Kesehatan

Manfaat Air Minum Untuk Tubuh

Share Yuk!

airManfaat air minum sangat besar bagi tubuh manusia karena air adalah sumber kehidupan. Air membentuk lebih dari dua per tiga berat tubuh manusia. Tanpa makan kita bisa bertahan beberapa hari, tapi tanpa air, kita pasti mati. Persentasi air pada tubuh orang dewasa 65% untuk pria dan 50%-60% untuk wanita. Otak manusia terdiri dari 85% air, dan pada tulang 10%-15% adalah air.

Penurunan 2% kadar air dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai macam masalah, salah satunya bisa dehidrasi. Tanda-tanda dehidrasi yaitu cepat pikun, tidak bisa fokus, mengalami kesulitan membaca, muntah, haus, diare dan kelelahan di siang hari. Air adalah elemen penting bagi mekanisme tubuh manusia. Tubuh tidak dapat bekerja tanpa air. Seperti mobil yang tak bisa berjalan tanpa gas dan minyak. Semua sel dan fungsi organ tubuh  kita seluruhnya bergantung pada air. Begitu banyaknya manfaat air minum untuk tubuh kita, diantaranya:

  1. Air digunakan untuk mencerna makanan, juga untuk mengeluarkan racun dari tubuh melalui urine, keringat dan feses;
  2. Air dalam darah adalah pembawa oksigen dan nutrisi ke seluruh sel tubuh. Makanan yang kita konsumsi setiap hari akan bisa dengan sempurna terserap gizinya dengan bantuan air yang menyalurkan ke seluruh tubuh;
  3. Air dalam cairan getah bening merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh, berfungsi untuk melawan bibit penyakit;
  4. Air menjaga suhu tubuh.

Tanpa air, suhu tubuh akan terus naik, dengan minum air akan mendinginkan tubuh dan menjaga agar tubuh tetap terhidrasi. Suhu yang panas dan olahraga akan menyebabkan suhu tubuh meningkat, sehingga tubuh kehilangan air melalui keluarnya keringat.

Makanan yang mengandung serat baik bagi kesehatan pencernaan, begitu pun air. Salah satu penyebab sembelit adalah dehidrasi. Minum air putih menjaga kesehatan saluran pencernaan, dan membuat kotoran lebih mudah keluar. Hal ini sangat membantu proses detoksifikasi.

BACA JUGA:  Terlalu Banyak Minum Saat Makan Ternyata Tidak Baik

Apa yang terjadi jika tubuh kita kekurangan air:

  1. Tekanan darah rendah
  2. Pembekuan Darah
  3. Gagal Ginjal
  4. Sembelit
  5. Mengalami dehidrasi

Selain minum air putih, makan makanan yang mengandung air juga akan menambah asupan cairan ke dalam tubuh. Misalnya susu, buah-buahan dan sayur-sayuran merupakan sumber minuman dan makanan yang kaya air. Jadi, Anda bisa memasukkan bahan makanan tersebut ke dalam menu Anda setiap hari.

Karena setiap sel dalam tubuh  kita membutuhkan air, maka biasakan minum air 8-10 gelas per hari secara teratur, dengan begitu Anda mengurangi resiko terkena penyakit kanker usus 45%, kanker kandung kemih 50% dan kanker payudara. Anda tidak perlu takut gemuk karena minum air putih, karena air mengandung nol kalori.

Selain menjaga kadar air yang masuk dalam tubuh, perlu juga diperhatikan  kualitas air yang kita minum. Air yang kita minum harus air yang bersih dan bebas dari kontaminasi. Air minum harus memiliki syarat bersih secara fisika, kimia, radioaktif dan mikrobiologi. Secara fisik air tergolong bersih bila tidak berkeruh, tidak berbau, tidak berwarna (jernih) dan tidak berasa. Secara kimia, air yang beracun hanya dapat diketahui bila telah bertahun-tahun dikonsumsi. Secara mikrobiologi air tidak boleh membawa bibit penyakit, bakteri, virus atau spora. Sedangkan syarat radiologist, air bersih bila bebas dari pencemaran bahan-bahan radioaktif.

Karena begitu banyaknya manfaat air minum bagi tubuh kita, mari kita rutin meminum air putih serta tetap memperhatikan kesehatan sumber air minum kita.

Sumber gambar : http://phisciences.com/uploads/2012/09/slide1.jpg
Share Yuk!