Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Manfaat Menyusui Bagi Ibu Dan Bayi

Share Yuk!

manfaat menyusui bagi ibu dan bayiAir Susu Ibu (ASI) merupakan anugerah terindah dari Tuhan yang sangat menakjubkan. Banyak sekali manfaat menyusui yang bisa diperoleh oleh ibu menyusui dan bayi dari pemberian ASI ini. ASI mengandung kombinasi nutrisi yang sangat sempurna bagi bayi, di mana hampir 100 jenis nutrisi yang terkandung di dalam ASI dapat berubah sesuai dengan kebutuhan bayi.

Menyusui tidak hanya bermanfaat untuk bayi baru lahir saja, akan tetapi juga bermanfaat bagi ibu menyusui. Berdasarkan penelitian, menyusui mampu menurunkan resiko kanker bagi ibu dan masih banyak lagi manfaat menyusui lainnya yang sangat mengagumkan. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Manfaat ASI Bagi Bayi

1. Mencegah Infeksi

Memberikan ASI pada bayi bisa membantu menurunkan resiko infeksi yang mungkin saja terjadi pada bayi. Karena sifat-sifat yang terkandung dalam air susu ibu bermanfaat mengurangi resiko terjadinya infeksi telinga pada bayi.

2. Pencernaan

Saluran pencernaan pada bayi belum dapat mencerna makanan padat, karena itulah dengan memberikan ASI bisa menghindarkan bayi dari sembelit karena ASI lebih mudah dicerna oleh bayi.

3. Kecerdasan

Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif tingkat kecerdasannya relatif lebih tinggi jika dibandingkan anak-anak yang tidak diberikan ASI.

4. Kesehatan Gigi

Anak-anak yang mendapatkan ASI biasanya lebih cenderung tidak akan mengalami banyak gangguan atau masalah pada pertumbuhan gigi. Proses mengisap pada waktu menyusui akan membantu bayi untuk mendapatkan satu set gigi tumbuh dengan baik.

Manfaat Menyusui Bagi Ibu

1. Mencegah Kanker

Menyusui bayi baik bagi ibu karena dengan menyusui dapat mengurangi kemungkinan resiko kanker, baik itu kanker payudara, kanker serviks maupun kanker ovarium.

2. Mengurangi Pertambahan Berat Badan

Salah satu cara menurunkan berat badan paling cepat setelah melahirkan adalah dengan menyusui. Ibu yang sedang menyusui akan banyak membakar kalori. Ibu menyusui membutuhkan paling tidak 20 kalori untuk bisa membakar 1 ons susu.

BACA JUGA:  Cara Mencegah Rambut Rontok

3. Rahim Lebih Cepat Kembali ke Ukuran Semula

Rahim pada ibu menyusui akan lebih cepat menyusut ke ukuran sebelum kehamilan pada saat ibu menyusui bayi baru lahir.

4. Meningkatkan Ikatan Ibu dan Bayi

Proses menyusui bisa memberikan kedekatan yang terjalin antara seorang ibu dan buah hati menjadi lebih besar. Ikatan kasih sayang yang dibuat ibu ke bayi baru lahir akan menjadi lebih kuat pada proses menyusui

Bagi Anda yang baru saja melahirkan buah hati maupun bagi Anda calon ibu yang sedang mengandung, pastikan bahwa kelak Anda akan melakukan aktivitas menyusui demi kebaikan bayi dan juga demi kesehatan ibu menyusui.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://13.kerulet.ittlakunk.hu/files/ittlakunk/styles/large/public/upload/article/22/baba_0.jpg?itok=hBcLUlDl
Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Pada awal masa kehamilan, seorang ibu hamil membutuhkan nutrisi yang seimbang untuk melengkapi dan membantu ....
Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity pillow merupakan bantal ibu hamil dan ibu menyusui yang bisa memberikan sebuah kenyamanan pada ....