Kesehatan

Manfaat Lidah Buaya Untuk Mengobati Kanker

lidah buayaLidah buaya (aloe vera) merupakan tanaman pendek dengan daun yang berdaging dan memiliki banyak kandungan air. Untuk tujuan penyembuhan, lidah buaya bisa digunakan baik secara internal maupun eksternal, karena didalam lidah buaya terdapat banyak kandungan zat gizi yang diperlukan tubuh dengan lengkap, diantaranya yaitu vitamin A, B, B2, B3, B12, C, E, choline, inositol, dan asam folat. Selain vitamin, dalam lidah buaya juga terdapat mineral makro dan mikro yaitu kalsium (Ca), magnesium (Mg), potassium (K), sodium (Na), besi (Fe), zinc (Zn), dan kromiun (Cr).Selain itu terdapat juga berbagai macam enzim diantaranya amilase, katalase, carboxypeptidase, dan bradykinase. Semua senyawa tersebut membuat lidah buaya memiliki banyak manfaat seperti memelihara dan mengencangkan kulit kering, memperbaiki pembuluh darah, hati, lambung, dan ginjal, serta mengobati berbagai gangguan kesehatan seperti diverticulitis, maag, asma, dan mulas.

Tanaman ini juga membantu penyembuhan luka, bahkan dari beberapa penelitian mengklaim bahwa lidah buaya memiliki kekuatan menyembuhkan HIV/AIDS. Dengan manfaatnya yang begitu banyak untuk kesehatan tubuh, tidak heran jika tanaman ini juga berguna dalam pengobatan kanker.

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang banyak menyerang manusia yang bisa tumbuh dimana saja. Kanker adalah segolongan penyakit yang ditandai dengan pembelahan sel yang tidak terkendali dan kemampuan sel-sel untuk menyerang jaringan biologis lainnya, baik dengan pertumbuhan langsung di jaringan yang bersebelahan (invasi) atau dengan migrasi sel ke tempat yang jauh (metastasis). Pertumbuhan yang tidak terkendali tersebut disebabkan kerusakan DNA, menyebabkan mutasi di gen vital yang mengontrol pembelahan sel.

Meskipun penyakit kanker sering mematikan, deteksi dini yang dikombinasikan dengan makanan dan perawatan yang tepat akan membantu seseorang dalam melawan penyakit kanker tersebut. Salah satu jenis pengobatan yang sering dilakukan pada pasien kanker adalah kemoterapi. Selain itu banyak juga yang menggunakan jenis tanaman obat yang bisa mengobati kanker, seperti lidah buaya. Lidah buaya bisa dikombinasikan dengan kemoterapi untuk memperbesar efektivitasnya dalam melawan kanker.

Manfaat lidah buaya untuk mengobati kanker antara lain:

  1. Lidah buaya juga dipercaya membantu penyerapan vitamin C dan antioksidan sehingga diyakini membantu prosedur pengobatan kanker.
  2. Untuk meminimalkan kerusakan sel akibat kemoterapi. Meskipun dikenal efektif membasmi kanker, kemoterapi tidak bisa membedakan antara sel kanker dan sel sehat. Hal ini akan membuat sel sehat berpeluang ikut rusak setelah terkena paparan kemoterapi. Pada situasi inilah, lidah buaya berperan sebagai agen penenang yang berfungsi meminimalkan kerusakan akibat kemoterapi.
  3. Untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  4. Sebagai penetralisir racun yang efektif.
  5. Kandungan acemannan pada lidah buaya mampu meningkatkan produksi limfosit yang akan mencegah kanker menyebar ke sel-sel sehat.
  6. Lidah buaya juga mampu memperlambat pertumbuhan kanker karena mengandung lektin dan emodines yang merupakan dua bahan kimia anti tumor.
  7. Menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker

Untuk pengobatan, lidah buaya tidak harus digunakan dalam bentuk segar, tetapi juga bisa digunakan dalam bentuk lain seperti gel, kapsul, krim, dan minuman. Namun tidak semua orang cocok menggunakan lidah buaya untuk mengobati penyakit kanker. Waspadai dan segera konsultasikan dengan dokter saat muncul reaksi efek samping, atau Anda bisa mencoba dengan obat herbal yang lain seperti kapsul daun sirsak, sarang semut papua, dan masih banyak lagi produk kanker lainnya.

Sumber gambar : http://www.newhealthguide.org/images/10442204/image009.jpg