Bayi & Anak, Kesehatan

Membiasakan Anak Untuk Makan Sayur

agar anak suka sayurSayuran adalah salah satu bagian dari makanan 4 sehat 5 sempurna yang sangat baik dan dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. Selain itu, sayuran harus dikonsumsi untuk mencegah segala kemungkinan buruk yang akan terjadi pada buah hati kita. Namun, sekarang ini sayuran menjadi momok yang sangat menakutkan bagi anak. Anda harus membuang jauh-jauh kesan menakutkan sayur pada diri anak, karena memberikan makanan bergizi pada anak-anak  bisa dibilang susah-susah gampang.

Sebagai ibu yang baik, tentunya Anda juga perlu mengetahui pentingnya membiasakan anak untuk mengkonsumsi sayur.

  1. Sayuran mengandung vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel dan membangun jaringan tubuh.
  2. Sayuran mengandung zat yang dapat melindungi tubuh dari penyakit, jadi biasakan anak hidup sehat dengan makan sayur.
  3. Sayuran dapat mencegah anak mengalami dehidrasi karena dalam sayur terkandung banyak cairan.
  4. Sayuran dapat mencegah terjadinya kelebihan berat badan karena didalamnya terdapat zat yang rendah kalori dan rendah lemak.

Bagaimana cara membuat anak suka makan sayur?

  • tips agar anak suka sayurHidangkan dalam bentuk yang menarik. Semangkuk sayuran tidak akan menarik anak untuk memakannya.
  • Ajak anak belanja dan mengenal banyak tentang sayuran. Bahkan Anda bisa memberikan kebebasan untuk anak memilih sayur apa yang akan menjadi bagian dari menu makan.
  • Ajak anak ke dapur, dan libatkan mereka dalam membuat hidangan. Anda juga bisa mengajarinya menghias makanan dengan sayur, sehingga anak bisa lebih tertarik. Misal menghias makanan dengan tomat, wortel, timun atau kacang-kacangan.
  • Anda bisa menyembunyikan sayuran dalam menu makanan yang akan disajikan untuk anak. Misalnya membuat kue dari bahan baku wortel atau membuat dadar telur yang diisi dengan potongan-potongan sayur.
  • Bersikap sabar dan beri contoh yang baik. Anak biasanya suka meniru kebiasaan orang tua sehingga bertindaklah sebagai panutan yang baik bagi anak Anda. Tidak ada gunanya meminta anak untuk makan sayuran jika Anda sendiri tidak mau memakannya.

Kecintaan anak-anak pada sayuran sebenarnya dimulai sejak dalam kandungan. Jika ibunya suka makan sayur, Insyaallah anaknya kelak akan suka makan sayur. Biasakan keluarga Anda dengan makanan sehat. Buat sayuran menjadi kesukaan dan teman makan anak, karena sayuran bermanfaat untuk menyeimbangkan tubuh dan mengasah pola pikir anak. Jadi tantangannya adalah membuat makanan sehat berupa sayur menjadi makanan unik dan menarik bagi anak. Jika anak tidak mau makan, berikan ramuan untuk meningkatkan nafsu makan anak. Selamat berkreasi Ibu yang Pintar. Salam Sehat Selalu.

Sumber gambar :
1. http://www.ecofrecventa.ro/uploads/2013/07/fresh_vegetables_in_basket-2560x1600.jpg
2. http://blog.just-eat.co.uk/uploads/2013/04/hello-kitty-bento.jpg