak yang lebih mandiri. Tanggung jawab tidak hanya yang berkaitan dengan soal membereskan tugas, membereskan mainan dan lain sebagainya. Tapi, ada tanggung jawab yang sangat penting yang harus diajarkan mulai sejak dini yaitu menegakkan sholat lima waktu.

PENTING UNTUK ANDA

Sumber gambar :
1. http://family.fimela.com/sites/default/files/u218/anak-mandiri-tanpa-embak-5.jpg
2. http://silvervaio.files.wordpress.com/2012/05/imam-sholat-ganteng.jpg
Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Syifa Kids Cerdas Cendekia merupakan madu anak untuk nutrisi 100% alami tanpa bahan kimia ....
Rp 45.000 Beli
Green Soya Yunior  Susu Bubuk Alami Menunjang Kesehatan Dan Pertumbuhan Anak

Green Soya Yunior Susu Bubuk Alami Menunjang Kesehatan Dan Pertumbuhan Anak

Green Soya junior adalah susu kedelai alami yang terbuat biji kedelai pilihan. Green soya junior ....
Rp 25.000 Beli
Kapsul Minyak Ikan Salmon

Kapsul Minyak Ikan Salmon

Kapsul Minyak Ikan Salmon Adalah Kapsul herbal Yang 100% terbuat dari minyak ikan salmon berguna ....
Rp 50.000 Beli

1 Komentar

Komentar