Kesehatan

Manfaat Tanaman Jombang

manfaat tanaman jombangNegeri ini sangat kaya dengan berbagai macam tumbuhan berkhasiat yang dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit, dari ringan sampai berat sekalipun. Salah satu tanaman yang selain bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit juga bermanfaat untuk melancarkan ASI adalah tanaman jombang. Jombang (taraxacum officinale) adalah herba pendek, berbunga kuning dengan daun lebar mendatar dan tepinya berlekuk-lekuk. Bunganya sebetulnya adalah sekumpulan bunga kecil yang berkarang pada satu bongkol bunga, yang merupakan ciri khas suku kenikir-kenikiran. Tanaman ini tumbuh pesat dan liar di kawasan lereng gunung, lapangan maupun di pinggir jalan yang yang berhawa sejuk.

Bentuk daun tanaman jombang bergerigi, mempunyai warna hijau agak terang dan bunganya bewarna kuning, mirip dengan bunga chrysant. Tanaman yang memiliki ketinggian antara 10-25 cm ini disinyalir memiliki kandungan yang banyak bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Tanaman Jombang ini memiliki rasa yang manis, bersifat dingin dan terasa sedikit ada rasa pahit. Sifat tanaman yang dingin ini berfungsi memperkuat hati dan lambung.

Jombang mengandung banyak zat aktif mulai dari kholine, inulin, pectin, koumestrol, dan juga asparagin. Sedangkan pada bagian akarnya mengandung taraxicin, tarxasterol, stigmasterol, choline, pectin, inulin, kalsium, glukosa dan juga fruktosa. Pada bagian daunnya mengandung violaxanthine, tanin, kalium, natrium, kalsium, copper, choline, fosfor, silicon dan juga vitamin A, B1, B2, C dan vitamin D. Pada bagian bunganya mengandung arnidiol dan flavoxanthin.

Tanaman ini juga mengandung Vitamin C, tak heran kalau bunganya pun juga juga di pakai sebagai pewarna minuman. Daun Jombang juga bisa di makan mentah-mentah atau istilah orang Jawa sebagai lalapan (tentunya pakai bumbu kelapa di sangrai, siapa yang mau makan daun mentah-mentah, emangnya kambing) manfaatnya untuk meningkatkan trombosit dalam darah serta anti kanker yang berfungsi sebagai antibodi.

BACA JUGA:  Manfaat Lidah Buaya Untuk Mengobati Kanker

Manfaat tanaman jombang antara lain:

  • Infeksi saluran kencing dan kencing batu
  • Diare dan disentri
  • Berbagai macam peradangan seperti radang tenggorokan, radang mata merah, radang akut, radang panggul, radang hati, radang empedu, dan juga abses payudara
  • Sakit maag dan tidak nafsu makan
  • Kurang darah atau anemia
  • Diabetes
  • Pembesaran prostat
  • Berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker paru-paru, dll.
  • Bercak-bercak hitam di muka
  • Tumor pada sistem pencernaan

Sedangkan akar tanaman jombang biasanya digunakan untuk membantu mengatasi infeksi kandung empedu, memperbanyak air susu ibu (ASI), memperlancar buang air besar, penyakit kulit, dan reumatik.

Untuk memanfaatkan jombang sebagai obat, caranya cukup mudah. Untuk obat yang diminum, Anda bisa mengambil tanaman jombang kemudian rebus dan tumbuk sekitar 30 gram, kemudian rebus daun jombang yang telah dicuci bersih kedalam panci dengan air kira-kira 3 gelas selama kurang lebih 4 jam dengan api kecil. Direbus selama 4 jam bertujuan untuk memberi proses etraksi pada obat. Untuk mengobati penyakit kanker, tumor, dan beragam penyakit berat lainnya, sebaiknya dosisnya diperbanyak sampai 60 gram.

Untuk pemakaian luar, gilinglah daun jombang atau akarnya sampai halus. Setelah itu, kemudian bubuhkan di tempat yang sakit seperti bisul yang bengkak, payudara yang bengkak atau pada luka bakar atau Anda juga bisa menggunakan daun jombang yang direbus, kemudian airnya digunakan untuk mandi atau menguapkan wajah.

Cara tersebut sangat bermanfaat untuk menyegarkan tubuh dan memelihara kulit wajah dari timbulnya flek hitam dan jerawat. Dengan beragam khasiat yang dimiliki oleh tanaman Jombang ini, sepatutnya kita sudah bisa memaksimalkan manfaat yang dipunyai oleh tanaman yang satu ini.

Sudah saatnya meminimalkan penggunaan obat-obatan kimia yang justru kalau penggunaannya dalam jangka panjang malah bisa menimbulkan efek samping yang kemungkinan malah memperburuk kesehatan Anda.

Sumber gambar : http://www.deherba.com/media/k2/items/cache/a6026d97db0c19ba76f2c5c141efd324_XL.jpg