Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

manfaat buah sirsakSelain terkenal dengan manfaat daun sirsak-nya yang mengatasi masalah kanker, ternyata buah sirsak juga mempunyai manfaat untuk kesehatan. Didalam buah sirsak terkandung sejumlah vitamin dan serat, komposisi buah sirsak yaitu 67,5 % daging buah yg dapat dimakan, 20 % kulit buah, 8,5% biji, dan 4% hati. Selain mengandung vitamin A, B, dan C, buah sirsak juga mengandung sukrosa 2,54%, dekstrosa 5,05 % dan levulosa 0,04%.

Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg), telah dapat dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C dalam buah sirsak segar terdapat dalam jumlah yang cukup tinggi yaitu sekitar 20 mg / 100g daging buah. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak menjadikan buah ini sebagai antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan.

Bukan hanya gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen non gizi. Salah satu diantaranya adalah mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g/ 100 g daging buah. Jika kita mengkonsumsi 100 g daging buah sirsak maka kita sudah memenuhi 13 persen kebutuhan serat pangan sehari. Buah sirsak juga kaya akan senyawa fitokimia, sehingga dapat dipastikan bahwa buah tersebut sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Dilihat dari komposisi gizi yang terdapat dalam buah sirsak, tidak salah bila buah sirsak dapat juga digolongkan sebagai salah satu obat tradisional karena memberikan manfaat sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan antara lain:

  1. Membunuh sel kanker pada usus besar, paru-paru, payudara, prostat, pankreas, dan serviks. Kekuatannya bahkan diyakini 10.000 kali lebih besar dibandingkan obat kemoterapi adriamycin. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa ekstrak sirsak mempunyai sejumlah kemampuan hebat seperti menyerang kanker secara efektif serta aman bagi tubuh. Senyawa tersebut juga dapat memberikan perlindungan terhadap sistem imun serta menghindari infeksi mematikan pada tubuh. Senyawa dalam buah sirsak tersebut tidak merusak sel-sel sehat, bahkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta dapat mencegah infeksi.
  2. Senyawa dalam buah sirsak seperti senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid berperan sebagai antioksidan. Uniknya, tidak seperti herbal lainnya, sirsak tidak membahayakan sel-sel yang masih sehat, melainkan senyawa dalam sirsak hanya membunuh sel-sel abnormal yg bersifat sebagai perusak seperti halnya sel kanker.
  3. Kandungan riboflavin atau vitamin B2 dalam buah sirsak dapat meredakan sakit kepala seperti migrain.
  4. Zat besi dalam buah sirsak dipercaya efektif dalam meredakan gejala anemia.
  5. Selain fosfor dan kalsium, kandungan mineral lain dalam buah sirsak yaitu tembaga yang dapat membantu penyerapan kalsium kedalam tulang sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis atau tulang kropos.
  6. Meningkatkan daya tahan tubuh. Selain aroma segar yg dimiliki buah sirsak, terkandung juga thiamin yang bermanfaat dalam meningkatkan energi dalam tubuh.
  7. Menangkal asam urat dan hipertensi.
  8. Menyembuhkan wasir, dan memperlancar pencernaan makanan.

Buah sirsak selain rasanya yang enak ternyata juga memiliki manfaat yang banyak, sama seperti daunnya. Jadi mulai sekarang Anda bisa menambahkan buah yang satu ini dalam daftar menu buah Anda. Untuk melengkapi manfaat yang didapat dari buah sirsak, Anda juga bisa mengkonsumsi daun sirsak dalam kemasan praktis seperti teh sirsakti, minuman instan daun sirsak al ghurobakapsul ekstrak daun sirsak, kapsul minyak daun sirsak dan golden sirsak herbal.

Sumber gambar : http://www.makeitaffordable.com/uploads/2013/05/Manfaat-buah-sirsak.jpg



Produk Menarik untuk Anda:

Ace Maxs Herbal Kulit Manggis dan Daun Sirsak

Ace Maxs Herbal Kulit Manggis dan Daun Sirsak

Ace maxs merupakan produk herbal dari kulit manggis dan daun sirsak terbaik yang diolah dengan ....
Xirat, Kapsul Daun Sirsak Untuk Mencegah Kanker

Xirat, Kapsul Daun Sirsak Untuk Mencegah Kanker

Xirat adalah kapsul daun sirsak yang bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker yang berbahaya bagi ....
Kapsul Daun Sirsak, Kapsul Herbal Anti Kanker

Kapsul Daun Sirsak, Kapsul Herbal Anti Kanker

Kapsul daun srisak merupakan obat herbal daun sirsak  yang terbuat dari 100 % daun sirsak ....