Tips Menjaga Kehamilan Demi Kesehatan

Menjaga kesehatan tubuh adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh semua orang. Lalu, apa yang perlu dijaga oleh ibu-ibu pada masa kehamilan? Tentu saja dengan dukungan dari seorang suami.

Ketika seorang wanita atau ibu sedang mengandung, maka ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.kesehatan ibu hamil

  • Menjaga kondisi atau kesehatan diri sendiri.
  • Memperhatikan asupan gizi demi kondisi yang optimal bagi janin dan ibu hamil terutama mengkonsumsi buah-buahan.
  • Melakukan pemeriksaan secara rutin dan teratur pada dokter ataupun bidan.
  • Harus positif thinking (untuk menjaga kesehatan tubuh pada masa kehamilan dan kondisi mental ibu hamil).

Pada masa kehamilan trimester pertama, janin belum melekat dengan kuat pada rahim ibu sehingga membutuhkan perhatian yang sangat ekstra. Ibu hamil tidak boleh terlalu lelah, mengangkat beban terlalu berat dan upayakan untuk tidak naik turun tangga yang terlalu tinggi. Dukungan dari seorang suami sangat membantu ibu hamil melalui masa kehamilan dengan keadaan yang menyenangkan.

Pentingnya pemeriksaan dokter secara rutin mulai trimester pertama hingga trimester terakhir adalah untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu hamil dan janin selama masa kehamilan. Saat melakukan pemeriksaan dokter, alangkah baiknya juga jika ibu hamil mengkonsultasikan suplemen apa yang perlu diberikan selama masa kehamilan.

Selain itu, tidak kalah pentingnya juga untuk diperhatikan bahwasannya pada saat seorang istri sedang hamil pada trimester pertama atau menjelang kelahiran, seorang istri harus berhati-hati saat melakukan hubungan seksual dengan suami agar masa kehamilan dapat berjalan dengan lancar dalam kondisi yang baik.

Tidak hanya itu saja, pada saat anak masih dalam kandungan sebenarnya janin sudah bisa mendengar apapun yang ibu ajarkan. Sehingga pada masa kehamilan sebaiknya ibu hamil melakukan segala sesuatu yang baik, ajarkan kebaikan pada anak agar kelak buah hati Anda menjadi generasi unggul yang menjadi harapan bagi orang tua dan semua orang.

sumber gambar : http://www.marrybaby.vn/uploads/2013/11/11/mieng-an-giac-ngu.jpg

Rubrik Konsultasi KesehatanTIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

 

BACA JUGA:  Bolehkah Madu Dicampur Obat Dokter?

foto dr.faridadr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi).

Ibu empat orang anak ini juga aktif dalam berbagai kegiatan edukasi kesehatan di masyarakat, baik event penyuluhan masyarakat maupun sebagai salah satu narasumber di sebuah stasiun radio di Yogyakarta. Saat ini dokter asal Temanggung ini sedang menyelesaikan studi doktoral di Universitas Gadjah Mada. Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

 

Profil Konsultan :

Nama lengkap         : dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes.

Tempat, Tgl Lahir    : Temanggung, 24 July 1969

Pekerjaan                : Dosen Tetap di Fakultas Kedokteran UII Yogyakarta

 

BACA JUGA:  Mengatasi Kepala Peyang Pada Bayi