Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

makanan ibu menyusui

makanan ibu menyusui

Setelah melahirkan banyak Ibu yang ingin segera menurunkan berat badan, akan tetapi setelah melahirkan Anda justru dituntut untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk memulihkan kesehatan Anda. Selain untuk memulihkan kesehatan setelah melahirkan, mengkonsumsi makanan sehat juga sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui untuk melancarkan ASI.

Sebagai seorang ibu menyusui, sangat penting menjaga kualitas ASI agar pertumbuhan anak dapat berkembang dengan baik, sehat dan cerdas. Jadi jika Anda mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin dan mineral secara teratur, selain kesehatan Anda tetap terjaga gizi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak juga akan terpenuhi dengan baik.

Hindari Makanan yang mengandung bahan pengawet, pewarna buatan, MSG, Kafein dan obat-obatan keras terutama alkohol, karena semua makanan yang Anda konsumsi akan termakan oleh buah hati melalui ASI yang ia minum. Berikut ini adalah makanan sehat untuk ibu menyusui yang baik untuk pertumbuhan anak :

1. Kacang-Kacangan

Kacang merupakan makanan sehat yang mengandung protein dan sebagai sumber lemak sehat untuk diet Anda. Protein dari kacang-kacangan sangat penting untuk memperbaikisel-sel vital dalam tubuh. Banyak jenis kacang-kacangan yang mengandung vitamin B, C, E, folat, kalsium, kalium, magnesium dan fosfor seperti kacang kenari, kacang almond, kacang hijau dll. Kalsium yang cukup sangat diperlukan untuk membangun tulang dan gigi yang sehat.

2. Sayur-Sayuran

Sayuran merupakan sumber makanan sehat yang kaya akan serat, zat besi, asam folat, vitamin C, beta karoten dan masih banyak lagi kandungan nutrisi yang ada dalam sayuran. Makanan yang kaya akan zat besi dapat membantu mecegah anemia. Sedangkan asam folat sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Konsumsilah sayuran seperti daun katuk, bayam, gambas, labu, jagung, kentang, kacang polong dan jenis sayuran lain yang baik untuk ibu menyusui dan bermanfaat melancarkan ASI.

3. Buah-Buahan

Jenis buah yang sehat dan baik untuk dikonsumsi adalah buah yang memiliki warna terang. Kandungan vitamin A, B, K dan C dalam buah dipercaya untuk membangun system kekebalan tubuh Anda dan buah hati. Asupan buah yang cukup juga dapat membantu tubuh dalam penyerapan zat besi. Mengkonsumsi buah-buahan seperti blueberry, strawberry, blackberry sangat disarankan bagi ibu menyusui karena mengandung antioksidan dan serat yang tinggi sehingga baik untuk Anda dan bayi.

4. Ikan

Ikan sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama ikan yang mengandung omega 3 sangat baik untuk pertumbuhan anak. Ikan yang mengandung omega 3 dan baik untuk ibu menyusui adalah ikan salmon, ikan tuna dan ikan patin.

Itulah cara melancarkan ASI secara alami dengan menggunakan makanan sehat yang baik untuk ibu menyusui. Dengan menjaga makanan yang dikonsumsi selama menyusui maka Anda telah memberikan nutrisi dan gizi terbaik kepada buah hati Anda melalui ASI. Selain makanan sehat Anda juga dapat mengonsumsi Madu Al Wadey dan Asina untuk menambah nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu menyusui dan membantu melancarkan ASI. Semoga dapat bermanfaat bunda.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://3.bp.blogspot.com/-afBZe3hGbJg/TXeR1WZaOGI/AAAAAAAACC8/hcrBmfnsUVI/s1600/zat+besi.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Asina, Nutrisi Khusus Ibu Menyusui

Asina, Nutrisi Khusus Ibu Menyusui

Air susu ibu atau yang sering disebut ASI merupakan suatu kebutuhan penting untuk mencukupi nutrisi ....